Panduan Domain

Cara Menghubungkan Nama Domain dengan Akun Zohomail Anda

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Menghubungkan Nama Domain dengan Akun Zohomail Anda

Anda perlu berlangganan paket hosting terlebih dahulu agar dapat menjalankan tutorial ini dengan baik. Kunjungi website kami di http://www.niagahoster.co.id/ untuk mendapatkan layanan hosting terbaik dengan harga terjangkau.


Zohomail adalah layanan email client yang bisa Anda dapatkan secara gratis. 

1. Anda perlu berlangganan hosting dan nama domain di Niagahoster terlebih dahulu. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat simak tutorial berikut ini: https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-membeli-domain-hosting.


2. Kemudian Anda perlu membuat akun di Zohomail. Silakan masuk ke halaman Pricing Zohomail yang berisi daftar paket dan harga yang mereka tawarkan. Pilih paket Free (gratis) dengan cara klik tombol Sign Up.


3. Anda akan diarahkan ke halaman seperti di bawah ini. Masukan domain Anda pada kolom isian yang disediakan kemudian klik Add Domain.


4. Isi data pribadi Anda, kemudian klik tombol Sign Up untuk melanjutkan.


5. Selesai! Anda akan menerima pesan konfirmasi seperti ini apabila akun Zohomail berhasil dibuat.

Tinggalkan halaman ini sejenak dan masuk ke bagian inbox alamat email yang Anda gunakan sebagai Contact Email pada bagian sebelumnya untuk melakukan konfirmasi registrasi terlebih dahulu.


6. Masuk ke inbox email Anda, kemudian pilih email dari Zohomail. Di sini Anda perlu melakukan konfirmasi registrasi dengan cara meng-klik URL registrasi yang disediakan. 


Anda akan diarahkan ke halaman ini. Ini adalah pesan notifikasi bahwa alamat email Anda telah terdaftar.


7. Silakan kembali ke halaman Confirm Details berikut ini. Klik URL Setup idhostguru.com in Zoho pada bagian bawah.


8. Selanjutnya Anda perlu melakukan verifikasi domain terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh, dan di sini kami memberi contoh dengan cPanel.

Di halaman Domain Setup ini, klik menu dropdown Choose, kemudian pilih cPanel


Akan muncul tabel berisi CNAME dan Destination seperti ini. Entry berikut perlu Anda catat karena diperlukan untuk langkah selanjutnya.


9. Masuk ke halaman utama cPanel hosting Anda. Arahkan pointer ke bagian Domains, kemudian pilih Simple DNS Zone Editor.


10. Pilih nama domain yang ingin Anda gunakan.


Setelah itu, masukkan entry CNAME dan Destination yang telah diinformasikan kepada Anda sebelumnya pada kolom isian yang tersedia. Klik tombol Add CNAME Record untuk melanjutkan.


Notifikasi seperti ini akan muncul apabila record telah berhasil ditambahkan.


11. Setelah konfigurasi ini selesai, Anda dapat melakukan pengecekan dengan mengetikkan zb********.domainanda.com pada browser Anda. Jika Anda diarahkan ke halaman login Zoho, ini artinya Anda telah melakukan pengaturan CNAME Record ini dengan benar.

Ingat, terkadang proses ini dapat memakan waktu hingga beberapa menit ke depan (tidak serta-merta instan).

Apabila semuanya sudah dikonfigurasi dengan benar, Anda dapat kembali ke halaman Zohomail Anda dan klik tombol Verify by CNAME.


12. Kemudian Anda dapat mulai membuat akun email Anda sendiri. Masukkan username email yang Anda inginkan pada kolom isian berikut ini. Klik Create Account untuk melanjutkan.


13. Ada banyak fitur yang dapat Anda aktifkan. Misalnya menambahkan user baru. 


Jika tidak, Anda dapat melewatinya dengan meng-klik Next.


14. Anda akan sampai pada halaman Configure Email Delivery berikut ini. Pengaturannya ada pada menu MX Records cPanel Anda. Di halaman ini Anda perlu mencatat MX Records Zohomail karena akan digunakan dalam langkah selanjutnya.


15. Masuk ke halaman utama cPanel Anda, kemudian pilih MX Entry pada bagian Mail.


16. Pilih domain yang ingin Anda gunakan pada menu dropdown yang disediakan.


Setelah itu, pilih Automatically Detect Configuration pada bagian Email Routing, kemudian klik tombol Change.


Tambahkan record baru pada bagian Add a New Record. Isi dengan entri yang dibutuhkan sesuai dengan yang sudah diinformasikan sebelumnya.


17. Hapus semua record selain milik Zoho agar fitur ini dapat bekerja dengan baik.


18. Selesai! Kini Zohomail Anda telah selesai dikonfigurasi.

terkadang Anda perlu menunggu hingga 24 jam terlebih dahulu hingga email Anda dapat digunakan.

Jika masih menemui permasalahan, silakan hubungi tim dukungan teknis kami untuk mendapatkan bantuan.


Download ebook gratis kami disini untuk panduan lengkap menghubungkan domain ke gmail, hosting, facebook dan twitter Anda.


Anda Butuh Domain?

Di Niagahoster, Domain .COM termurah dengan fasilitas DNS Management dan Full Akses ke Domain Manager bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 103ribu saja. Klik tautan berikut untuk daftar sekarang!


Artikel Terkait Cara Menghubungkan Nama Domain dengan Akun Zohomail Anda