Panduan Domain

Cara Menghubungkan Domain dengan Tumblr

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Menghubungkan Domain dengan Tumblr

 

Tumblr merupakan platform serbabisa yang dapat berfungsi seperti media sosial karena di sini Anda dapat melakukan berbagai macam hal seperti posting blog berupa teks, gambar, hingga audio. Alamat URL default yang akan Anda dapatkan adalah namaanda.tumblr.com. Namun tentu saja nama ini dapat Anda ubah menggunakan nama domain Anda sendiri menjadi namaanda.com.


Pertama-tama ada dua hal yang Anda butuhkan: akun Tumblr dan nama domain


Nama ini bisa Anda ganti dengan nama domain Anda, tentu saja. Berikut kami berikan tutorialnya, dan kami utamakan bagi Anda yang belum memiliki hosting sendiri. 


1. Masuk ke halaman Member Area domain Niagahoster Anda, pilih domain yang ingin Anda  atur dengan meng-klik URL kelola pada kolom sebelah kanan.


2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Domain seperti di bawah ini. Pilih tombol DNS Management pada menu bagian atas.


3. Pada halaman DNS Management, klik tombol Add New Record.


4. Dialog box baru akan muncul. Di sini Anda perlu menambahkan dua record berbeda: A Record dan Cname

Pertama-tama buat A Record terlebih dahulu. Isi kolom isian IP or Hostname dengan IP dari Tumblr: 66.6.44.4 kemudian klik tombol Save Changes untuk melanjutkan.


5. Klik tombol Add New Record lagi, dan kali ini masukkan CName yang dibutuhkan. Pastikan bahwa Anda telah terlebih dahulu mengisi entri CName pada menu dropdown Record Type. Kemudian, isi masukkan domains.tumblr.com pada kolom isian Hostname. Jika sudah, klik tombol Save Changes.


6. Setelah pengaturan ini selesai, Anda perlu melakukan pengaturan pada akun Tumblr Anda. Masuk ke halaman dashboard Tumblr Anda, klik tombol Profile Anda pada bagian kanan atas, kemudian pilih Settings.


7. Anda akan diarahkan ke halaman Settings. Arahkan pointer ke bagian kanan dan klik blog yang ingin Anda ubah domain-nya. 


8. Klik ikon pensil di sebelah kanan bagian Username.


9. Klik untuk aktifkan toggle Use a custom domain kemudian isi alamat domain Anda pada kolom isian di bawahnya. Setelah itu klik URL Test domain untuk mengetes apakah domain telah berhasil dikonfigurasi dengan baik. Jika muncul pesan error, perbaiki terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

Jika semua sudah tidak ada masalah, klik tombol Save.


10. Selesai! Laman Tumblr Anda telah selesai dikonfiigurasi. Hubungi tim dukungan teknis kami apabila Anda masih mengalami kesulitan.


Anda Butuh Domain?

Di Niagahoster, Domain .COM termurah dengan fasilitas DNS Management dan Full Akses ke Domain Manager bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 103ribu saja. Klik tautan berikut untuk daftar sekarang!


Artikel Terkait Cara Menghubungkan Domain dengan Tumblr