Panduan Domain

Cara Menghubungkan Domain dengan Server Hosting Sendiri

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Menghubungkan Domain dengan Server Hosting Sendiri

Diperbarui pada 30 Mei 2020













Anda memerlukan name server untuk menghubungkan nama domain dengan server web hosting.

Name server adalah nama web server untuk mengarahkan domain ke server tertentu. Umumnya name server ditulis dengan format seperti ini: ns1.niagahoster.co.id. Penamaan name server dapat bervariasi di tiap layanan, tergantung pada konfigurasi yang digunakan. 

Sistem Niagahoster akan seara otomatis mengirimkan rincian name server melalui email beberapa saat setelah Anda mengaktifkan akun hosting. Mengingat banyaknya server yang digunakan oleh Niagahoster, informasi terkait name server ini menjadi sangat penting bagi pelanggan.

Tutorial ini berisi panduan menghubungkan nama domain dengan server hosting dengan cara mengubah konfigurasi name server di Client Area Niagahoster. Di sini Anda juga dapat mengetahui apa name server yang saat ini Anda gunakan.


Hal yang Perlu Anda Perhatikan:

  • Proses update name server perlu melalui masa propagasi selama maksimal 48 jam. Apabila Anda telah melakukan perubahan name server namun nama domain belum terhubung dengan server hosting, harap menunggu hingga masa propagasi tersebut berakhir. Silakan hubungi Customer Success Agent Niagahoster untuk informasi lebih lanjut.
  • Apabila Anda membeli layanan hosting dan nama domain secara bersamaan di Niagahoster, proses penghubungan ini akan dilakukan secara otomatis.


Langkah-langkah Menghubungkan Nama Domain dengan Server Hosting


Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghubungkan nama domain dengan server hosting pada layanan Niagahoster.

1. Masuk ke Client Area Niagahoster.

2. Pada bagian Layanan Anda, Anda akan menemukan tab Hosting. Tab ini berisi layanan Niagahoster yang Anda gunakan.



3. Pilih tombol Kelola Hosting pada layanan yang Anda inginkan.


4. Pada tab Detail, Anda dapat melihat Nameserver Akun yang Anda gunakan.


5. Anda dapat mengubah name server pada bagian Domain. Pada bagian Layanan Anda, pilih Domain. Kemudian, klik tab Name Server.


6. Masukkan name server Anda pada kolom isian Nameserver 1 dan Nameserver 2. Apabila Anda memiliki name server lain, Anda dapat memasukkannya pada kolom isian Nameserver 3 dan Nameserver 4. Klik Update untuk memperbarui name server.


7. Selamat! Anda telah berhasil menghubungkan nama domain dengan server hosting. 




Artikel Terkait Cara Menghubungkan Domain dengan Server Hosting Sendiri

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

whatsapp