Panduan Cloud VPS

Cara Menggunakan Reverse IP VPS Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Menggunakan Reverse IP VPS Niagahoster

Dibuat pada 30 Maret 2021


Reverse IP merupakan salah satu identitas Virtual Private Server (VPS). Identitas ini hanya dapat digunakan untuk hostname dan domain yang mengarah ke VPS. Seperti arti kata dari Reverse yang berarti membalikkan suatu alamat IP, sehingga bisa berbeda alamatnya.


Salah satu aktivitas Reverse IP adalah Reverse DNS Record atau PTR Record. Metode yang digunakan untuk memetakan alamat IP ke suatu subdomain. Record ini juga sifatnya independen.


Hanya pemilik alamat IP yang bisa melakukan PTR Record. Dalam hal ini, pemilik alamat IP biasanya ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan hosting. Jika Anda menggunakan mail server dan ingin menggunakan PTR Record, maka bisa menghubungi pihak yang memberikan alamat IP atau pihak penyedia layanan hosting.


Berikut fungsi-fungsi dari PTR Record:

  • Digunakan untuk outgoing mail server
  • Meningkatkan kehandalan server pengirim
  • Memungkinkan penerimanya mengecek hostname
  • Melindungi dari spammer yang menggunakan domain tertentu

Langkah-langkah Reverse IP melalui Member Area Niagahoster

Pada layanan VPS Hosting Niagahoster juga memberikan fitur untuk melakukan Reverse IP. Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:


1. Anda perlu login ke Member Area Niagahoster. Selanjutnya masuk ke menu Layanan Anda, dan pilih sub menu Cloud VPS. Kemudian, pilih layanan VPS dan klik Kelola VPS.

1 Layanan Anda   Cloud VPS   Kelola VPS (Edit)


2. Anda akan masuk ke halaman untuk mengelola VPS. Di sana Anda bisa menemukan fitur untuk mengelola Reverse IP. Setelah itu, klik Kelola.

2 Kelola Reverse IP (Edit)


3. Selanjutnya akan tampil kotak untuk input Reverse IP. Anda bisa memasukkan host domain sebagai identitas server. Kemudian, silakan klik Reverse IP dan tunggu beberapa saat (maksimal 1x24 jam).

3 Input Reverse IP (Edit)


4. Anda bisa melakukan pengecekan Reverse IP melalui SSH. Caranya dengan masuk ke Terminal di cPanel. Kemudian, masukkan perintah: dig -x ipvps dan tekan Enter.

4a Verifkasi di Terminal cPanel dengan IP VPS (Edit)


Berikut hasilnya ketika perintah berhasil dieksekusi. Terdapat keterangan alamat IP dengan keterangan PTR. Hal ini menunjukkan Reverse IP telah dilakukan.

4b Hasil dari Perintahnya (Edit)


5. Anda juga bisa melihat pada bagian Answer Section. Hal itu menunjukkan IP yang tertera telah diberi identitas dengan nama domain tersebut.

5 Answer Section


Selamat! Anda sekarang bisa menggunakan fitur Reverse IP melalui Member Area Niagahoster. Catatan tambahan: Host, domain, atau subdomain yang digunakan sebagai PTR harus mengarah ke alamat IP VPS.


Artikel Terkait Cara Menggunakan Reverse IP VPS Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?