Panduan Cloud VPS

Cara Menggunakan Reverse IP VPS Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Menggunakan Reverse IP VPS Niagahoster


Untuk dapat menggunakan Reverse IP VPS Anda, terlebih dahulu Anda harus login ke panel VPS Anda. Baca: Cara Login Panel VPS Niagahoster


Selanjutnya pada menu Reverse IP Anda dapat mengklik tombol 'KELOLA'.

image

Reverse IP merupakan identitas server (seperti hostname yang merupakan identitas dari VPS) dan hanya dapat digunakan untuk hostname ataupun domain yang mengarah ke VPS.


Reverse IP disebut juga PTR. PTR atau Reverse DNS adalah IP Address yang dipetakan ke sebuah domain. Hal ini berlawanan dengan Forward dan umumnya bertujuan untuk memberikan identitas pada sebuah server agar ketika mengirimkan email, server tersebut memiliki identitas dan tidak dikategorikan sebagai spam.


Untuk mengkonfirmasi apakah reverse IP sudah dapat digunakan, harus mengkonfirmasi dengan cara menambahkan dig -x di depan nomor IP. Contohnya: dig -x 156.67.219.62 Akan tetapi tidak bisa langsung dicek. Anda harus menunggu sekitar satu jam untuk bisa melihat apakah Reverse IP sudah dapat digunakan.

image



Artikel Terkait Cara Menggunakan Reverse IP VPS Niagahoster