Panduan Hosting cPanel

Cara Mengelola dan Mengubah Theme WordPress

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mengelola dan Mengubah Theme WordPress


Setelah berhasil menginstal WordPress, maka langkah selanjutnya adalah mengelola WordPress serta mengubah theme (tampilan) WordPress Anda agar lebih menarik.

Mengelola WordPress

Untuk dapat mengelola WordPress, maka Anda harus login WordPress terlebih dahulu. Untuk login WordPress, silakan ketik http://namadomainanda.com/wp-admin.

Contoh:

http://niagahostertest.com/wp-admin  > niagahostertest.com adalah test domain yang kami gunakan.

Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan security dari server Niagahoster. Silakan masukkan detail tersebut dan Anda akan dibawa ke halaman login WordPress. Perhatikan screenshot berikut untuk lebih jelasnya:



 

Setelah berhasil login, Anda akan dibawa ke halaman dashboard WordPress.


Mengubah Theme WordPress

Theme atau tampilan WordPress dapat diubah melalui menu Appearance > Themes di dashboard Anda. Selanjutnya, klik Add New untuk menginstal atau menambahkan theme baru. Perhatikan screenshot berikut untuk lebih jelasnya:

Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman direktori theme WordPress. WordPress memiliki ribuan theme gratis yang siap digunakan. Dalam kasus ini, kami akan menginstal theme WordPress Flexy. 

Untuk menginstalnya, cukup klik pada gambar theme Flexy tersebut dan kemudian klik install. Perhatikan screenshot berikut untuk lebih jelasnya:


Selanjutnya, tunggu proses instalasi selesai dan kemudian klik Activate untuk mengaktifkan theme tersebut sebagai theme utama website Anda.

Selesai dan cek kembali website Anda untuk melihat hasilnya:



Artikel Terkait Cara Mengelola dan Mengubah Theme WordPress