Panduan Hosting cPanel

Cara Mengatasi Penggunaan Disk Space yang Tinggi pada Email Default Hosting

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mengatasi Penggunaan Disk Space yang Tinggi pada Email Default Hosting

Dibuat pada 31 Agustus 2022



Disk Space adalah jumlah kapasitas yang dapat digunakan dalam penyimpanan Email. Pada umumnya, penggunaan Disk Space yang tinggi pada email default disebabkan karena adanya email bounce back yang berisi informasi tentang email yang gagal dikirimkan. Perhatikan contoh berikut.


Dikarenakan terdapat puluhan, ratusan, bahkan hingga ribuan email bounce back error yang diterima oleh email default, hal ini akan menyebabkan penggunaan Disk Space pada email akan semakin tinggi. Selain itu, hal ini tentu akan menggunakan Disk Usage secara berlebih pada hosting milik Anda. 


Untuk mengatasi permasalahan ini, silakan mengikuti langkah-langkah berikut.



Langkah-Langkah Mengatasi Disk Space pada Email Default yang Tinggi

1. Masuk ke Member Area Niagahoster. Pilih menu Layanan Anda pada bagian kiri, kemudian klik submenu Hosting.


2. Klik tombol Kelola Hosting pada paket hosting aktif milik Anda.


3. Pilih tab cPanel, kemudian klik menu Email Accounts.


4. Anda akan diarahkan ke halaman Email Accounts seperti contoh berikut. Perhatikan bagian yang diberi tanda panah. Jumlah yang tertera menunjukkan seberapa besar kapasitas yang telah digunakan akun Email tersebut.


5. Klik tombol Check Email untuk melihat isi email.


6. Klik tombol Open.


7. Silakan cek penggunaan email Anda. Jika penggunaan email usage pada email default tidak tinggi, maka lakukan cek usage per akun email untuk menghapus file email yang tidak diperlukan


8. Jika penggunaan email usage yang tinggi pada email default, maka silakan kembali ke halaman Email Accounts, kemudian klik tombol Manage pada akun email Anda.


9. Klik tautan Manage Default Address.


10. Pilih opsi Discard (Not Recommended). Klik tombol Change untuk menyimpan konfigurasi.


11. Akan tampil informasi seperti contoh berikut yang menandakan konfigurasi telah berhasil dilakukan. Tujuan dari perubahan konfigurasi ke Discard ini adalah mencegah bounce back atau email yang dikirimkan ke invalid email masuk ke email default


12. Setelah itu, Anda dapat memastikan pesan-pesan yang masuk ke dalam email default apakah memang hanya berisi email bounce back error atau tidak. Silakan pergi ke halaman Email Accounts, kemudian klik tombol Check Email pada akun email Anda.


13. Klik tombol Open untuk membuka isi Email.


14. Anda dapat menghapus secara manual. Klik pada masing-masing email yang telah diterima, kemudian klik tombol Delete pada bagian kanan atas.


15. Anda turut dapat menghapus semua email sekaligus dengan cara klik ikon tiga titik vertikal pada bagian atas, kemudian klik menu Empty.


16. Akan tampil jendela konfirmasi seperti berikut. Klik tombol Delete untuk konfirmasi menghapus seluruh pesan yang terdapat di dalam folder Inbox.


17. Setelah dipastikan telah terhapus, pada umumnya email akan masuk ke folder Deleted Items (trash). Pastikan email-email tersebut telah Anda hapuskan juga dari folder Deleted Items. Pilih menu Select pada bagian atas, kemudian pilih submenu All untuk menyeleksi semua email yang ada.


18. Klik tombol Delete pada bagian kanan.


19. Akan tampil pop-up notifikasi seperti berikut pada bagian bawah, yang menandakan email telah berhasil dihapus dari folder Deleted Items.


Artikel Terkait Cara Mengatasi Penggunaan Disk Space yang Tinggi pada Email Default Hosting

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?