Panduan Domain

Cara Mengarahkan Domain ke Google Mail

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mengarahkan Domain ke Google Mail

Google Mail berada dalam layanan yang ditawarkan oleh Google Apps. Domain Anda dapat diarahkan untuk “menamai” alamat Google Apps milik Anda. 

 

Apa itu Google Apps?

Google Apps adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beragam aplikasi web menggunakan nama domain Anda sendiri. Google Apps mencakup aplikasi web yang berkaitan dengan e-mail, dokumen, informasi kontak, kalender, dan fungsi lain - semua dalam satu platform.

 

Nah, sebelum mulai mengarahkan nama domain ke akun Google Mail, Anda perlu membuat akun Google Apps terlebih dahulu.

Download ebook gratis kami disini untuk panduan lengkap menghubungkan domain ke hosting, zohomail, facebook dan twitter Anda.

 

 Pendaftaran Akun Google Apps

1. Pertama-tama, silakan akses alamat URL berikut ini: https://apps.google.com/. Pada halaman utama Google Apps ini, klik tombol Mulai Uji Coba Gratis pada bagian kanan atas. Tombol serupa juga terdapat di bagian lain pada halaman tersebut. 

Untuk saat ini, Anda bisa menggunakan fasilitas uji coba gratis 30 hari untuk akun Google Apps Anda. Setelahnya Anda perlu berlangganan layanan mereka terlebih dahulu mulai dari $3 per user per bulan. Informasi lebih lanjut bisa Anda lihat di sini: https://apps.google.com/pricing.html. 

 

2. Anda akan diarahkan ke halaman berikut ini.  Jika Anda telah memiliki nama domain sendiri, Anda bisa memilih pilihan Gunakan nama domain yang telah saya beli. Apabila belum, Anda dapat membelinya terlebih dahulu di Niagahoster atau pilih pilihan Beli domain baru sekarang untuk membeli domain langsung dari sistem seharga mulai dari $8 per tahun. 

Di contoh ini kami menggunakan pilihan pertama. Masukkan nama domain Anda dengan benar pada kolom isian yang tersedia kemudian klik tombol Berikutnya.

 

3. Isi data yang diperlukan. Jika sudah, silakan klik tombol Setujui dan Daftar.

 

4. Langkah selanjutnya adalah Anda perlu menambahkan user lain yang ingin Anda masukkan ke dalam akun Google Apps Anda. Klik tombol Mulai.

 

5. Jika sudah, Anda perlu memverifikasi email Anda terlebih dahulu. Ada beberapa metode verifikasi yang bisa Anda lakukan. Caranya bisa dengan menambahkan tag meta, konfigurasi script HTML website Anda, maupun pengaturan MX Entry. Anda hanya perlu memilih metode mana yang bisa Anda lakukan dan ikuti panduan yang diberikan. Klik tombol Verifikasi Domain dan Penyiapan Email pada bagian kanan bawah untuk melanjutkan.

 

6. Bar progress seperti ini akan muncul pada layar. Tunggu sebentar, proses verifikasi ini dapat memakan waktu selama kurang lebih 60 menit.

 

7. Selesai! Anda akan mendapatkan notifikasi seperti di bawah ini apabila proses verifikasi ini telah berhasil dilakukan.

 

Pengaturan Google Apps

Anda perlu berlangganan paket hosting terlebih dahulu agar dapat menjalankan tutorial ini dengan baik. Kunjungi website kami di http://www.niagahoster.co.id untuk mendapatkan layanan hosting terbaik dengan harga terjangkau.

Selanjutnya Anda perlu menjalankan Google Apps Wizard di cPanel. Adanya wizard ini memudahkan proses konfigurasi domain Anda untuk dihubungkan dengan Google Apps. 

Google Apps akan mengubah konfigurasi MX Record di server Anda menjadi MX Records milik Google Apps. Setelah Anda mengkonfigurasikannya, Anda hanya dapat mengirimkan email melalui Google Apps dan tidak dapat menggunakan webmail cPanel.

 

Berikut kami berikan kepada Anda panduan konfigurasi Google Apps Wizard ini. Ingat, Anda perlu berlangganan hosting terlebih dahulu untuk dapat mengakses bagian-bagian dalam tutorial berikut ini.

 

1. Masuk ke halaman utama cPanel hosting Niagahoster Anda, kemudian pilih Google Apps Wizard pada bagian Mail.

 

2. Pilih domain yang ingin Anda gunakan pada menu dropdown yang tersedia, kemudian klik tombol Next Step.

 

3. Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman ini.  Centang layanan Google Apps mana saja yang ingin Anda gunakan dengan Google Apps. Jika sudah, klik tombol Configure domain with Google Apps.

 

4. Klik OK untuk melanjutkan. Akan muncul pesan notifikasi apabila Google Apps berhasil diintegrasikan dengan domain Anda.

 

Cara Login Akun Google Apps Anda

Untuk melakukan login ke Google Apps, Anda perlu mengakses Gmail di https://mail.google.com. Kemudian, masukkan alamat email dengan domain Anda yang sebelumnya sudah Anda konfigurasikan (username@domainanda.com) ke kolom isian yang tersedia berikut password-nya.

 

Menghapus Integrasi Domain dari Google Apps

Google Apps Wizard juga dapat Anda gunakan untuk menghapus konfigurasi integrasi domain dari Google Apps ini. Berikut adalah caranya.

 

1. Masuk ke akun cPanel Niagahoster Anda, kemudian pilih Google Apps Wizard pada bagian Mail.

2. Selanjutnya Anda perlu memilih domain yang ingin Anda hapus dari Google Apps. Klik tombol Next Step untuk melanjutkan.

3. Pilih pilihan Remove the domain from Google Apps pada halaman Step 2 of 3 ini. Klik OK untuk melanjutkan.

4. Selesai! Anda akan menemui pesan notifikasi seperti di bawah ini apabila proses penghapusan domain dari Google Apps ini telah selesai.

 

Anda Butuh Domain?

Di Niagahoster, Domain .COM termurah dengan fasilitas DNS Management dan Full Akses ke Domain Manager bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 103ribu saja. Klik tautan berikut untuk daftar sekarang!



Artikel Terkait Panduan Domain