Panduan Domain

Cara Mengarahkan Domain ke Google Mail

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mengarahkan Domain ke Google Mail

G Suite (sebelumnya bernama Google Apps) memungkinkan pengguna untuk leluasa menjalankan berbagai aplikasi web dengan nama domain bisnis mereka sendiri. Contohnya adalah mengarahkan domain ke Google Mail, layanan email milik Google. Untuk menggunakannya, Anda perlu mendaftarkan domain yang Anda gunakan saat ini ke G Suite.


Mendaftarkan Domain ke G Suite

Untuk menggunakan G Suite, Anda harus membayar kepada Google sebesar $5 setiap bulannya. Namun, Anda dapat menggunakan Free Trial 14 Day yang diberikan oleh G Suite. Untuk memulai free trial tersebut, Anda harus mendaftarkan domain dan email Anda ke G Suite. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:


1. Untuk memulai, buka halaman utama G Suite (https://gsuite.google.com/) dan klik Get Started yang ada di bagian pojok kanan atas halaman browser Anda.



2. Isikan nama bisnis Anda, serta pilih jumlah karyawan Anda. Kemudian, klik Next 


3. Pilih negara tempat Anda mendirikan bisnis tersebut, kemudian klik Next


4. Tuliskan email yang Anda gunakan saat ini di kolom yang disediakan, kemudian klik Next


5. Pilih Yes, I have one I can use jika Anda sudah memiliki domain, atau pilih No, I need one jika Anda ingin membeli domain baru.


6. Tuliskan nama domain bisnis Anda, kemudian klik Next



7. Klik Next jika domain yang akan Anda gunakan sudah benar



8. Anda telah mendaftarkan domain bisnis Anda, kini saatnya Anda mendaftarkan data diri Anda, kemudian klik Next



9. Tambahkan Username yang nantinya akan Anda gunakan untuk masuk ke Admin Console pada G Suite beserta password untuk login, kemudian klik Next



10. Centang pada Captcha untuk memastikan Anda bukan bot, kemudian klik Agree and Create Account



11. Selesai! Kini saatnya Anda mengubah pengaturan domain agar dapat terhubung dengan G Suite. Klik Go to Setup


Verifikasi Domain dengan CNAME Record pada cPanel

Anda dapat menggunakan CNAME Record untuk mengarahkan domain ke G Suite. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Ikuti panduan pada G Suite Setup, kemudian centang hingga Anda menemukan pilihan dropdown seperti gambar di bawah. Pilih Add a domain host record (TXT or CNAME)


2. Klik link add a CNAME record


3. Anda akan menemukan CNAME record yang harus dimasukkan melalui cPanel Niagahoster, seperti pada gambar berikut:


4. Login ke halaman cPanel Anda. Baca panduan login cPanel di sini.


5. Klik menu Domain > Simple Zone Editor


6. Masukkan Label / Host dan Destination / Target yang tertera pada setup G Suite ke slot yang tersedia, kemudian klik Add CNAME Record


7. Tunggu beberapa saat agar G Suite memverifikasi domain dan email Anda. Kemudian klik Next


8. Selesai. Sekarang domain dan email Anda telah terverifikasi. Klik Continue untuk mulai menggunakan layanan dari Google untuk bisnis Anda.


Mengubah MX Record Pada cPanel

Untuk mengirim dan menerima email bisnis Anda melalui Gmail, Anda harus mengubah MX Record sesuai dengan pengaturan milik G Suite. Masing-masing record di bawah ini akan pointing email Anda ke Gmail. Yang perlu Anda lakukan hanya menambahkan MX Record sesuai dengan Priority dan Value/Destination seperti di bawah ini.

1. Login ke halaman cPanel Anda. Baca panduan login cPanel di sini.


2. Pilih menu Domain > Zone Editor



3. Tambahkan MX Record sesuai dengan list setup dari G Suite di bawah ini:



4. Klik + MX Record untuk menambahkan MX Record baru



5. Isikan sesuai dengan Priority dan Destination sesuai petunjuk di atas, lalu klik Add an MX Record. Ulangi hingga 5 MX Record selesai ditambahkan.



6. Kembali ke Zone Editor, klik Manage untuk memastikan MX Record Anda



7. Pastikan bahwa MX Record sudah sesuai.





Artikel Terkait Cara Mengarahkan Domain ke Google Mail