FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Cara Mengaktifkan DKIM dan SPF di cPanel Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mengaktifkan DKIM dan SPF di cPanel Niagahoster

Diperbarui pada 9 Maret 2022

 

 

DKIM (DomainKeys Identified Mail) adalah sebuah metode untuk memvalidasi nama domain dengan menggunakan teknologi kriptografi. Metode DKIM ini akan melakukan verifikasi terhadap public atau private key dari pengirim pesan, sehingga dapat memastikan konten email tidak berubah sejak pertama kali terkirim dari server email. Metode ini dapat mendeteksi pemalsuan identitas pengirim dan mencegah email berbahaya seperti spam.

SPF (Sender Policy Framework) adalah sebuah metode untuk mencegah pemalsuan alamat pengirim email. Metode SPF ini akan melakukan otentikasi agar server penerima dapat mengenali pengirim email melalui DNS servernya. Apabila terdapat orang yang mengirim email dengan memalsukan data Anda, maka email tersebut akan secara otomatis ditolak oleh server penerima karena tidak dikenali. Inilah fungsi yang dilakukan oleh metode SPF.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Niagahoster memiliki layanan email gratis pada paket Unlimited Hosting, Cloud Hosting serta layanan email berbayar pada layanan Mail Hosting. Sehingga, untuk cara aktivasi SPF pada masing-masing jenis layanan email akan berbeda.

Untuk saat ini, berikut adalah proteksi email yang digunakan pada layanan.

  • Cloud Hosting. Menggunakan proteksi dari SpamExpert.
  • Unlimited Hosting. Menggunakan proteksi dari SpamExpert. (Khusus server Bisnis atau server lain dengan order SpamExpert tambahan)
  • Mail Hosting. Menggunakan proteksi dari MailChannel.

 

SPF dan DKIM merupakan dua metode yang dapat diterapkan untuk memberikan identitas email yang akan dikirimkan, sehingga email tujuan dapat melakukan verifikasi dengan mudah bahwa email tersebut benar-benar dikirimkan dari alamat email pengirim yang benar, dan tentunya bukan merupakan email spam.

Kabar baiknya, Anda dapat mengaktifkan fitur SPF dan DKIM ini dengan mudah di cPanel Niagahoster. Pada artikel ini, kami membagi panduan menjadi empat bagian dengan urutan sebagai berikut.

  1. Dapatkan Detail Konfigurasi DKIM dan SPF.
  2. Konfigurasi SPF pada Mail Hosting.
  3. Konfigurasi DKIM dan SPF pada Cloud Hosting dan Shared Hosting.
  4. Pastikan SPF dan DKIM Telah Berhasil Disimpan dan Aktif.

 

Dapatkan Detail Konfigurasi DKIM dan SPF

1. Masuk ke Member Area Niagahoster. Pilih menu Hosting pada bagian Layanan Anda di sebelah kiri.

 

 

2. Klik tombol Kelola Hosting pada paket hosting milik Anda.

 

3. Pilih tab cPanel pada bagian atas.

 

4. Pilih menu All Features.

 

5. Anda akan diarahkan ke halaman cPanel seperti berikut.

 

6. Ketik email deliverability pada bilah pencarian di bagian atas, kemudian klik hasil pencarian yang telah ditampilkan.

 

7. Klik tombol Manage pada nama domain yang akan diaktifkan SPF dan DKIM.

SPF1

 

8. Selamat Anda telah berhasil mendapatkan teks konfigurasi Name dan Value pada bagian DKIM dan SPF seperti contoh berikut. Untuk menggunakannya, Anda dapat melakukan salin langsung dengan cara klik tombol Copy yang terdapat pada bagian bawah di masing-masing kolom.

 

 

Konfigurasi SPF pada Mail Hosting

Silakan mengikuti langkah-langkah berikut untuk menerapkan SPF pada Mail Hosting.


1. Buka halaman All Features pada cPanel Niagahoster.

 

2. Anda akan masuk ke halaman cPanel. Ketik zone editor pada bilah pencarian di bagian atas, kemudian klik hasil pencarian yang tampil.

 

3. Klik tombol Manage pada domain milik Anda.

 

4. Klik tombol Add Record untuk menambahkan record baru.

 

5. Silakan copy atau salin record berikut.

v=spf1 a mx include:relay.mailchannels.net ~all

Paste dan simpan pada halaman Zone Editor ini. Sebagai catatan, gunakan angka TTL 300 agar konfigurasi dapat disimpan dan diterapkan. Perhatikan contoh pada gambar berikut. 

 

6. Anda akan melihat pop-up notifikasi seperti berikut tampil. Artinya, Anda telah berhasil melakukan konfigurasi SPF untuk Mail Hosting.

 

 

Konfigurasi DKIM dan SPF pada Cloud Hosting dan Shared Hosting

Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan konfigurasi DKIM dan SPF pada Cloud Hosting atau Shared Hosting milik Anda.

 

1. Buka halaman All Features pada cPanel Niagahoster.

 

2. Anda akan masuk ke halaman cPanel. Ketik zone editor pada bilah pencarian di bagian atas, kemudian klik hasil pencarian yang tampil.

 

3. Klik tombol Manage pada domain milik Anda.

 

4. Klik tombol Add Record untuk menambahkan record baru.

 

5. Langkah pertama adalah memasukkan konfigurasi DKIM. Perhatikan gambar di bawah. Silakan copy paste teks yang terdapat pada kolom Name (DKIM) ke arah kolom Name di Zone Editor. Setelah itu, copy data pada kolom Value (DKIM), kemudian paste pada kolom Record di Zone Editor.

Ubah kolom Type menjadi TXT, kemudian klik tombol Save Record pada bagian kanan untuk menyimpan konfigurasi DKIM. Harap perhatikan gambar contoh di bawah.

 

6. Anda akan melihat pop-up notifikasi seperti berikut tampil pada bagian kanan atas layar. Artinya, konfigurasi DKIM telah berhasil dilakukan.

 

7. Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi SPF. Gunakan cara yang sama dengan langkah sebelumnya. Silakan copy data SPF yang telah disediakan pada halaman Email Deliverability, kemudian paste dan simpan pada halaman Zone Editor. Sebagai catatan, gunakan angka TTL 300 agar konfigurasi dapat disimpan dan diterapkan. Perhatikan contoh pada gambar berikut. 

 

8. Anda akan kembali melihat pop-up notifikasi seperti berikut tampil. Maka artinya, Anda telah berhasil melakukan konfigurasi SPF.

 

 

Pastikan SPF dan DKIM Telah Berhasil Disimpan dan Aktif

Setelah selesai melakukan semua konfigurasi yang dibutuhkan, Anda dapat memastikan bahwa SPF atau DKIM telah berhasil disimpan dan aktif. Silakan mengikuti langkah-langkah berikut.


1. Gulir ke bagian bawah. Apabila data SPF dan DKIM telah ditampilkan ke dalam daftar, maka artinya konfigurasi telah berhasil disimpan.

 

2. Anda turut dapat melakukan cek status apakah SPF dan DKIM telah aktif melalui website MXTOOLBOX. Ketik nama domain Anda pada kolom Domain Name, setelah itu klik tombol SPF Record Lookup pada bagian kanan.

 

3. Apabila tampil hasil hijau seperti berikut, artinya konfigurasi SPF telah diverifikasi dan dipastikan aktif.

 

4. Gulir ke bawah, dan Anda dapat memastikan semua telah tercentang hijau dan terdapat informasi SPF Record found di kolom Result bagian atas.



Lakukan Cek pada Email Tester (Khusus Untuk Konfigurasi Email Hosting)

Apabila seluruh kriteria sebelumnya telah dipastikan valid, maka Anda dapat mencoba melakukan tes pengiriman email ke website Mail Tester. Silakan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Akses website Mail Tester, kemudian silakan mencoba untuk mengirimkan email ke alamat yang terdapat pada mail tester. Perhatikan contoh berikut ini. Data yang tampil pada kolom merupakan alamat email yang dapat Anda gunakan sebagai penerima. 

 

2. Silakan mengirimkan email ke alamat tersebut melalui Webmail.

 

3. Akses kembali halaman Mail Tester, kemudian klik pada tombol Then check your score. Silakan menunggu hingga prosesnya selesai.

 

4. Apabila hasil dibawah 7, maka terdapat kendala pada sisi konfigurasi emailnya. Namun apabila hasil menunjukkan angka diatas 7,. maka artinya baik dan sudah aman.




Artikel Terkait Cara Mengaktifkan DKIM dan SPF di cPanel Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?