Panduan Hosting cPanel

Cara Mengaktifkan Perlindungan Spam di cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mengaktifkan Perlindungan Spam di cPanel

Dibuat 6 Agustus 2021


Spam Filters merupakan salah satu fitur untuk akun email yang dikembangkan oleh Apache SpamAssassin™. Fitur yang dapat mengidentifikasi pesan massal (spam) yang masuk ke akun email. Ketika pesan spam terdeteksi, otomatis akan diarahkan ke folder terpisah. Jika perlu, pesan spam dapat dihapus secara otomatis dari akun email Anda.


Untuk informasi lebih lanjut, baca dokumentasi Apache SpamAssassin.


Sebenarnya ketika Anda menggunakan Layanan Hosting Niagahoster, fitur Spam Filters telah otomatis diaktifkan. Tentu akun email hosting sudah aman dari spam. Akan tetapi, Anda dapat melakukan konfigurasi lebih lanjut secara mandiri melalui cPanel. Misalnya, Anda ingin melakukan blacklist pada suatu alamat email.

Konfigurasi Spam Filters di cPanel

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan konfigurasi Spam Filters di cPanel.


1. Masuk ke Member Area Niagahoster.


2. Pilih menu Layanan Anda, kemudian klik submenu Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang ingin Anda kelola. Selanjutnya, klik tombol Kelola Hosting.


3. Anda akan diarahkan ke tab cPanel. Kemudian, pilih ikon All Features untuk menampilkan fitur cPanel secara lengkap.


4. Anda akan berada di halaman cPanel. Ketik “Spam Filters” pada kolom pencarian. Kemudian, klik ikon Spam Filters.


5. Halaman Spam Filters akan ditampilkan. Lakukan konfigurasi berikut:

  • Process New Emails and Mark them as Spam: Aktifkan, untuk menandai pesan email yang mencurigakan sebagai spam.
  • Move New Spam to a Separate Folder (Spam Box): Aktifkan, untuk mengarahkan pesan email baru yang memenuhi atau melebihi batas Skor Spam ke folder terpisah untuk Anda tinjau.
  • Automatically Delete New Spam (Auto-Delete): Aktifkan, untuk menghapus permanen pesan spam yang memenuhi atau melebihi batas Skor Spam secara otomatis.


6. Bagi Anda yang ingin melakukan konfigurasi lebih lanjut, klik Show Additional Configurations.


7. Anda dapat menggunakan Whitelist atau Blacklist dalam mencegah pesan spam. Untuk menambahkan alamat email ke dalam Whitelist atau Blacklist, klik Edit Spam Whitelist / Blacklist Settings.


8. Lakukan konfigurasi Whitelist atau Blacklist pada Spam Filters.


8.1. Klik +Add A New “whitelist_from” item untuk menambahkan form baru. Selanjutnya, tentukan alamat email yang tidak ditandai sebagai spam oleh sistem. Tidak perlu menambahkan alamat email sendiri ke dalam whitelist. Untuk menyimpan daftar email, klik tombol Update Whitelist (whitelist_form).


8.2. Tentukan alamat email yang ditandai sebagai spam. Anda juga dapat menggunakan karakter wildcard * dan ? untuk menentukan alamat email. Perhatikan penjelasan berikut:

  • user@example.com — Hanya untuk satu alamat email.
  • *@example.com — Untuk semua alamat email di example.com.
  • ?ser@example.com — Untuk suatu karakter dalam alamat di example.com (misalnya, untuk user@example.com, tetapi bukan Auser@example.com).


Artikel Terkait Cara Mengaktifkan Perlindungan Spam di cPanel

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?