Panduan Hosting cPanel

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Litespeed Memcached (LSMCD)

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Litespeed Memcached (LSMCD)

Litespeed Memcached (LSMCD) adalah sistem yang memungkinkan untuk melakukan cache pada object database ke dalam memory sehingga akan memberikan performa yang jauh lebih cepat pada aplikasi-aplikasi atau websitee dinamis dengan mengurangi beban kerja database.

Penting: LSMCD saat ini hanya tersedia di layanan cloud hosting Niagahoster.


Keunggulan Litespeed Memcached (LSMCD):


Meningkatkan kecepatan akses dan performa pada aplikasi atau website dinamis serta mengurangi beban resource di server. Hal ini karena sistem akan membuat object cache (database) dan menyimpannya ke dalam memory sehingga jika ada request pada aplikasi atau website, maka sistem akan men-serve dengan cache yang disimpan di memory tersebut bukan mengambilnya secara langsung dari database server.

Selain itu, jika ada update atau perubahan pada database, maka cache yang ada di memory tersebut juga akan otomatis terupdate yang artinya pengunjung tetap akan mendapatkan informasi terbaru dari tampilan website kita dan cepat diakses karena data tersebut diambil dari memory, bukan dari database secara langsung.


Cara mengaktifkan LSMCD


Untuk memulai mengaktifkan LSMCD, maka silakan akses cPanel melalui member area -> kelola akun hostting dan kemudian pilih All Features (baca juga Cara Login cPanel Niagahoster):

Selanjutnya, Anda perlu mengubah atau membuat password untuk lsmcd. Untuk melakukannya, pada menu cPanel, silakan ketikkan lsmcd dan kemudian pilih menu LSMCD User Manager

lsmcd manager

Selanjutnya, pada Halaman User Management of LSMCD Klik button Change Password

ubah password

Kemudian, masukkan password LSMCD yang Anda inginkan. 

Penting: pastikan Anda mengingat password ini karena akan kita gunakan di langkah selanjutnya.

masukkan password

Klik Change Password dan tunggu hingga ada informasi Password set Successfully. Selesai, password Anda telah berhasil diubah.


Selanjutnya, pastikan ekstensi php memcached aktif di cPanel Anda. Untuk melakukannya, dari menu pencarian cPanel, silakan ketikkan "select php version" dan kemudian pilih menu Select php version.

select php version

Pada halaman Select PHP version, Pastikan Memcached dalam kondisi ceklist seperti screen shot berikut:

memcached


Selesai. Ekstensi php memcached sudah aktif.


Cara Menggunakan Litespeed Memcached (LSMCD) di WordPress


Untuk dapat menggunakan Litespeed memcached, maka kita akan membutuhkan bantuan plugin Litespeed Cache. Untuk itu, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan sudah menginstall Litespeed Cache terlebih dahulu.

Untuk menginstall Litespeed Cache, silakan pilih menu Plugins >> Add New dari admin WordPress Anda:

litespeed cache

Setelah plugin berhasil diaktifkan, silakan pilih menu LiteSpeed Cache -> Cache -> Object dari admin WordPress Anda. Silakan pastikan konfigurasinya sebagai berikut:

Object Cache: ON

Method: Memcached

Host: localhost

Port: 1121

Default Object Lifetime: 360

konfigurasi lsmcd wp

Selanjutnya, pastikan Anda mengisikan username dan password sesuai dengan username dan password yang kita buat pada menu LSMCD User Manager.


username password

Klik Save Changes jika sudah selesai semuanya.

save changes


Jika berhasil, maka status Connection Test akan passed seperti screen shot berikut:

passed test

Selesai.


Artikel Terkait Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Litespeed Memcached (LSMCD)

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

whatsapp

Hai di sana

Pilih jawaban dan klik Tidak, hubungi support jika tidak membantu

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?