Panduan Hosting cPanel

Cara Menambahkan MX Entry di cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Menambahkan MX Entry di cPanel


Fitur MX Entry dapat digunakan apabila Anda menginginkan email ditangani oleh server lain. Selain itu, fitur ini juga berguna apabila Anda ingin membuat server backup untuk email. Terdapat dua cara untuk melakukan pengaturannya:

Cara 1: Menambahkan MX Entry di cPanel versi 64.0.11

1. Pada kolom pencarian silakan ketikkan zone editor, kemudian pilih ikon Zone Editor.


2. Pilih menu Manage pada baris domain yang ingin diganti MX Recordnya.

3. Kemudian klik tombol Add Record, pada bagian Name masukkan domain atau subdomain untuk MX Record, untuk Type pilih MX, bagian Priority isi dengan angka prioritas, yang akan didahulukan yang terkecil, Destination diisi dengan hostname dari server email, kemudian klik tombol  Add Record.


4. Untuk melakukan perubahan, seperti mengedit atau menghapus, silakan pilih menu Manage


5. Setelah itu silakan pilih menu MX untuk mengedit atau menghapus.


Cara 2: Menambahkan MX Entri di cPanel versi 60.0.28

1. Pertama-tama, masuk ke bagian Mail dan pilih ikon MX Entry.

 

2. Jika Anda memiliki beberapa domain, pilih nama domain yang Anda inginkan terlebih dahulu pada tombol dropdown Select a Domain ...

 

3. Masukkan angka prioritas yang Anda inginkan pada kolom isian Priority di bagian Add New Record. Entri dengan angka lebih kecil akan didahulukan, kemudian diikuti dengan angka yang lebih besar. Untuk Destination silakan masukkan hostname dari server email Anda. Klik tombol Add New Record untuk melanjutkan.


4. Sukses! Anda akan mendapatkan notifikasi ini apabila pembuatan record telah berhasil dilakukan. 

 

5. MX Records yang telah berhasil dibuat akan muncul pada bagian ini. Anda dapat mengedit pengaturan sebelumnya ataupun menghapusnya di sini.

 

Artikel tutorial ini juga bisa Anda temukan di e-book Tutorial cPanel untuk Pemula Part 1 yang kami dedikasikan spesial untuk Anda. Klik tautan di bawah ini untuk download sekarang!


Kelola website Anda dengan panel kontrol canggih yang sudah familiar di hati Anda! Di Niagahoster Anda bisa mendapatkan paket hosting cPanel dengan disk space dan bandwidth unlimited, instalasi aplikasi dalam 1 klik, serta cPanel terbaru berfitur email yang optimal. Order sekarang di website kami!


Artikel Terkait Cara Menambahkan MX Entry di cPanel