Panduan Domain

Cara Menambahkan A record Domain Forwarding

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Menambahkan A record Domain Forwarding

Domain Forwarding adalah fitur yang berfungsi untuk “membelokkan” URL website ke domain tertentu.

Sebagai contoh, Anda memiliki blog dengan alamat www.niagahoster.co.id. Kemudian, Anda ingin mengarahkannya ke URL www.iniblogniagahoster.com. Anda dapat melakukannya dengan Domain Forwarding.

Cara Menambahkan A Record Menggunakan Domain Forwarding


Sebelum mulai melakukan konfigurasi, ada dua hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu.

  • Jika menggunakan nama domain Indonesia, Anda harus menambahkan IP Address 193.168.194.240 pada A Record untuk @ dan www agar bekerja dengan baik.
  • Normalnya, sistem akan secara otomatis menambahkan record tersebut. Apabila sistem gagal menambahkannya, Anda dapat menambahkan recod secara manual. Lakukan pengecekan terlebih dahulu pada menu DNS Management.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan domain forwarding dengan cara menambahkan A Record pada DNS Management.

1. Masuk ke Client Area Niagahoster.

2. Pada bagian Layanan Anda, Anda akan menemukan tab Domain. Tab ini berisi nama domain Anda yang terdaftar pada layanan Niagahoster.

Client Area Niagahoster Hosting


3. Klik tombol Kelola Domain pada nama domain yang akan Anda konfigurasikan.

Kelola domain 2


4. Pada bagian Pengaturan Domain, pilih tab DNS Management.

DNS management


5. Klik tombol Add New Record.

Add new record


6. Untuk melakukan domain forwarding dengan awalan www, tuliskan www pada kolom isian Name. Kemudian, masukkan IP Address Anda pada kolom isian IPv4. Klik tombol Save Record untuk menyimpan.

Save record


7. Anda juga perlu menambahkan record tanpa awalan www. Tuliskan simbol @ pada kolom isian Name. Kemudian, masukkan IP Address Anda pada kolom isian IPv4. Klik Save Record.

Save record 2


8. Selamat! Konfigurasi domain forwarding menggunakan A Record telah berhasil Anda lakukan! Harap diingat, setelah menambahkan record dan memastikan bahwa name server telah sesuai petunjuk, Anda perlu menunggu maksimal 1x24 jam agar domain Anda dapat diarahkan ke domain tujuan.


Artikel Terkait Cara Menambahkan A record Domain Forwarding

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.
whatsapp