Panduan Hosting cPanel

Cara Membuat Subdomain di cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Membuat Subdomain di cPanel

Diperbarui 21 Januari 2022


Subdomain merupakan bagian URL yang tertulis sebelum nama domain utama dan ekstensi domain. Mari ambil alamat URL course.niagahoter.co.id sebagai contoh. Dalam alamat URL ini, subdomain tersebut adalah course.


Secara teknis, subdomain berfungsi untuk membagi website ke dalam beberapa bagian. Anda dapat menggunakan subdomain pada berbagai keperluan. Beberapa contohnya adalah membuat forum (forum.namadomain.com), menampilkan versi website bahasa asing (en.namadomain.com), mengubah tampilan website menjadi versi mobile (m.namadomain.com), dan lain-lain.

Langkah-langkah Membuat Subdomain di cPanel

Subdomain pada website dapat Anda buat sendiri melalui cPanel. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.


1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

1 Masuk Member Area Niagahoster


2. Pada bagian Layanan Anda, Anda akan menemukan tab Hosting. Tab ini berisi layanan Niagahoster yang Anda gunakan. Kemudian, klik tombol Kelola Hosting pada layanan hosting aktif Anda.

2 Kelola Hosting (Edit)


3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Hosting. Pilih tab cPanel dan klik menu Subdomains.

3 tab cPanel   Subdomains (Edit)


4. Halaman Subdomains akan ditampilkan. Masukkan nama subdomain pada kolom isian Subdomain. Apabila memiliki beberapa nama domain, Anda dapat memilihnya pada menu Domain. Kolom Document Root akan terisi secara otomatis mengikuti nama subdomain. Anda dapat mengubahnya secara manual jika menginginkan folder dengan nama lain.

4 penjelasan kolom isian untuk create subdomain (Edit)


5. Isi nama yang Anda inginkan pada kolom Subdomain. Harap diingat, nama-nama seperti mail, www, ftp, cPanel, whm, webmail, dan webdisk telah digunakan oleh sistem untuk berbagai macam keperluan. Karenanya, pastikan Anda menggunakan subdomain selain nama-nama tersebut. Dalam contoh ini, kami menuliskan “forum” pada kolom isian. Klik tombol Create untuk membuat subdomain.

5 create subdomain (Edit Crop)


6. Selamat! Anda akan melihat notifikasi seperti ini apabila subdomain berhasil dibuat. Kemudian, klik tombol Go Back.

6 subdomain berhasil dibuat   back (Edit)


7. Subdomain yang berhasil Anda buat akan muncul pada bagian Modify a Subdomain seperti di bawah ini.

7 Daftar subdomain (Edit)


Artikel Terkait Cara Membuat Subdomain di cPanel

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?