Panduan Hosting cPanel

Cara Membuat Sub-domain di cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Membuat Sub-domain di cPanel


Anda dapat membuat sub-domain menggunakan cPanel Anda. Berikut adalah tutorialnya.


A. Video Panduan Cara Membuat Subdomain di cPanel


B. Panduan Manual Membuat Subdomain di cPanel

1. Masuk ke bagian Domains pada halaman utama cPanel Anda, kemudian klik Subdomains.


2. Masukkan alamat subdomain yang Anda inginkan. Anda juga dapat memilih domain utama mana yang Anda gunakan apabila memiliki lebih dari satu domain pada akun Anda.



3. Masukkan path direktori tempat penyimpanan file subdomain Anda pada kolom isian Document Root berikut ini, kolom path direktori akan terisi automatis namun anda juga dapat melakukan penyesuaian tempat penyimpanan file websitenya. Klik tombol Create untuk melanjutkan.


4. Selesai! Notifikasi ini akan Anda terima apabila sub-domain telah berhasil dibuat. Klik Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.


5. Sub-domain yang baru saja Anda buat dapat Anda lihat pada daftar berikut ini. Klik teks berwarna biru pada kolom Document Root untuk mengakses File Manager. Di File Manager inilah Anda dapat mengatur file yang ada pada sub-domain Anda.


Note: beberapa subdomain digunakan oleh sistem yaitu : mail, www, ftp, cPanel, whm, webmail, webdisk.anda dapat menggunakan subdomain lain selain subdomain tersebut.



Artikel Terkait Cara Membuat Sub-domain di cPanel