Panduan WordPress Hosting Niagahoster

Cara Membuat Postingan di WordPress

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Membuat Postingan di WordPress

Diperbarui pada 30 Juni 2020

Setelah instalasi selesai, Anda dapat mulai membuat postingan di website WordPress Anda.

Caranya sangatlah mudah. Hanya saja, ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menekan tombol publish. Tujuannya, tentu saja agar Anda seluruh fitur yang ada dalam halaman editor WordPress.

Beberapa di antaranya adalah menambahkan judul, mengunggah media, menentukan kategori, menambahkan tags, hingga mengubah permalink.

Langkah-langkah Membuat Postingan di WordPress

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat postingan di WordPress.

1. Masuk ke dashboard WordPress Anda.

2. Pilih Posts, kemudian pilih Add New.



3. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman Add New Post. Masukkan judul pada kolom isian Add title. Anda dapat mulai menuliskan konten postingan WordPress pada kolom editor.  



4. WordPress memiliki beragam pilihan text formatting untuk mempercantik postingan Anda. Beberapa fungsi di antaranya adalah bold, italic, bullets, numbering, quotes, alignment, strikethrough, text color, dan lain-lain.



5. Untuk menambahkan gambar, video, atau audio, klik tombol Add Media.



6. Anda akan diarahkan ke halaman Add Media. Di sini Anda dapat mengunggah file gambar, video, maupun audio untuk postingan Anda. Klik tombol Select Files untuk mengunggah gambar.



7. Isi atau kosongi Alt Text. Jika Anda menargetkan kata kunci tertentu, masukkan dalam kolom isian ini. Kemudian, isi TitleCaption, dan Description dengan keterangan sesuai gambar. Anda juga dapat melakukan pengaturan alignment, ukuran, maupun pengalihan tautan di sini. Klik Insert to post untuk memasukkan gambar ke postingan Anda.



8. Kategorikan postingan Anda. Anda dapat menggunakan kategori yang sudah ada. Jika belum memiliki kategori, Anda dapat membuat kategori baru dengan cara klik tautan + Add New Category.



9. Fungsi tags dapat mengategorikan postingan Anda ke dalam tema yang lebih spesifik. Masukkan tag yang Anda inginkan pada kolom isian, kemudian klik Add.



10. Permalink atau slug URL bawaan WordPress terlihat kurang menarik. Anda dapat mengubahnya dengan cara klik tombol Edit di bawah kolom isian judul.



11. Featured image adalah gambar muka postingan WordPress Anda. Jangan lupa menambahkannya dengan cara klik tautan Set featured image. Setelahnya, Anda akan diarahkan ke halaman media. Pilih atau unggah gambar yang Anda inginkan, kemudian klik tombol Set featured image.



12. Setelah semuanya siap, langkah selanjutnya adalah menerbitkan postingan WordPress. Pada pojok kanan halaman editor WordPress, Anda akan menemukan bagian bernama Publish. Di sini Anda dapat mengatur status postingan, menyimpan draft, melihat preview, menentukan siapa yang dapat melihat postingan Anda, serta menjadwalkan postingan. Klik tombol Publish untuk menerbitkan postingan WordPress.


13. Selamat! Postingan WordPress Anda telah terbit.




Artikel Terkait Cara Membuat Postingan di WordPress

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?