Panduan Hosting cPanel

Cara Membuat Full Backup di cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Membuat Full Backup di cPanel

Diperbarui 27 Januari 2022


Backup merupakan proses membuat salinan data untuk melindungi dari kehilangan yang tidak disengaja. Bukan hal yang tidak mungkin website akan mengalami masalah sewaktu-waktu. Dengan melakukan backup, seluruh data website Anda akan aman.


Berkaitan dengan itu, layanan hosting Niagahoster menyediakan fitur Full Backup melalui cPanel. Fitur yang dapat membuat arsip semua file dan konfigurasi website Anda. Di samping itu, Anda dapat menggunakan file tersebut untuk memindahkan akun hosting ke server lain atau untuk menyimpan salinan file ke penyimpanan lokal Anda.


Pada panduan ini akan dijelaskan cara melakukan Full Backup melalui cPanel. Lakukan hal ini secara rutin untuk mengamankan data website Anda.

Langkah-langkah Melakukan Full Backup Melalui cPanel

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan Full Backup melalui cPanel.


1. Masuk ke Member Area Niagahoster.


2. Pada bagian Layanan Anda, Anda akan menemukan tab Hosting. Tab ini berisi layanan Niagahoster yang Anda gunakan. Kemudian, klik tombol Kelola Hosting pada layanan hosting aktif Anda.


3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Hosting. Pilih tab cPanel dan klik menu All Features untuk menampilkan fitur lengkap cPanel.


4. Halaman cPanel akan ditampilkan. Gulir ke bagian Files dan pilih menu Backup Wizard.


5. Anda akan diarahkan ke halaman Backup Wizard. Klik tombol Back Up untuk mulai melakukan backup.


6. Untuk melakukan Full Backup, klik tombol Full Backup.


7. Pilih opsi Home Directory untuk Backup Destination. Kemudian, masukkan email aktif yang Anda gunakan pada kolom Email Address. Hal ini berfungsi agar setelah proses backup selesai, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email. Setelah memastikan semuanya benar, klik tombol Generate Backup.


8. Anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini. Silakan tunggu hingga proses Full Backup selesai. Kemudian, klik tombol Go Back.


9. Anda akan kembali ke halaman Backup Wizard. Pada bagian Backups Available for Download, klik tautan file backup yang tersedia. Itu merupakan file backup yang berhasil dibuat oleh cPanel.


10. Selamat! Sekarang Anda bisa menyimpan file backup ke penyimpanan lokal.


11. Tunggu hingga proses download file backup selesai.




Artikel Terkait Cara Membuat Full Backup di cPanel

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?