Panduan WordPress Hosting Niagahoster

Cara Membuat Form Kontak

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Membuat Form Kontak


Form Kontak sangat berguna untuk sebuah website berbasis WordPress karena akan membantu Anda sebagai pemiliknya. Jika ada yang ingin menghubungi Anda, maka Form Kontak ini akan memprosesnya sebagai email dan mengirimkan data dan juga pesan yang telah diisi oleh si pengirim tersebut atau visitor Anda.

Untuk membuat sebuah Form Kontak pada WordPress, Anda tidak harus mempunyai keahlian tertentu karena caranyapun sangat mudah (hanya menggunakan plugin bernama “Contact Form 7”) dan cara menginstal plugin ini sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya. Klik: Cara Menginstal Plugin via Dashboard

Jadi dapat dipastikan jika Anda mengikuti tutorial di atas, Anda sudah menginstal plugin Contact Form 7. Sekarang kita lanjut ke tutorial cara membuat Form Kontak tersebut.


Plugin otomatis terinstall untuk layanan WordPress hosting. Untuk Anda yang menggunakan layanan tersebut bisa melewati tahap instalasi.


1. Masuk pada Dashboard, pilih menu Contact » Add New.


2. Pilih bahasa yang Anda inginkan. Seperti contoh di bawah kita akan menggunakan Bahasa Indonesia, lalu pilih “Add New”.


3. Anda akan menemukan halaman seperti gambar di bawah, di mana Anda dapat mengkonfigurasi Form Kontak menjadi seperti yang Anda inginkan.


4. Kemudian setting pada tab Mail. Di sini Anda akan menemukan pengaturan form yang telah diisi terkirim ke email mana, dan masih banyak lagi.


5. Setelah selesai, silakan klik Save maka akan muncul Script Code yang siap Anda gunakan pada halaman atau posting.


6. Copy Script code tersebut, kemudian buat Page/Halaman baru dan jangan lupa untuk mengganti mode dari Visual menjadi Text.


7. Setelah itu jangan lupa Publish, dan hasilnya akan menjadi seperti ini.


8. Lalu kita tes dengan mengisi Form Kontak tersebut dan membuka  email yang masuk, maka hasil email yang akan masuk seperti ini.



Artikel Terkait Cara Membuat Form Kontak