Panduan Hosting cPanel

Cara Membuat Autoresponder di cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Membuat Autoresponder di cPanel


cPanel menyediakan fitur yang dapat membuat Anda mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada siapapun yang mengirimkan email ke alamat tertentu. Fitur ini dinamakan Auto Responders. 


Anda dapat mengaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama-tama, klik ikon Auto Responders pada halaman utama cPanel.


2. Anda akan diarahkan ke halaman Auto Responders berikut ini. Klik tombol Add Auto Responder untuk menambahkan auto responder.


3. Anda dapat memilih set karakter yang ingin digunakan pada pilihan Character Set. Dalam banyak kondisi, Anda tidak perlu mengubahnya. Biarkan saja dalam pilihan utf-8. Kemudian isi interval yang Anda inginkan (interval adalah jeda waktu pengiriman pesan Auto Responder) dan masukkan alamat email untuk Auto Responder pada kolom isian di bawahnya.


4. Anda juga perlu mengisi kolom From untuk menunjukkan nama pengirim, Subject sebagai judul pesan, kemudian Body berisikan pesan yang ingin Anda sampaikan. Setelah semuanya lengkap, klik tombol Create/Modify.


5. Selesai! Anda akan diarahkan ke halaman notifikasi seperti di bawah ini apabila telah berhasil membuat auto responder. Klik Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.


6. Setelahnya, Auto Responder yang telah berhasil Anda buat akan terlihat pada halaman Auto Responders seperti di bawah ini.

Semoga bermanfaat :)


Artikel Terkait Cara Membuat Autoresponder di cPanel