Panduan Hosting cPanel

Cara Membuat Akun FTP dan Melakukan Koneksi FTP

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Membuat Akun FTP dan Melakukan Koneksi FTP

Diperbarui pada 10 Feb 2021

Akun FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk mengunggah serta mengelola file dalam website Anda.


Penting: cara lain yang lebih mudah untuk upload atau unggah file adalah dengan menggunakan File Manager dari cPanel. Panduan menggunakan File Manager cPanel dapat di lihat di SINI.


Secara default, akun FTP secara otomatis telah dibuat ketika akun hosting Anda diaktifkan. Rincian akun FTP dikirimkan melalui email saat hosting pertama kali diaktifkan dimana kami memberikan detail login cPanel dan FTP (dibagian paling akhir) seperti screen shoot berikut:


login ftp


Anda dapat menggunakan rincian tersebut untuk login FTP Anda. Anda juga dapat menggunakan IP address yang tertera sebagai host-nya. Dalam panduan ini, IP address yang digunakan adalah 153.92.8.58 sesuai dengan screen shoot di atas.

Anda dapat langsung melakukan koneksi FTP dengan detail tersebut di atas dengan menggunakan FileZilla seperti pada screen shoot berikut (download file zilla jika belum memilikinya):

konfigurasi ftp

Penting: pastikan memasukkan password dengan benar dan jika copy paste, pastikan tidak ada spasi diawal dan belakang. Banyak users yang melakukan kesalahan di sini.

Jika diminta menyimpan password, maka silakan simpan dengan memilih menu berikut:

save password ftp

Selesai dan jika berhasil, maka Anda akan mendapatkan pesan seperti berikut:

ftp berhasil


Selain akun FTP yang kami berikan di atas, Anda juga dapat membuat akun FTP sendiri dengan limitasi akses tertentu sesuai dengan kebutuhan. Silakan ikuti panduan berikut untuk melanjutkan membuat akun FTP baru dan kemudian mengkonfigurasikannya.


Langkah-langkah Membuat Akun FTP Melalui cPanel

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat akun FTP melalui cPanel.

1. Masuk ke Client Area Niagahoster.

2. Pada bagian Layanan Anda, Anda akan menemukan tab Hosting. Tab ini berisi layanan Niagahoster yang Anda gunakan.


3. Pilih tombol Kelola Hosting.


4. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Hosting. Pilih tab cPanel, kemudian pilih menu All Features.


5. Pada bagian Files, pilih FTP Accounts.


6. Anda akan diarahkan ke halaman FTP Accounts. Isi kolom isian Login, Domain, dan Password. Klik tombol Create FTP Account untuk membuat akun FTP.


7. Pada bagian FTP Accounts, Anda akan melihat daftar akun FTP yang telah Anda buat. Klik tautan Configure FTP Client dan rincian FTP akan muncul pada layar.


Melakukan Koneksi FTP Menggunakan FileZilla 

Panduan ini menggunakan aplikasi FTP client bernama FileZilla. FileZilla tersedia gratis dan dapat Anda unduh di sini. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan koneksi FTP menggunakan FileZilla.

1. Buka aplikasi FileZilla.

2. Pada bagian atas halaman utama FileZilla, Anda akan menemukan empat kolom isian: Host, Username, Password, dan Port.


3. Host dapat Anda isi dengan IP address atau nama domain Anda. IP address dapat Anda lihat pada rincian akun FTP yang dikirimkan ke email. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui IP address pada kolom Shared IP Address di bagian Server Information melalui cPanel Anda.



4. Kemudian, isi Username dan Password dengan username dan password FTP yang telah Anda buat sebelumnya. Isi Port dengan angka 21 atau kosongi saja. Klik Quickconnect untuk mulai membuat koneksi FTP.


5. Anda akan melihat halaman pop-up seperti di bawah ini. Klik OK untuk melanjutkan.



6. Selamat! FTP berhasil tersambung. Anda akan melihat status berhasil sambungan FTP berhasil pada kolom status di bawahnya.





Artikel Terkait Cara Membuat Akun FTP dan Melakukan Koneksi FTP

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

whatsapp

Hai di sana

Pilih jawaban dan klik Tidak, hubungi support jika tidak membantu

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?