Panduan Hosting cPanel

Cara Membuat Akun FTP dan Melakukan Koneksi FTP

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Membuat Akun FTP dan Melakukan Koneksi FTP

Cara Membuat Akun FTP dan Melakukan Koneksi FTP -  Anda dapat membuat dan melakukan koneksi FTP di Niagahoster dengan mudah. Berikut detail tahapan membuat akun dan melakukan koneksi FTP:

Video Panduan silahkan lihat dibawah ini:


Untuk tutorial tanpa video, silakan ikuti tahapannya secara rinci sesuai panduan barikut:

Secara default, akun FTP telah dibuat ketika akun Hosting / cPanel diaktifkan dan telah dikirimkan ke email. Berikut contoh detailnya:

 

Download ebook gratis kami disini untuk panduan lengkap upload file website melalui cPanel Anda.

 

Anda dapat menggunakan detail tersebut untuk login FTP Anda dan gunakan IP sebagai hostnya (dalam kasus ini, ip yang digunakan: 202.150.209.124)

Anda juga dapat membuat akun FTP baru melalui Cpanel > FTP Accounts. Setelah itu, silahkan Anda lengkapi semua form untuk pembuatan akun FTP. Format username FTP Anda akan menjadi namaakun@domainutama.com. Misal: niagahoster@idXXadmin.com. Perhatikan screen shot berikut untuk lebih jelasnya:

 

 

Melakukan Koneksi FTP

Pada contoh ini, kami akan menggunakan FileZilla sebagai FTP client. FileZilla dapat didownload di SINI. Setelah mendownload dan menginstalnya, silahkan Anda buka filezilla dan kemudian isi kolom yang ada dengan detail berikut:

Mesin / host / server: Anda dapat mengisinya dengan IP cPanel atau nama utama domain, IP dapat di cek dari panel statistik di bagian Server Information. Misal: 202.150.209.163 atau idxxx.com. Perhatikan screen shot berikut untuk melihat IP cPanel:

Username / nama pengguna: username ftp yang telah Anda buat sebelumnya. 

Password: Password ketika membuat username sebelumnya.

Port: isikan dengan 21 atau kosongi saja.

Perhatikan screen shot berikut untuk lebih jelasnya:

 

Selesai


Artikel Terkait Panduan Hosting cPanel