Panduan Domain

Cara Beli Hosting dan Domain di Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Beli Hosting dan Domain di Niagahoster

Diperbarui pada 1 Agustus 2022

 

Hosting berfungsi untuk menyimpan semua file dari website Anda agar bisa diakses secara online. Hosting ibarat sebuah ruko yang Anda sewa untuk bisnis. Seperti halnya ruko, hosting memiliki ukuran dan fasilitas yang berbeda, tergantung jenis website yang Anda bangun dan besarnya ruang (space) yang Anda perlukan.

 

Oleh karena itu, Niagahoster menyediakan layanan hosting dengan paket yang beragam. Anda dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan website. 

 

Sementara itu, Domain adalah alamat website yang sekaligus menjadi identitas online Anda. Domain yang digunakan harus sesuai dengan brand yang ingin Anda bangun. Ada beragam jenis domain yang dapat Anda pilih. Salah satunya domain dengan ekstensi .com yang populer digunakan oleh pengguna di internet. 

 

Cara Beli Domain

Anda bisa membeli sebuah domain selama nama domain tersebut belum digunakan orang lain. Lakukan pengecekan ketersediaan domain yang Anda inginkan melalui halaman berikut.

 

1. Ketik nama berikut dengan ekstensi domain yang ingin Anda cek di kolom pencarian. Kemudian, klik Cek Sekarang untuk melihat status ketersediaannya.

 

2. Saat ini Anda berada di halaman Order Domain. Cek kembali nama dan ekstensi domain. Pilih durasi domain, antara lain: 1 tahun, 2 tahun, atau 3 tahun. Anda juga bisa mengaktifkan Proteksi WHOIS per-tahun (opsional). Kemudian, klik Tambahkan ke Cart.

 

3. Saat ini Anda berada di halaman Order Domain. Periksa kembali nama dan ekstensi domain yang sebelumnya telah Anda pilih. Kemudian, klik tombol Lanjutkan untuk masuk ke halaman metode pembayaran.

 

4. Halaman untuk memilih metode pembayaran akan tampil. Berbagai metode pembayaran otomatis dapat Anda pilih. Pada panduan ini, kami menggunakan QRIS. Pastikan status Metode Pembayaran di bagian kanan telah sesuai dengan pilihan Anda. Klik tombol Masuk untuk Checkout agar proses pembayaran dapat dilanjutkan.

 

5. Ada syarat yang harus dilakukan untuk melanjutkan transaksi tersebut, yaitu memiliki akun di Niagahoster.

 

5.1. Jika Anda sudah memiliki akun, maka ketikkan email dan password akun Niagahoster Anda, kemudian klik tombol Login & Bayar. Anda turut dapat login menggunakan akun Google ataupun Facebook dengan cara klik pada tombol di bagian atas.

 

5.2. Sebaliknya, jika Anda belum memiliki akun di Niagahoster, maka harus daftar terlebih dahulu sebelum melakukan checkout. Anda bisa melengkapi data pada form registrasi tersebut.


6. Anda akan diarahkan ke halaman QRIS Payment. Pindai QR code menggunakan platform pembayaran yang Anda inginkan (GoPay, OVO, DANA, LinkAJA, ShopeePay, BCA Mobile, dan sebagainya).

 

Cara Beli Paket Hosting

1. Akses halaman hosting murah Niagahoster. Klik tombol Pilih Hosting Sekarang untuk melihat beberapa paket hosting yang tersedia, antara lain: Bayi, Personal, dan Bisnis.

 

2. Klik tombol Pilih Paket pada paket web hosting yang akan Anda beli. Pada contoh ini, kami memilih paket Personal.

 

3. Anda akan diarahkan ke halaman Order. Pada bagian Pilih Paket Hosting, paket yang terpilih akan sesuai dengan yang telah Anda pilih sebelumnya.

 

4. Gulir ke bawah, tentukan durasi paket hosting yang akan Anda beli. Pada panduan ini, kami memilih durasi paket 1 Tahun sebagai contoh.

 

5. Pembelian hosting di Niagahoster akan mendapatkan gratis domain. Masukkan nama domain baru yang Anda inginkan, kemudian klik tombol Cek Domain.

 

Pilih tab Saya Sudah Punya Domain, jika Anda telah memiliki domain dan ingin dihubungkan ke hosting yang akan dibeli. Selanjutnya, masukkan nama domain lama Anda dan klik tombol Gunakan Domain.

 

6. Apabila nama domain yang Anda cek masih tersedia, tanda centang akan diberikan ke nama domain tersebut.


7. Gulir ke bawah, Anda turut dapat membeli ekstensi domain yang lain dengan cara memberi tanda centang. Klik tombol Tambahkan ke Cart untuk melanjutkan.


8. Terdapat dua fitur pendukung yang dapat Anda tambahkan ke cart, yaitu Auto Install Website WordPress dan Premium Comodo SSL. Setelah itu, klik tombol Lanjutkan pada bagian kanan.

 

9. Halaman untuk memilih metode pembayaran akan tampil. Berbagai metode pembayaran otomatis dapat Anda pilih. Pada panduan ini, kami menggunakan QRIS. Pastikan status Metode Pembayaran di bagian kanan telah sesuai dengan pilihan Anda. Klik tombol Masuk untuk Checkout agar proses pembayaran dapat dilanjutkan.

 

10. Ada syarat yang harus dilakukan untuk melanjutkan transaksi tersebut, yaitu memiliki akun di Niagahoster.

 

10.1. Jika Anda sudah memiliki akun, maka ketikkan email dan password akun Niagahoster Anda, kemudian klik tombol Login & Bayar. Anda turut dapat login menggunakan akun Google ataupun Facebook dengan cara klik pada tombol di bagian atas.

 

10.2. Sebaliknya, jika Anda belum memiliki akun di Niagahoster, maka harus daftar terlebih dahulu sebelum melakukan checkout. Anda bisa melengkapi data pada form registrasi tersebut.

 

11. Anda akan diarahkan ke halaman QRIS Payment. Pindai QR code menggunakan platform pembayaran yang Anda inginkan (GoPay, OVO, DANA, LinkAJA, ShopeePay, BCA Mobile, dan sebagainya).

 

Setelah selesai melakukan pembayaran, layanan hosting murah dan domain Anda akan aktif. Selamat! Kini Anda dapat menikmati layanan dari Niagahoster.



Artikel Terkait Cara Beli Hosting dan Domain di Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?