Tutorial WordPress Lengkap

Cara Membeli Domain dan Hosting di Niagahoster

Tutorial WordPress lengkap untuk pemula yang dilengkapi dengan screenshot langkah demi langkah untuk memulai website WordPress Anda.

Cara Membeli Domain dan Hosting di Niagahoster

Ini adalah bagian dari Tutorial Wordpress yang dipersembahkan Niagahoster. Untuk melihat artikel tutorial lain, Anda dapat mengikuti tautan ini

 

Sebelum melanjutkan pada tutorial inti cara membeli domain dan hosting alangkah baiknya jika anda memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan hosting dan domain.

Pengertian Hosting

Hosting merupakan sebuah space atau tempat penyimpanan data sebuah blog atau website di internet yang memungkinkan data tersebut menjadi online dan dapat di lihat oleh setiap orang dari berbagai penjuru di dunia.

 

Download ebook gratis kami disini untuk panduan lengakap penggunan cPanel hosting Anda.

 

Seperti contoh didunia nyata jika anda ingin membangun sebuah usaha maka anda membutuhkan sebuah lapak untuk usaha anda tersebut, begitu bukan? Ibaratkan lapak tersebut berupa Ruko yang tentunya mempunyai space atau ukuran ruangan yang variatif ada yang ukurannya 5x5m2, 10x5m2, dan lain-lain.

Begitu juga dengan sebuah Hosting di internet, mempunyai varian space yang berbeda ada yang 500MB, 1GB, dan masih banyak lagi, namun pastinya akan sangat menjadi kendala jika anda membeli hosting yang space-nya dibatasi.

Oleh karena itu kami Niagahoster menyediakan sebuah layanan hosting yang Unlimitied dimana anda bisa dengan bebas meng-upload konten website anda baik itu berupa Gambar, Video maupun File yang lainnya tanpa harus takut kehabisan ruang atau space tersebut.

Pengertian Domain

Domain merupakan sebuah alamat situs berupa (.com / .net / .org ) dan lain-lain, mempunyai fungsi untuk mengidentifikasi alamat (IP address) sebuah server komputer (Hosting).

Seperti ilustrasi diatas, ketika anda sudah mempunyai ruko untuk space usaha, maka tentunya yang anda butuhkan yaitu alamat ruko tersebut agar siapapun dan dari manapun orang dapat mengunjungi tempat usaha anda tersebut, tentunya jika anda sudah mempunyai ruko akan tetapi tidak mempunyai alamat bagaimana orang dapat mengunjungi tempat usaha anda?

Begitu juga dengan domain, merupakan sebuah alamat yang wajib ada agar website anda dapat dengan mudah diingat dan dikunjungi oleh orang dari berbagai penjuru dunia.

Oke, kita lanjut pada Tutorial bagaimana cara membeli Hosting dan Domain di Niagahoster.

1. Buka website Niagahoster di (http://www.niagahoster.co.id)

2. Pilih menu Hosting diatas, kemudian pilih paket hosting yang anda inginkan.

3. Contoh kita akan memilih paket Personal dengan kontrak minimal 6 bulan.

4. Setelah itu anda akan menemukan halaman seperti gambar dibawah ini, pilih kontrak yang anda inginkan apakah 6 bulan, 1 tahun, atau bahkan 3 tahun yang pastinya dengan potongan harga yang berbeda.

5. Pilih “Selanjutnya” dan anda akan menemukan opsi untuk membeli domain, silahkan masukan nama domain yang anda inginkan, setelah itu pilih “cari domain”

6. Jika domain dengan nama yang anda inginkan tersedia akan muncul keterangan seperti gambar dibawah, setelah itu pilih jangka waktu registrasi, tersedia 1-3 tahun dengan harga yang berbeda, sebagai contoh kita memilih registrasi 1 tahun, setelah itu pilih “Tambah ke Cart”

7. Pada halaman berikutnya anda akan menemukan rincian order hosting dan domain, pastikan semuanya sesuai dengan yang anda pesan, setelah itu pilih “Selanjutnya”

8. Kemudian setelah itu anda akan dibawa pada halaman “Checkout” dimana pada halaman ini anda akan diarahkan untuk membuat akun baru di Niagahoster silahkan pilih “Lanjutkan”, atau jika sudah mempunyai akun tinggal login pada halaman tersebut dengan memasukan email dan password anda.

Isi data anda dengan lengkap dibawah ini, dan pilih metode pembayaran yang diinginkan, setelah itu pilih “Proses Checkout”

9. Kemudian anda akan menemukan halaman terima kasih, pilih lanjutkan maka akan masuk member area Niagahoster dan akan menemukan Tagihan yang harus dibayar dengan cara melakukan pembayaran seperti gambar dibawah

10. Setelah melakukan pembayaran dan konfirmasi anda akan mendapatkan email atau pemberitahuan pada member area Niagahoster, terkait data untuk login ke cPanel atau Hosting anda.

11. Setelah itu kita coba login pada cPanel dengan URL cPanel yang terdapat pada email seperti gambar diatas, atau anda bisa mengetikan namadomainanda.com/cpanel pada browser, maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah, silahkan masukan Username dan Password yang terdapat pada email

Artikel ini, beserta beragam tips lainnya, bisa Anda dapatkan di e-book Tutorial WordPress Bagian 2 kami. Download sekarang juga di sini. 


Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan WordPress Hosting yang lebih powerful. Cepat, mudah, dan aman!


Back to list

Mulai Chat