Panduan Domain

Cara Membeli Domain dan Hosting di Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Membeli Domain dan Hosting di Niagahoster



Membeli domain bukanlah hal sulit. Namun, beberapa dari Anda mungkin masih bertanya: "Bagaimana caranya?" Nah, pada panduan ini, kami akan menjelaskan cara membeli domain di Niagahoster dengan beberapa langkah mudah.

Pendahuluan

Untuk membangun sebuah website, ada dua hal utama yang Anda perlukan: hosting dan domain.


Hosting berfungsi untuk menyimpan semua file dari website Anda agar bisa diakses secara online. 


Hosting ibarat sebuah ruko yang Anda sewa untuk bisnis Anda. Seperti halnya ruko, hosting memiliki ukuran dan fasilitas yang berbeda, tergantung jenis website yang Anda bangun dan besarnya space (ruang) yang Anda perlukan. Pastikan semua file website Anda mampu tersimpan dengan baik. 


Sebuah layanan web hosting yang andal akan menyediakan space yang cukup dan fasilitas terbaik sesuai kebutuhan pelanggan. 


Oleh karena itu, Niagahoster menyediakan sebuah layanan hosting murah yang unlimited. Anda tak perlu khawatir kehabisan space ketika menyimpan berbagai file seperti gambar, video dan lainnya. 


Di sisi lain, domain adalah alamat website yang sekaligus identitas online Anda. Domain yang Anda gunakan harus sesuai dengan brand yang ingin Anda bangun. (Kami memiliki tips memilih domain di bagian bawah panduan ini.)


Sebuah domain umumnya diakhiri dengan ekstensi .com. Namun, saat ini terdapat banyak pilihan ekstensi domain. Semuanya bisa Anda dapatkan dengan mudah di Niagahoster sebagai penyedia domain murah mulai dari Rp14.000!

Cara Membeli Domain 

Untuk melakukan pembelian domain di Niagahoster, silakan ikuti langkah berikut ini:

Langkah 1 - Cek Ketersediaan Domain

Anda bisa membeli sebuah domain selama nama domain tersebut belum digunakan orang lain. Oleh karena itu, langkah pertama adalah melakukan pengecekan ketersediaan domain yang Anda inginkan. 


Silakan kunjungi halaman pengecekan domain murah ini: https://www.niagahoster.co.id/domain-murah



Masukkan nama domain yang Anda inginkan, lalu klik Cek Domain. Tunggu proses pengecekannya beberapa saat. 


Jika nama domain tersedia, Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini:



Anda bisa langsung klik Selanjutnya untuk masuk ke tahap pembelian domain.

Langkah 2 - Memilih Ekstensi Domain

Ada kalanya nama domain yang Anda inginkan tidak tersedia. Maka, Anda bisa menggantinya dengan nama berbeda. 


Alternatif lain, Anda bisa menggunakan nama sama dan cukup mengganti ekstensi domainnya saja. 


Banyak pilihan domain yang ditawarkan oleh Niagahoster, antara lain: .co.id, .org, .id, .store, .xyz, dan masih banyak lagi. Di contoh ini, kami memilih domain .xyz yang tersedia dengan harga hanya Rp18.000 per tahun!


Langkah 3 - Membeli Domain

Setelah masuk ke tahap berikutnya, Anda akan mendapatkan rekomendasi paket layanan hosting. Paket hosting ini bisa Anda gunakan untuk nama domain yang akan Anda beli.



Silakan lanjutkan pembelian dengan cara klik Order Tanpa Hosting. (Kami akan menjelaskan cara order hosting di bagian selanjutnya).



Jika muncul penawaran Weebly Website Builder, Anda bisa klik centang apabila menginginkannya. Lalu, klik Selanjutnya.


Langkah 4 - Mengecek Detail Order Pembelian Domain

Di tahapan ini, Anda bisa mendapatkan informasi jumlah pembayaran yang harus Anda lakukan. Jangan lupa untuk pastikan detail order nama domain dan ekstensinya sudah sesuai.



Di bagian bawah, Anda akan melihat penawaran fasilitas tambahan untuk domain Anda. Tentukan yang Anda inginkan lalu klik Selanjutnya.



Jika Anda ingin membangun website lebih mudah, Anda bisa melengkapinya dengan Weebly Website builder mulai dari Rp70.000/bulan. 


Selain itu, untuk layanan proteksi privasi domain, Anda bisa mendapatkannya hanya dengan Rp.40.000/tahun untuk menyembunyikan nama, email dan informasi Anda sekaligus untuk pencegahan pembajakan dan spam.

Langkah 5 - Checkout

Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman checkout. 


Proses pembelian domain membutuhkan informasi lengkap Anda sebagai pemilik. Jadi, jika Anda sebelumnya belum memiliki akun Niagahoster, silakan pilih Daftar Akun. 


Lalu, isikan data diri lengkap Anda pada form seperti di bawah ini:



Jika Anda sudah memiliki akun, cukup klik Login.


Lalu pilihlah metode pembayaran yang ingin Anda gunakan untuk membeli domain. 



Banyak pilihan pembayaran yang tersedia. Mulai dari penggunaan virtual account, kartu kredit, hingga PayPal. Tidak hanya itu, Niagahoster juga memudahkan Anda untuk bisa membayar lewat Minimarket (Indomaret dan Alfamart Group), Go Pay, Ovo hingga transfer manual.  


Jika Anda memiliki kode promo, jangan lupa masukkan kode promosi yang Anda miliki agar mendapatkan potongan harga yang menarik. 


Setelah semua selesai, klik Checkout Sekarang

Langkah 6 - Pembelian Domain Berhasil!

Jika langkah pembelian domain sudah tepat, Anda akan mendapatkan informasi seperti ini:



Silakan klik tautan tersebut untuk masuk ke Member Area Anda. 



Setelah melakukan pembayaran dan dinyatakan berhasil, Anda akan mendapatkan email berisi informasi lengkap domain Anda. 


Selanjutnya, cek status domain dan hosting Anda di Member Area untuk memastikan status sudah Active.


Nah, demikianlah cara membeli domain di Niagahoster. Walaupun ada beberapa langkah yang harus dilakukan, ternyata cukup mudah, ya?


Sesuai yang kami janjikan sebelumnya, kami juga akan membagikan tips membeli domain yang benar. 

Tips Membeli Domain yang Tepat

Seperti Anda ketahui, proses untuk membeli domain cukup cepat. Namun, apakah domain yang Anda beli sudah sesuai kebutuhan? Sebelum melakukan pembelian domain, inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

1. Tentukan Tujuan

Menentukan tujuan penggunaan domain sangat penting. Hal ini akan mencegah Anda menggunakan nama domain yang keliru dan mempermudah pencarian nama domain yang baik.


Sebagai contoh, jika tujuannya untuk website portofolio, gunakanlah nama lengkap Anda sebagai domain. Sebab, akan terlihat jauh lebih profesional. 


Apabila digunakan untuk tujuan bisnis, gunakan nama domain yang sesuai dengan bidang bisnis yang Anda jalankan. 

2. Lakukan Riset

Lakukanlah riset nama domain dengan cermat.


Untuk website bisnis, Anda bisa mempelajari nama website kompetitor Anda. Selain itu, kenali kata kunci yang sering dicari konsumen. Misalnya, untuk toko pakaian, apakah kata yang digunakan adalah clothing, distro, wear, boutique atau lainnya. Hal ini penting untuk membuat domain Anda cepat dikenali.


Pastikan juga bahwa nama domain belum digunakan orang lain. Halaman pengecekan domain murah Niagahoster bisa Anda gunakan untuk riset ini.


Tidak hanya itu, riset juga akun di media sosial. Jangan gunakan nama domain yang sudah digunakan oleh salah satu akun. 

3. Lebih Singkat, Lebih Baik

Selalu gunakan nama domain yang singkat agar mudah diingat. Contohnya, tokojilbab.com tentu lebih mudah diingat dibandingkan tokojualanekajilbab.com. Hal ini akan lebih menarik bagi pengunjung baru maupun pelanggan toko online Anda. 


Apabila nama yang Anda inginkan sudah digunakan, coba gunakan kata alternatif. Misalnya, rumahjilbab.com, pusatjilbab.com, dan lainnya. Atau Anda bisa menambahkan kata sifat seperti jilbabmurah.com atau jilbabcantik.com

4.  Hindari Karakter Unik

Karakter khusus seperti tanda penghubung (-) memang bisa digunakan. Namun, karakter ini akan menyulitkan pengunjung saat menuliskan nama domain Anda. 


Tidak hanya itu, penyebutan karakter tersebut ketika saling berbagi informasi juga rentan menimbulkan kesalahpahaman. Hasilnya, pengunjung bisa saja menuliskan nama domain yang keliru. 

5. Hindari Angka

Selain karakter khusus, sebisa mungkin hindari penggunaan angka. 


Walaupun terlihat singkat, penggunaan angka juga bisa menimbulkan kesalahpahaman. Misalnya, jika Anda menggunakan domain 1000.com, pengunjung bisa keliru mengingatnya sebagai seribu.com.


Terlebih lagi jika Anda menggunakan angka sebagai kombinasi dengan huruf seperti tokoba7u.com untuk toko baju online Anda. Tentu akan lebih sulit diingat.

6. Utamakan .com

Selalu upayakan menggunakan domain berakhiran .com. Alasannya, ekstensi .com sudah dikenal masyarakat luas. Dengan demikian, lebih mudah bagi orang lain mengingat nama domain yang Anda miliki. 


Penggunaan ekstensi selain .com mengharuskan orang lain mengingat ekstensi secara lengkap. Hal ini bisa menyebabkan kesalahan ketik yang justru akan mengarahkan ke website lain.


Jika terpaksa menggunakan ekstensi selain .com, gunakan ekstensi sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya untuk toko online, gunakan .store. Untuk bisnis teknologi, gunakanlah .tech. Lalu, untuk usaha pertanian, bisa menggunakan .farm.

7. Hargai Nama dengan Hak Cipta

Ketika membeli domain, Anda bisa saja menggunakan nama yang memiliki hak cipta. Agar tidak berimplikasi hukum, hindari penggunaan nama seperti itu. 


Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa mengunjungi https://www.uspto.gov/. Jika nama yang Anda sukai sudah terdaftar lebih baik gunakan nama lain. 

Cara Membeli Domain dan Hosting

Di bagian sebelumnya kami sudah menjelaskan cara membeli domain saja.  Nah, pada bagian ini, kami akan memberikan panduan membeli domain dan hosting secara bersamaan. 


Dua langkah awal untuk membeli domain dan hosting adalah sama. Inilah langkah untuk membeli domain dan hosting:

1. Cek Ketersediaan

Seperti pada penjelasan sebelumnya, Anda bisa mengecek status ketersediaan domain yang Anda inginkan di halaman berikut: https://www.niagahoster.co.id/domain-murah

2. Pilih Ekstensi yang Diinginkan

Lanjutkan dengan memilih ekstensi domain yang Anda inginkan. Sekali lagi, utamakan penggunaan .com. Jika tidak tersedia, gunakan domain alternatif seperti .xyz, .store dan lainnya.

3. Membeli Domain dan Hosting

Setelah menentukan nama domain yang Anda inginkan, Anda akan mendapatkan rekomendasi hosting. Silakan pilih Order Hosting seperti tampilan di bawah ini:



4. Memilih Layanan Hosting

Anda akan masuk pada halaman untuk memilih layanan web hosting seperti terlihat pada tampilan di bawah ini:



Tentukan durasi dari langganan layanan hosting yang Anda inginkan. Anda juga mengganti pilihan Paket Hosting Anda pada menu dropdown yang tersedia.


Paket dengan durasi yang lebih lama memberikan benefit (nilai manfaat) yang lebih besar. 


Konfirmasikan pembelian paket hosting yang Anda inginkan dan klik Tambahkan ke Cart. 



Anda akan masuk ke halaman berikutnya yaitu Fitur Pendukung



Terdapat tiga fitur pendukung yang bisa Anda pilih: Auto Install WordPress untuk kemudahan instalasi CMS, SSL Certificate untuk mendukung keamanan, dan WHOIS Protection untuk menjaga privasi domain Anda. 


Jika sudah menentukan pilihan, klik Checkout Sekarang.

5. Menyelesaikan Pembayaran

Langkah pembelian domain hampir selesai. Anda bisa menentukan jenis pembayaran yang ingin digunakan untuk transaksi ini. 



Niagahoster menyediakan pilihan metode pembayaran lengkap yang akan memudahkan Anda. Mulai dari penggunaan virtual account, kartu kredit, minimarket, dompet digital hingga transfer manual.


Perlu diingat, pastikan Anda sudah memberikan informasi diri Anda sebagai pemilik domain. Jika belum memiliki akun, silakan untuk melakukan registrasi sesuai dengan identitas Anda. 



Selanjutnya, lakukan pengecekan kembali apakah nama domain yang akan Anda beli sudah benar. 



Seperti yang Anda lihat, jika  melakukan pembelian paket hosting personal di Niagahoster selama satu tahun, seperti di contoh ini, Anda mendapatkan sebuah domain gratis. Bahkan jika Anda memiliki kupon promo, Anda juga bisa menggunakannya


Jika sudah selesai, klik Checkout Sekarang.

6. Pembelian Sukses!

Setelah tahapan pembelian berhasil dilakukan Anda akan mendapatkan informasi beserta link untuk konfirmasi pembayaran. Pastikan untuk segera melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo. 



Demikianlah panduan yang kami berikan. Sekarang Anda sudah tahu cara membeli domain, kan? Semoga informasi ini bermanfaat dan memudahkan Anda membeli domain dan hosting. 


Sudah siap untuk membangun sukses online Anda?


Artikel Terkait Cara Membeli Domain dan Hosting di Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.