Serba-Serbi

Cara Melihat Log Error Cron Job Melalui cPanel Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Melihat Log Error Cron Job Melalui cPanel Niagahoster

Diperbarui pada 22 November 2021


Cron adalah alat pada sistem operasi berbasis UNIX (Linux, Ubuntu, dan lain-lain) yang berfungsi untuk menjalankan task atau script secara otomatis. Oleh karena itu, Cron Job adalah sebutan penggunaan Cron untuk menjadwalkan task di waktu yang sudah ditentukan secara berulang kali.


Cron Job tidak hanya dapat digunakan untuk backup, pemeliharaan server, dan keperluan teknis hosting saja, namun juga dapat digunakan untuk memeriksa broken link secara berkala atau mengirim pesan kepada subscriber.


Namun saat Cron Job mengalami eror, Anda tidak dapat melihat log atau catatan kejadian eror tersebut. Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan bagi Anda atau developer.


Untuk itu, panduan ini akan membahas cara menampilkan log error Cron Job di dalam sebuah file output agar Anda dapat mengecek apakah Cron telah berjalan dengan semestinya.


Silakan mengikuti langkah-langkah berikut.



Langkah-langkah Melihat Log Error Cron Job Melalui cPanel Niagahoster


1. Masuk ke Member Area Niagahoster. Pilih menu Layanan Anda pada bagian kiri, kemudian klik menu Hosting.



2. Klik menu Kelola Hosting pada paket hosting milik Anda.




3. Anda akan masuk ke halaman Pengaturan Hosting. Pilih tab cPanel pada bagian atas.




4. Pilih menu File Manager.




5. Anda akan diarahkan ke halaman File Manager, klik folder public_html pada bagian kiri.




6. Klik tombol File pada bagian kiri atas untuk menambahkan file baru.




7. Masukkan nama file dari log Cron Job Anda. Pada panduan ini kami menggunakan contoh nama file cron.log, kemudian klik tombol Create New File untuk membuat file baru.




8. Jika file telah berhasil dibuat, Anda akan melihat nama file telah ditampilkan pada daftar file dari folder public_html.




9. Silakan kembali ke halaman Pengaturan Hosting pada Niagahoster, kemudian klik menu Cron Job.




10. Anda akan diarahkan ke halaman Cron Jobs.




11. Gulir ke bagian bawah hingga bagian Add New Cron Job. Selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada perintah Cron yang diinginkan. Misalnya Anda ingin menjalankan sebuah perintah shell atau skrip pada website dalam tempo waktu lima menit sekali serta kemudian menampilkan log dari Cron. 




12. Klik pilihan yang terdapat pada kolom Common Settings, kemudian tentukan pengaturan yang Anda inginkan. Pada panduan ini kami menggunakan contoh pengaturan Once Per Five Minutes, yang artinya perintah shell pada website serta log dari Cron akan ditampilkan dalam waktu lima menit sekali.




13. Anda akan melihat kolom Minute, Hour, Day, Month dan Weekday telah terisi secara otomatis. Kemudian masukkan perintah berikut ke dalam kolom Command dan klik tombol Add New Cron Job.


php -q /home/niagahoster/public_html/index.php >> /home/niagahoster/public_html/cron.log 2>&1





14. Ganti huruf niagahoster dengan username cPanel Anda. Username bisa didapatkan pada bagian pojok kanan atas halaman Cron Job. 



15. Ganti huruf index.php dengan nama file Cron Job milik Anda yang ingin dilihat log errornya. Pada panduan ini kami menggunakan contoh nama file index.php. Maka keseluruhan perintah dalam Command akan menjadi seperti berikut.




16. Klik tombol Add New Cron Job untuk menambahkan Cron Job baru.




17. Anda akan melihat notifikasi bahwa Cron Job baru telah berhasil dibuat dan ditampilkan ke dalam daftar Current Cron Jobs seperti contoh di bawah ini.




18. Anda telah berhasil melakukan pengaturan Cron Job. Langkah selanjutnya adalah menunggu dalam waktu yang telah ditentukan pada pengaturan Common Setting tadi. Dalam panduan ini menggunakan contoh waktu lima menit, maka harus menunggu selama lima menit untuk melihat hasil log Cron Job.


Masuk kembali ke halaman Pengaturan Hosting pada Niagahoster, kemudian pilih menu File Manager.




19. Pilih folder public_html pada bagian kiri.




20. Klik kanan pada file cron.log, kemudian pilih View untuk melihat isi file.




22. Selamat! Anda telah berhasil melihat log Cron Job.



Artikel Terkait Cara Melihat Log Error Cron Job Melalui cPanel Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?