Panduan Billing dan Pembayaran

Cara Melakukan Upgrade Paket Hosting Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Melakukan Upgrade Paket Hosting Niagahoster

Diperbarui 14 Oktober 2022


Web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. File dan data website tersebut bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database.


Upgrade hosting merupakan proses perubahan jenis paket hosting ke spesifikasi yang lebih tinggi dari yang digunakan saat ini. Misalnya saat ini Anda menggunakan paket Personal - Unlimited Hosting, kemudian ingin melakukan upgrade ke paket Bisnis - Unlimited Hosting.


Perlu Anda ketahui bahwa proses upgrade hosting di Niagahoster tidak dikenakan biaya apabila upgrade dilakukan pada sesama produk. Namun, Anda akan dikenakan biaya jika upgrade ke produk hosting yang berbeda. Misalnya, upgrade dari Paket Pelajar - Unlimited Hosting ke Paket Basic - Cloud Hosting.


Saat Anda melakukan upgrade paket hosting pada sesama produk, masa aktif paket Anda akan menjadi berkurang. Berikut adalah contoh perhitungan sisa masa aktif paket.

Contoh Penghitungan Sisa Masa Aktif Paket

Paket Hosting (Sebelum)

Harga Paket Per Tahun

Sisa Masa Aktif (Sebelum)

Personal - Unlimited Hosting

Rp987.600

364 hari


Paket Hosting (Sesudah)

Harga Paket Per Tahun

Sisa Masa Aktif (Sesudah)

Bisnis - Unlimited Hosting

Rp1.845.600

194 hari


Angka 194 hari (sisa masa aktif setelah upgrade) didapatkan dari harga Paket Personal per tahun dibagi harga Paket Bisnis per tahun, kemudian dikali dengan sisa masa aktif Paket Personal Anda.


= Rp987.600 / Rp1.845.600 = 0.53

= 0.53 X 364 hari = 194 hari.

Langkah-Langkah Melakukan Upgrade Hosting di Niagahoster

Silakan mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan upgrade Hosting di Niagahoster. Kami memiliki 2 panduan berdasarkan versi Member Area. Pilih salah satu panduan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Panduan Member Area Lama
  2. Panduan Member Area Baru

Panduan Member Area Lama

1. Masuk ke Member Area Niagahoster. Pilih menu Layanan Anda, kemudian klik submenu Hosting.

 

2. Pilih layanan hosting aktif yang Anda miliki, kemudian klik tombol Kelola Hosting.

 

3. Gulir ke bagian Akun Hosting Anda. Untuk melakukan upgrade paket hosting Anda, klik tombol Upgrade.

 

4. Layar pop-up Upgrade Layanan Hosting akan ditampilkan seperti ini. Tentukan pilihan upgrade paket dengan cara klik nama paket hosting yang Anda butuhkan.

 

5. Anda turut dapat menentukan durasi atau siklus pembayaran paket hosting.

 

6. Tepat di bawahnya, Anda dapat membaca informasi perhitungan sisa masa aktif paket setelah melakukan upgrade. Untuk melanjutkan proses, klik tombol Upgrade Sekarang.

 

7. Anda akan diarahkan ke layar pop-up yang berisi informasi Syarat dan Ketentuan Upgrade Layanan Hosting. Silakan baca dan pahami persyaratan terlebih dahulu, kemudian beri tanda centang pada checkbox “Saya telah menyetujui Syarat dan Ketentuan Upgrade Layanan Hosting”. Untuk menyelesaikan proses upgrade, klik tombol Upgrade Hosting.

 

8. Jika Anda melihat pop-up notifikasi berikut, maka selamat! Anda telah berhasil melakukan upgrade paket hosting di Niagahoster.

Panduan Member Area Baru

1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

 

2. Gulir halaman ke bagian Layanan Anda dan klik tab cPanel Hosting. Pilih layanan hosting aktif yang Anda miliki, kemudian klik tombol Kelola Layanan di sebelah kanan.

 

3. Anda akan diarahkan ke halaman Kelola Hosting. Halaman yang berisi informasi detail hosting serta fitur pengelolaan hosting. Untuk melakukan upgrade paket hosting, klik tombol Upgrade Layanan pada card Detail paket layanan

 

4. Layar pop-up Upgrade Layanan akan ditampilkan seperti ini. Tentukan pilihan upgrade paket dengan cara klik nama paket hosting yang Anda butuhkan. 


Sebagai contoh, kami akan melakukan upgrade ke paket Personal - Unlimited Hosting. Proses upgrade ini tidak dikenakan biaya (gratis) karena dilakukan pada sesama produk.

 

5. Gulir layar ke bawah untuk menentukan durasi atau siklus pembayaran paket hosting. Tepat di bawahnya, Anda dapat membaca informasi perhitungan sisa masa aktif paket setelah melakukan upgrade. Untuk melanjutkan proses, klik tombol Lanjutkan.

 

6. Anda akan diarahkan ke layar pop-up yang berisi informasi Syarat dan Ketentuan Upgrade Layanan Hosting. Silakan baca dan pahami persyaratan terlebih dahulu, kemudian beri tanda centang pada checkbox “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku”. Untuk menyelesaikan proses upgrade, klik tombol Upgrade Sekarang.

 

7. Jika Anda melihat pop-up notifikasi berikut, maka selamat! Anda telah berhasil melakukan upgrade paket hosting di Niagahoster.

Apakah Bisa Downgrade Paket Hosting?

Downgrade hosting merupakan proses perubahan jenis paket hosting ke spesifikasi yang lebih rendah dari yang digunakan saat ini


Sebagai informasi, downgrade paket hosting tidak dapat dilakukan oleh Niagahoster karena dapat menyebabkan terjadinya eror pada website Anda. Hal ini disebabkan perbedaan resource pada setiap paket hosting. Jika melakukan downgrade, otomatis resource hosting yang didapatkan akan lebih kecil dari sebelumnya.


Untuk solusi alternatif, Anda dapat memanfaatkan Niagahoster Poin untuk mendapat potongan diskon perpanjangan.


Sekian informasi mengenai upgrade dan downgrade layanan hosting Niagahoster. Pantau terus halaman promo hosting murah kami untuk mendapatkan penawaran spesial dan info menarik lainnya!


Artikel Terkait Cara Melakukan Upgrade Paket Hosting Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?