FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Cara Melakukan Remote MySQL Melalui cPanel Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Melakukan Remote MySQL Melalui cPanel Niagahoster


Video Panduan Melakukan Remote MySQL Melalui cPanel Niagahoster

 


Untuk tutorial tanpa video, silakan ikuti tahapannya secara rinci sesuai panduan berikut

 

Jika Anda ingin menghubungkan database Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak dapat dijalankan melalui server, misalnya MySQL client pada komputer desktop, Anda dapat menggunakan koneksi Remote MySQL. Pertama-tama, Anda harus membuka izin koneksi ini melalui cPanel agar dapat dihubungkan dengan IP address yang Anda gunakan.



Ada beberapa program yang bisa Anda gunakan agar dapat terhubung dengan database milik Anda secara remote. Editor HTML seperti DreamWeaver pun sebenarnya bisa Anda gunakan untuk menghubungkan database. Anda juga dapat memanfaatkan program Open Source gratisan seperti MySQL Workbench atau Heidi SQL untuk melakukannya.


Cara Menambahkan IP Address untuk Menghubungkan MySQL secara Remote

Untuk mengawali, Anda harus memastikan IP address mana yang akan digunakan untuk mengakses database tersebut. Hal ini berkenaan dengan aturan proteksi database yang hanya mengizinkan adanya koneksi eksternal apabila sebelumnya Anda telah melakukan pengaturan terlebih dahulu Anda dapat mendapatkan IP publik yang digunakan dengan mengakses ipsaya.com. Setelah itu, Anda dapat masuk ke akun cPanel Anda dan klik pilihan “Remote MySQL” di bawah tulisan “Databases”.


Apabila Anda sudah memasukkan IP Address pada Remote MySQL, Anda dapat terhubung dengan database yang diinginkan. Selain itu Anda juga dapat menambahkan IP Address lain sebanyak yang Anda butuhkan.


Menggunakan Wildcard untuk Memberikan Izin pada Semua IP Address

Anda dapat memasukkan semua IP dengan menggunakan fitur “wildcard” apabila IP Address Anda berubah-ubah. Wildcard ini dapat diaktifkan dengan cara menambahkan simbol %. Penambahan ini berfungsi untuk memasukkan semua IP Address yang ada pada rentang tertentu.


Sebagai contoh, apabila Anda ingin memasukkan semua IP Address dalam rentang 174.77.92.1 hingga 174.77.92.255, maka Anda perlu menuliskannya seperti ini: 144.77.92.% atau cukup masukan %.%.%.% jika Anda ingin semua IP dapat mengakses database mysql Anda.



Masalah Koneksi MySQL secara Remote yang Sering Muncul

Terkadang muncul permasalahan gangguan koneksi yang berhubungan dengan remote connection tool yang Anda gunakan. Permasalahan ini sering disebut Error 1045 atau biasanya identik dengan ‘1045 - access denied for user’. Apabila Anda mengalami permasalahan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengecekan ulang:


* Cek Password cPanel Anda

Banyak pengguna terhubung secara remote menggunakan username dan password cPanel-nya tanpa membuat akun tunggal dengan level akses administratif (single administrative user) pada database. Cara ini sebenarnya kurang disarankan karena dapat sedikit membingungkan. Permasalahan yang biasa terjadi dan kerap menyebabkan gangguan koneksi adalah Anda mengubah password cPanel namun belum mengubahnya pada pengaturan Remote connection di aplikasi yang Anda gunakan. Ubah passwordnya dan Anda dapat kembali melakukan koneksi dengan normal.


* Pastikan IP yang Terhubung Tidak Berubah

Tidak semua pengguna mendapatkan static IP Address. Penyedia layanan internet Anda (ISP) dapat sewaktu-waktu mengubah IP Address publik milik Anda. Jika itu permasalahannya, wajar saja apabila Anda tidak dapat terhubung secara remote menggunakan aplikasi yang Anda gunakan. Untuk mengatasinya, pertama-tama Anda harus mengetahui IP Address yang sedang gunakan terlebih dahulu.


Setelah Anda mengetahui IP Address yang sedang digunakan, pastikan bahwa IP Address tersebut berada dalam daftar IP Address yang diizinkan penggunaannya pada pengaturan Remote MySQL Anda. Jika IP Address tersebut belum tercantum di dalam daftar, tambahkan IP Address yang dimaksud dan setelah itu Anda dapat terhubung secara remote kembali.


Artikel Terkait Cara Melakukan Remote MySQL Melalui cPanel Niagahoster