Panduan Hosting cPanel

Cara Konfigurasi Email pada Microsoft Outlook

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Konfigurasi Email pada Microsoft Outlook

Diperbarui pada 29 Mei 2020

Anda dapat melakukan konfigurasi email bisnis dengan mudah menggunakan Microsoft Outlook. Hal yang perlu Anda siapkan hanyalah nama, alamat email, dan password email.

Panduan ini menggunakan Microsoft Outlook 2013. Jika menggunakan versi lebih baru, Anda tidak perlu khawatir karena konfigurasi serta menunya tidak banyak berubah.

Terdapat dua pilihan konfigurasi: konfigurasi otomatis menggunakan IMAP dan konfigurasi manual menggunakan POP3. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan konfigurasi keduanya.


Konfigurasi Email Otomatis: IMAP


1. Buka aplikasi Microsoft Outlook

2. Pilih menu File, kemudian klik Add Account.

3. Pada tautan Choose account type, pilih IMAP.



4. Beri tanda centang pada kotak centang Email Account. Kemudian, masukkan informasi Anda pada kolom isian: Your Name, E-mail Address, Password, dan Retype Password. Klik Next untuk melanjutkan.



5. Proses konfigurasi memerlukan waktu beberapa menit untuk menemukan email dan terhubung dengan server email Anda. Setelah selesai, Anda akan melihat notifikasi seperti di bawah ini. Klik Finish untuk menyelesaikan proses konfigurasi.



6. Selamat! Akun email Anda telah dapat diakses menggunakan Microsoft Outlook. 



NB: Jika terjadi kendala ketika melakukan konfigurasi otomatis, Anda dapat mengikuti tutorial manual di bawah ini.


Konfigurasi Email Manual: POP3

Anda juga dapat melakukan konfigurasi email manual pada Microsoft Outlook. Konfigurasi manual secara umum lebih merepotkan dibandingkan pengaturan otomatis. Hal ini dikarenakan Anda perlu memasukkan konfigurasi yang sesuai bagi keperluan Anda. 

Meskipun demikian, konfigurasi manual sangat berguna apabila Anda menemukan kendala ketika melakukan konfigurasi otomatis. Dalam panduan ini, pengguna diasumsikan menggunakan rincian konfigurasi seperti berikut.


SMTP Host: domainuser.com

SMTP PORT: 465 / 587

TLS: enabled

IMAP/POP3 Host: domainuser.com

POP3 Port: 995 / 110

SSL: enabled


Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan konfigurasi manual.

1. Buka aplikasi Microsoft Outlook.

2. Klik menu File, kemudian pilih Add Account.

outlook1


3. Pada bagian Advanced Setup, klik menu POP.

outlook2


4. Isi rincian konfigurasi pada kolom isian yang tersedia. Pastikan Anda menandai kotak centang This server requires an encrypted connection (SSL/TLS). Klik Next untuk melanjutkan.

outlook3


5. Isi password akun email Anda pada kolom isian yang tersedia. Klik Connect untuk menghubungkan akun email.

outlook4


6. Selamat! Anda telah berhasil melakukan konfigurasi email menggunakan Microsoft Outlook. Klik Done untuk menyelesaikan proses konfigurasi.

outlook5



Artikel Terkait Cara Konfigurasi Email pada Microsoft Outlook

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

whatsapp