Panduan Hosting cPanel

Cara Melakukan Konfigurasi Email pada Outlook

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Melakukan Konfigurasi Email pada Outlook


Melakukan konfigurasi email pada Outlook sangat mudah. Kami memberikan tutorial berupa video dan manual. Berikut caranya:


Panduan Video


Microsoft Outlook adalah personal manager resmi milik Microsoft yang termasuk dalam Microsoft Office Suite. Outlook memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengirim dan menerima email serta melakukan aktivitas yang berhubungan dengan email lainnya.


Konfigurasi Otomatis

Anda dapat mengkonfigurasikan email bisnis Anda pada Microsot Outlook dengan sangat mudah. Yang diperlukan hanya nama Anda, alamat email bisnis Anda, serta password email bisnis Anda.

Jika Anda telah memiliki atau menginstall Micorosoft Outlook pada komputer Anda, kini saatnya Anda mulai mengkonfigurasikan email bisnis Anda. Pada contoh di bawah, kami menggunakan Microsot Outlook 2013. Ikuti panduannya di bawah ini:

1. Klik menu File > Add Account


2. Isikan setiap slot sesuai dengan petunjuk, kemudian klik Next,

  • Your name: nama yang Anda pakai untuk email
  • E-mail Address: email bisnis Anda
  • Password: password email bisnis Anda
  • Retype Password: ketik ulang password email bisnis Anda. Pastikan keduanya sama persis


3. Konfigurasi ini memerlukan waktu beberapa menit agar sistem dapat menemukan email bisnis Anda dan login ke server tersebut. Setelah selesai, Anda akan mendapati pop-up notifikasi seperti di bawah ini. Klik Finish.


4. Selesai! Akun email bisnis Anda kini sudah aktif pada Microsoft Outlook. Begini tampilannya pada Microsoft Outlook 2013.


PS: Jika terjadi kendala untuk melakukan konfigurasi otomatis, Anda dapat mengikuti tutorial manual seperti di bawah ini.


Konfigurasi Manual

Sebelum memulai, user harus memastikan bahwa mereka menginstal Microsoft Outlook 2007. Untuk konfigurasinya sendiri, diasumsikan user menggunakan konfigurasi di bawah ini:

  • SMTP Host: domainuser.com
  • SMTP PORT: 587
  • TLS: enabled
  • IMAP/POP3 Host: domainuser.com
  • POP3 Port: 993
  • SSL: enabled

Sementara untuk akun email, user akan menggunakan:

Berikut adalah cara untuk membuat akun email pada Microsoft Outlook:


  1. Klik Microsoft Outlook 2007 > Tools > Account Setting


  1. Klik New yang ada di bawah tab Email, kemudian centang untuk mengkonfigurasi secara manual.


  1. Klik Internet E-mail pada tab selanjutnya, kemudian klik Next.


  1. Isikan data sesuai dengan konfigurasi di atas, dengan tipe akun POP3.


  1. Ada dua langkah untuk menyelesaikan tahapan ini.

(a) Klik More Setting untuk konfigurasi lebih lanjut.

Akan terdapat patch untuk menyelesaikan masalah 505 error pada CentOS 6.x seperti setting di langkah selanjutnya.

(b) Centang boks Outgoing Server (SMTP) requires authentication, kemudian pilih opsi “Use same setting as my incoming mail server”.


  1. Klik tab Advanced untuk mengubah PORT dan TLS. Ubah menjadi:

Outgoing server (SMTP): 587 Use the following type of encrypted connection : TLS

Penting: Pastikan untuk memilih Leave a copy of messages on the server jika Anda ingin membackup email Anda di server Niagahoster.


  1. Klik OK dan Test Account Settings untuk melihat setup yang telah dilakukan. Setelahnya, klik Finish.




















Artikel Terkait Cara Melakukan Konfigurasi Email pada Outlook