Panduan Hosting cPanel

Cara Konfigurasi Email pada Microsoft Outlook

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Konfigurasi Email pada Microsoft Outlook

Diperbarui 11 Juli 2022


Penting:
Karena masalah keamanan dan kompatibilitas, saat ini Niagahoster hanya memberikan dukungan terhadap outlook versi minimal 2013 dan OS minimal Windows 8.


Anda dapat melakukan konfigurasi email bisnis dengan mudah menggunakan Microsoft Outlook. Hal yang perlu Anda siapkan adalah nama, alamat email, password email, incoming mail server, dan outgoing mail server.


Panduan ini menggunakan Microsoft Outlook 2007. Jika menggunakan versi lebih baru, Anda tidak perlu khawatir karena konfigurasi serta menunya tidak banyak berubah.


Terdapat beberapa pilihan konfigurasi email pada Microsoft Outlook. Pada panduan ini hanya akan dijelaskan konfigurasi menggunakan IMAP. Nantinya, setelah selesai melakukan konfigurasi, seluruh konten email bisa Anda buka melalui Microsoft Outlook.

Langkah-langkah Konfigurasi Email: IMAP di Microsoft Outlook

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan konfigurasi IMAP pada Microsoft Outlook.


1. Buka aplikasi Microsoft Outlook.


2. Pilih menu Tools, kemudian klik submenu Account Settings.


3. Jendela Account Settings akan tampil pada layar. Pilih tab Email, lalu klik New.


4. Anda akan melihat jendela Add New E-mail Account. Silakan centang checkbox Manually configure server settings or additional server types di bagian bawah. Kemudian, klik tombol Next untuk melanjutkan konfigurasi.


5. Pilih opsi layanan Internet E-mail, kemudian klik tombol Next.


6. Anda perlu melengkapi informasi berikut ini:


User Information

Your Name: Nama Anda

E-mail: Alamat email Anda


Server Information

Account Type: IMAP

Incoming mail server: mail.namadomain.com (Pastikan mail server dapat Anda akses)

Outgoing mail server (SMTP): mail.namadomain.com (Pastikan mail server dapat Anda akses)


Logon Information

User Name: Alamat email Anda

Password: Password email Anda


Setelah itu, klik tombol More Settings di bagian bawah.


7. Anda akan diarahkan ke jendela Internet E-mail Settings.


7.1. Pada tab Outgoing Server, centang checkbox My outgoing server (SMTP) requires authentication. Kemudian, pilih opsi User same settings as my incoming mail server.


7.2. Pada tab Advanced, lakukan konfigurasi berikut:


Incoming server (IMAP): 993

Type of encrypted connection: SSL

Outgoing server (SMTP): 465

Type of encrypted connection: SSL


Untuk menyimpan konfigurasi, klik tombol OK.


8. Jalankan uji coba konfigurasi dengan klik tombol Test Account Settings.


9. Jika konfigurasi email berhasil, Anda akan mendapatkan 2 informasi:

  • Log onto incoming mail server (IMAP) - Completed
  • Send test e-mail message - Completed

Untuk melanjutkan, klik tombol Close.


10. Sekarang Anda dapat melanjutkan ke proses terakhir dengan klik tombol Next.


11. Selamat! Konfigurasi email IMAP telah selesai. Klik tombol Finish


12. Konfigurasi email Anda berhasil tersimpan di Microsoft Outlook. Klik tombol Close.


13. Anda akan beralih ke jendela utama Microsoft Outlook.


13.1. Klik alamat email Anda di bagian sebelah kiri. Kemudian, pilih menu Inbox untuk menampilkan daftar kotak masuk email. Untuk membaca isi pesan, klik pesan.


13.2. Isi pesan lengkap akan ditampilkan di sebelah kanan.




Artikel Terkait Cara Konfigurasi Email pada Microsoft Outlook

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?