Panduan Hosting cPanel

Cara Melakukan Konfigurasi Email pada Mozilla Thunderbird

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Melakukan Konfigurasi Email pada Mozilla Thunderbird

Diperbarui pada 8 April 2021


Mozilla Thunderbird adalah aplikasi free dan open source yang bisa digunakan untuk mengelola akun email dengan mudah. Banyak fitur yang disediakan aplikasi ini, seperti filter email, pencarian email, pengelolaan berkas besar, hingga keamanan cyber.


Fitur menarik lain yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi ini, antara lain:

  • Attachment Reminder: Fitur ini bisa mengingatkan Anda untuk tidak lupa melampirkan dokumen atau file saat mengirim email.
  • Tabbed Email: Fitur ini bisa memuat atau membuka email pada tab yang terpisah. Misalnya, Anda ingin membuka banyak email dalam waktu yang bersamaan.
  • Smart Folders: Folder ini bisa membantu Anda untuk mengelola banyak akun email. Folder Inbox, Terkirim, dsb. meski berbeda akun dapat dikelompokkan dalam satu folder.
  • Quick Filter Toolbar: Fitur ini dapat membantu Anda untuk menyaring email dengan cepat. Anda bisa mengetik pada kotak pencarian atau menggunakan filter tertentu.
  • Add-ons Manager: Fitur ini bisa membantu Anda mencari Add-ons dengan mudah. Terdapat review dan rating untuk menjadi pertimbangan sebelum dipasang.
  • Phishing Protection: Fitur ini dapat membuat Anda terhindar dari email yang terindikasi phishing. Peringatan akan muncul untuk mengingatkan Anda supaya hati-hati.

Download Mozilla Thunderbird

Bagi Anda yang belum memiliki Mozilla Thunderbird, bisa berkunjung ke website resminya untuk mengunduh, lalu memasangnya pada PC.

Download Mozilla Thunderbird (Edit)

Konfigurasi Otomatis Email pada Mozilla Thunderbird

Berikut cara untuk melakukan konfigurasi otomatis email bisnis atau pribadi di Mozilla Thunderbird:


Catatan: Pastikan jaringan internet telah terhubung ke PC Anda.


1. Silakan, buka aplikasi Thunderbird yang telah Anda instal. Jendela untuk set up email akan muncul secara otomatis. Isi nama, alamat email, dan password email Anda. Kemudian, klik Continue.

1 Atur Akun Surel yang Sudah Ada (Edit)


Tetapi, jika jendela untuk set up email tidak muncul (tidak sengaja tertutup), Anda bisa klik ikon email yang ada di situ. Jendelanya akan terbuka lagi. Kemudian, isi data yang dibutuhkan.

1a (Edit)


2. Setelah Anda klik Continue pada langkah ke-1, jika data yang dimasukkan sesuai. Terdapat pesan “Configuration found in Mozilla ISP database”. Kemudian, Protocol yang dipilih adalah IMAP. Supaya data email tersimpan secara remote. Lalu, klik Done untuk melanjutkan.

2 Konfigurasi ditemukan   Done (Edit)


3. Kebetulan dalam artikel ini menggunakan layanan Gmail, sehingga perlu memasukkan password Gmail di jendela baru. Klik Berikutnya terlebih dahulu.

3 Klik Berikutnya (Edit)


Kemudian, masukkan password Gmail dan klik Sign in untuk melanjutkannya.

3a (Edit)


4. Mozilla Thunderbird meminta izin kepada Anda untuk mengakses perintah membaca, menulis, mengirim, dan menghapus permanen semua email Anda dari Gmail. Klik Allow untuk mengizinkannya.

4 Permintaan Akses dari Thunderbird   Allow (Edit)


Catatan: Anda perlu mengizinkan akses tersebut, supaya fitur Thunderbird bisa digunakan secara penuh untuk mengelola konten email dari layanan Gmail Anda. Tentu semua itu, dilakukan oleh Anda sendiri, saat nanti menggunakan Thunderbird.


5. Berikut tampilan Mozilla Thunderbird ketika berhasil memuat email Anda. Biasanya ada proses loading dahulu sebelum konten email ditampilkan semua. Setelah itu, Anda bisa menggunakan fitur di aplikasi ini untuk mengelola email.

5 Mozilla Thunderbird berhasil membuka email (Edit)

Konfigurasi Manual Email pada Mozilla Thunderbird

Sementara itu, Anda juga bisa melakukan konfigurasi manual email di Mozilla Thunderbird. Berikut ini langkah-langkahnya:


Catatan: Pastikan jaringan internet telah terhubung ke PC Anda.

Cek Informasi Mail Client Manual

1. Anda perlu login ke Member Area Niagahoster. Kemudian, masuk ke menu Layanan Anda, dan pilih sub menu Hosting. Selanjutnya, pilih salah satu layanan hosting. Lalu, klik Kelola Hosting.

1 Layanan Anda   Hosting   Kelola Hosting (Edit)


2. Anda akan masuk ke Pengaturan Hosting. Pilih tab cPanel, kemudian klik Email Account.

2 cPanel   Email Account (Edit)


3. Selanjutnya akan tampil daftar akun email Anda. Pilih salah satu akun tersebut, kemudian klik Connect Devices.

3 Pilih Webmail   Klik Connect Devices (Edit)


4. Anda perlu menggulir ke bawah hingga menemukan informasi Mail Client Manual Settings. Biarkan halaman ini terbuka yang nanti akan digunakan untuk set up di Thunderbird.

4 Informasi Mail Client Manual Settings (Edit)

Set Up Mail di Thunderbird

1. Silakan buka Mozilla Thunderbird di PC Anda. Kemudian, klik Email untuk mulai melakukan set up.

1 Klik Set Up Email (Edit)


2. Muncul jendela untuk mengisi data, antara lain: Nama, alamat email, dan password email Anda. Silakan, isi tiga data itu dahulu. Kemudian, klik Configure manually.

2 Isi Data   Klik Configure Manual (Edit)


3. Anda bisa mengikuti informasi Mail Client Manual Settings yang ada di cPanel (langkah ke-4 di atas). Perhatikan pada Protocol, Server, Port, Authentication, dan Username.


Anda bisa klik Re-test untuk menguji apakah respon server telah sesuai. Nanti, akan muncul notifikasi seperti ini.

3a Konfigurasi ditemukan   Done


Setelah itu, Anda bisa klik Done untuk menyimpannya.

3b Configure Manual   Klik Done (Edit)


4. Terakhir, email Anda sudah berhasil terkonfigurasi pada Thunderbird. Anda bisa menggunakan fitur email seperti biasanya. Seperti membuka Inbox, Sent, Archive, dsb.

4 Berhasil Konfigurasi (edit)

Remove Account

Berikut cara menghapus akun yang telah terkonfigurasi dengan Mozilla Thunderbird:


1. Anda bisa mencari tulisan Account Settings yang ada di pojok kanan atas Mozilla Thunderbird. Klik ikon tersebut.

1 Klik Account Settings (Edit)


2. Anda akan masuk ke tab Account Settings. Pada tab ini, informasi akun Anda bisa dilihat. Jika ingin menghapusnya, klik dropdown menu Account Actions. Lalu, pilih Remove Account.

2 Account Settings   Remove Account (Edit)


3. Centang kedua opsi di bawah ini, kemudian klik Remove.

  • Remove account information: Menghapus informasi akun email yang digunakan untuk Sign in di Thunderbird.
  • Remove message data: Menghapus data pesan email yang ada di penyimpanan lokal. Data pada layanan email (Gmail, Yahoo, dll.) tidak akan terhapus.

3 Centang   Remove (Edit)


4. Jika mendapat pesan “Removal succeeded”, maka proses menghapus akun telah berhasil. Klik OK.

4 Removal Succeeded (Edit)


5. Terakhir, tutup aplikasi Thunderbird, kemudian buka lagi untuk mengecek apakah akun sudah berhasil dihapus.


Selamat! Anda sudah bisa melakukan konfigurasi otomatis atau manual pada email di Mozilla Thunderbird. Selain itu, Anda juga bisa menghapus akun yang telah terkonfigurasi dengan mudah.


Artikel Terkait Cara Melakukan Konfigurasi Email pada Mozilla Thunderbird

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?