FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Cara Membuat Addon Domain di Niagahoster

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Membuat Addon Domain di Niagahoster

Diperbarui pada 10 Juni 2020

Addon domain adalah nama hosting domain tambahan yang dapat Anda buat melalui control panel web hosting. Letakkan addon domain dalam folder terpisah dan Anda dapat memiliki beberapa website dalam akun hosting yang sama. Pada addon domain, Anda juga bisa mengaktifkan alamat email berikut forwarder-nya sama seperti domain utama Anda.


Ketika Anda membuat addon domain, secara teknis ada tiga proses yang berjalan.

  1. Sistem membuat folder di dalam direktori ‘public_html’.
  2. Subdomain dibuat di bawah nama domain utama dan tersambung ke folder baru.
  3. Nama domain baru terkait dengan subdomain.


Sebagai contoh, Anda memiliki ‘domainsaya.com’ sebagai nama domain utama. Kemudian, Anda membuat addon domain ‘xyz.com’ dalam folder bernama ‘xyz’. Selanjutnya, Anda dapat memiliki URL seperti berikut ini.

  • domainsaya.com/xyz
  • xyz.domainsaya.com
  • xyz.com

Ketiga URL di atas mengakses folder dan website ‘xyz’ yang sama. Sementara itu, Anda tetap dapat mengakses website ’domainsaya.com’ yang ditempatkan dalam folder terpisah. Dengan cara ini Anda bisa memiliki beberapa nama domain sekaligus melalui satu akun web hosting.


Langkah-langkah Membuat Addon Domain di cPanel Niagahoster


Anda dapat menambahkan addon domain melalui cPanel Niagahoster. Syarat utamanya, tentu saja, Anda memiliki paket hosting dan domain yang masih aktif.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai membuat addon domain di cPanel Niagahoster.

1. Masuk ke cPanel akun hosting. Anda dapat melakukannya dengan cara mengakses URL berformat namadomain.com/cpanel atau jump to cPanel melalui Client Area Niagahoster. Lihat panduan lengkapnya di sini.

2. Pada halaman cPanel, scroll ke bawah hingga Anda menemukan tab Domains. Kemudian, klik ikon bernama Addon Domains.


3. Masukkan nama domain baru dan subdomain pada kolom yang tersedia. Document Root secara otomatis terisi nama domain Anda. Jika tidak menginginkannya, Anda dapat mengubah sesuai keinginan. Klik tombol Add Domain untuk mulai membuat addon domain.


4. Setelah berhasil dibuat, Anda dapat melihat addon domain Anda di sini. Pastikan Anda telah memperbarui name server agar nama domain dan website Anda dapat diakses. Selengkapnya dapat Anda lihat pada panduan cara update name server.



Artikel Terkait Cara Membuat Addon Domain di Niagahoster

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

whatsapp