Panduan Hosting cPanel

Cara Konfigurasi Database MySQL di cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Konfigurasi Database MySQL di cPanel

Dibuat pada 29 April 2021


MySQL adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola database dengan bahasa SQL (Structured Query Language). MySQL menduduki peringkat kedua sebagai DBMS (Database Management System) paling populer di dunia. Ini membuktikan bahwa perangkat lunak ini memiliki banyak pengguna.


Database merupakan komponen penting untuk sebuah website. Semua data website akan tersimpan di dalam database. MySQL merupakan salah satu jenisnya, memungkinkan melakukan pengelolaan data dengan mudah. Anda bisa menggunakan perintah SQL untuk menampilkan, menyimpan, memperbarui, atau menghapus data.


Akan tetapi, sebelum melakukan itu semua, Anda perlu melakukan konfigurasi database di MySQL. Pertama-tama, Anda membuat database baru. Selanjutnya, Anda membuat user atau pengguna untuk database. Lalu, user juga harus diberi akses untuk mengelola database. Barulah, database MySQL bisa digunakan.

Cara Membuat Database MySQL

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat database MySQL. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.


1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

1 Login Member Area Niagahoster (Edit)


2. Pada bagian Layanan Anda, pilih menu Hosting. Kemudian, pilih layanan hosting aktif yang ingin Anda kelola. Klik tombol Kelola Hosting untuk melanjutkan.

2 Layanan Anda   Hosting   Pilih Hosting Aktif   Kelola Hosting (Edit)


3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke tab cPanel. Pilih ikon MySqlDB untuk melakukan konfigurasi database.

3 tab cPanel   Klik MySqlDB (Edit)


4. Pada halaman MySQL Databases di cPanel, Anda bisa membuat database baru. Masukkan nama database pada kolom isian yang disediakan. Klik tombol Create Database untuk membuat database.

4 Isi nama database   Klik Create Database (Edit)


5. Database berhasil dibuat. Penamaan database ini berdasarkan nama user dan variabel kustom database Anda. Dengan demikian, nama database pada contoh ini dapat menjadi “u00001_namadatabase”. Klik Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.

5 Database berhasil dibuat   Klik Go Back (Edit)


6. Anda bisa gulir ke bawah hingga menemukan bagian Current Databases. Database yang baru saja Anda buat akan muncul pada daftar.

6 Gulir ke Current Databases   Terdapat database baru (Edit)

Cara Membuat Database User MySQL

Database yang telah Anda buat bisa dikelola oleh satu atau beberapa pengguna. Berikut langkah-langkah untuk membuat database user.


1. Silakan kembali ke halaman MySQL Databases melalui tab cPanel di Member Area Niagahoster.

1 tab cPanel   Klik MySqlDB (Edit)


2. Gulir ke bawah untuk menemukan bagian MySQL Users - Add New User. Masukkan Username, Password, dan Password (Again). Jika sudah, klik tombol Create User untuk membuat akun.

2 Gulir ke bawah   MySQL Users   Input Username dan Password   Create User (Edit)


3. Selamat! Anda berhasil membuat akun baru. Klik Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.

3 User berhasil dibuat   Klik Go Back (Edit)

Cara Mengatur Database User Privileges MySQL

Setelah akun berhasil dibuat, Anda perlu menghubungkan akun dengan database yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian, Anda bisa mengatur User Privileges (Hak Akses) dalam mengelola database.


1. Pada halaman MySQL Databases, gulir ke bawah untuk menemukan bagian Add User To Database. Pilih nama User dan Database yang ingin dihubungkan. Klik Add untuk menambahkan.

1 Pilih User dan Database   Klik Add (Edit)


2. Anda juga bisa mengatur privileges untuk pengguna. Privileges adalah hak akses untuk membatasi masing-masing pengguna dalam mengelola database MySQL. Jika pengguna diperbolehkan untuk mengelola database secara penuh, maka centang bagian All Privileges. Kemudian, klik Make Changes untuk menyimpannya.

2 1 dan 2 2


3. Anda akan melihat notifikasi seperti di bawah ini apabila privileges berhasil diterapkan.

3 Privileges berhasil disimpan (Edit)


4. Silakan kembali ke halaman MySQL Databases pada bagian Current Databases. Anda bisa memastikan kolom Privileged Users terisi nama pengguna yang telah diberi hak akses untuk mengelola database.

4 Cek di Current Databases   User sudah bisa mengelola database (Edit)

Cara Menghapus Database MySQL

Anda dapat menghapus database dengan mudah. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.


1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

1 Login Member Area Niagahoster (Edit)


2. Pada bagian Layanan Anda, pilih menu Hosting. Kemudian, pilih layanan hosting aktif yang ingin Anda kelola. Klik tombol Kelola Hosting untuk melanjutkan.

2 Layanan Anda   Hosting   Pilih Hosting Aktif   Kelola Hosting (Edit)


3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke tab cPanel. Pilih ikon MySqlDB untuk melakukan konfigurasi database.

3 tab cPanel   Klik MySqlDB (Edit)


4. Gulir ke bawah untuk menemukan bagian Current Databases. Pilih database yang ingin Anda hapus. Pada kolom Actions, klik tombol Delete.

4 Current Databases   Pilih DB   Klik Delete (Edit)


5. Anda akan melihat halaman konfirmasi bahwa database terhapus secara permanen setelah melakukannya. Tekan tombol Delete Database untuk menghapus database.

5 Klik Delete Database jika sudah yakin (Edit)


6. Selamat! Anda telah berhasil menghapus database.

6 Database sudah berhasil dihapus (Edit)


Artikel Terkait Cara Konfigurasi Database MySQL di cPanel

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

whatsapp
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?