Panduan Hosting cPanel

Cara Konfigurasi Database MySQL di cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Konfigurasi Database MySQL di cPanel


A. Video Panduan

B. Tutorial Manual

MySQL Database memungkinkan Anda menyimpan (dan mengakses) informasi dalam jumlah besar dengan mudah. Fasilitas ini dibutuhkan oleh banyak aplikasi berbasis web, misalnya bulletin board, Content Management System (CMS), dan lain-lain. Anda perlu membuat database Anda sendiri terlebih dahulu untuk menggunakannya. Hanya user yang memiliki privilege atau kewenangan khusus yang dapat mengakses suatu database. Cara lengkapnya ada pada panduan berikut ini.

1. Masuk ke bagian Databases pada halaman utama cPanel Anda, kemudian klik MySQL Database Wizard.


2. Anda akan diarahkan ke halaman MySQL Database Wizard ini. Masukkan nama database Anda di sini, kemudian klik tombol Next Step untuk melanjutkan.


3. Pada halaman ini, setelah database selesai dibuat, Anda perlu membuat akun user terlebih dahulu. Masukkan username dan password yang Anda inginkan, kemudian klik tombol Create User.


4. Di langkah ketiga ini Anda diperkenankan memilih privilege atau kewenangan yang dapat dilakukan oleh user tertentu. Anda dapat memilih apakah user tersebut dapat menambah database, meng-indeks, menghapus, meng-update, dan lain-lain. Pada contoh ini kami memilih pilihan All Privileges. Klik tombol Next Step untuk melanjutkan.


5. Selamat! Jika database telah berhasil dibuat, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti ini. Jangan lupakan username dan password yang Anda gunakan untuk mengakses database ini, karena akan dibutuhkan untuk menghubungkan database tersebut.



NOTE:

  • jika database yang Anda buat belum muncul di phpMyAdmin, Anda dapat mencoba untuk menunggu beberapa saat atau clear cache dan kembali login ke akun phpMyAdmin Anda.

Artikel Terkait Cara Konfigurasi Database MySQL di cPanel