Panduan Hosting cPanel

Cara Instal WordPress via FTP

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Instal WordPress via FTP


Selain dapat menginstal WordPress melalui cPanel, alternatif lainnya kita juga dapat menginstal WordPress via FTP. Berikut tutorialnya.

1. Download Software atau Aplikasi FileZilla di sini https://filezilla-project.org/download.php, setelah itu instal software tersebut seperti biasa.


2. Setelah selesai menginstal FileZilla, kembali ke cPanel kemudian pilih FTP Accounts.


3. Buat akun FTP baru dengan mengisi form yang sudah disediakan seperti contoh gambar di bawah, setelah itu pilih “Create FTP Account”.


4. Setelah selesai akan muncul akun FTP baru yang sudah kita buat, kemudian pilih “Configure FTP Client” lalu pilih “FTP Configuration File” pada icon FileZilla.



5. Akan ada file dalam format .xml yang terdownload, setelah itu buka kembali Aplikasi FileZilla, kemudian pilih File » Import..


6. Cari file dalam format .xml tadi yang sudah kita download pada cPanel, kemudian pilih “Open”.


7. Setelah berhasil, langkah selanjutnya pilih icon server pada pojok kiri FileZilla kemudian pilih akun FTP yang sudah kita import tadi lalu masukkan password FTP yang sudah kita buat di cPanel.


8. Jika berhasil akan muncul keterangan seperti gambar di bawah ini.


9. Langkah selanjutnya silakan download WordPress di alamat https://wordpress.org/download/


10. Setelah selesai mendownload, buka kembali FileZilla, pilih file di mana anda mendownload WordPress tadi, kemudian klik kanan dan pilih “Upload”. Tunggu hingga proses selesai, maka akan tampil file WordPress pada kolom Remote site seperti gambar kanan di bawah.


11. Kembali ke cPanel, kita akan membuat database untuk WordPress yang akan diinstal. Pilih “MySQL® Database wizard”.

11.1. Tulis nama database yang Anda inginkan, kemudian klik “Next Step”.

11.2 Masukkan username dan password database yang Anda inginkan, kemudian pilih “Create User” seperti tampilan di bawah.

11.3. Langkah selanjutnya yaitu centang semua opsi atau hanya pada opsi “ALL PRIVILEGES” lalu pilih “Next Step”.

11.4. Database pun berhasil dibuat.


12. Langkah selanjutnya yaitu kembali ke Home cPanel, kemudian pilih File Manager » Go.


13. Setelah itu Anda akan masuk pada halaman File Manager dan menemukan file WordPress yang sudah kita upload melalui FTP, pilih file WordPress tersebut kemudian Extract dan ketikkan /public_html lalu Extract File(s).


14. Setelah Extract berhasil maka akan ada folder bernama WordPress pada File Manager atau pulic_html. Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah buka folder WordPress tersebut kemudian pilih Select All » Move lalu ubah nama direktori yang tadinya /public_html/wordpress menjadi /public_html


15. Setelah semua file pindah ke direktori /public_html langkah selanjutnya yaitu hubungkan WordPress dan database yang sudah dibuat tadi dengan cara membuka browser kemudian ketikkan namadomainanda.com/wp-admin/ maka akan muncul seperti gambar di bawah. Pilih bahasa yang Anda inginkan kemudian klik “Continue”.


16. Selanjutnya Anda akan menemukan halaman seperti di bawah ini, pilih “Let’s go!”.


17. Isi nama database, username, dan password sesuai dengan database yang sudah kita buat tadi. Untuk Database Host dan Table Prefix biarkan saja default, setelah itu klik “Submit”.


18. Jika berhasil akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Pilih “Run the install”.


19. Langkah selanjutnya yaitu mengisi informasi WordPress seperti Title, Username, dan Password untuk login pada dashboard dan Email untuk kebutuhan ketika Anda lupa password. Setelah itu pilih “Install WordPress”.


20. Jika proses instalasi berhasil akan tampil halaman seperti gambar di bawah. Setelah itu Anda dapat login dengan menggunakan username dan password yang telah dibuat tadi.



Artikel Terkait Cara Instal WordPress via FTP