Panduan Hosting cPanel

Cara Deteksi Virus pada cPanel

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Deteksi Virus pada cPanel


cPanel Anda juga memiliki fitur bernama Virus Scanner yang berfungsi untuk mendeteksi bermacam-macam virus, Trojan, Malware, dan ancaman lain yang dapat mengganggu performa serta keamanan website Anda. Antivirus yang kami gunakan adalah database signature dari ClamAV, yang merupakan antivirus untuk server terbaik saat ini. 

Berikut kami hadirkan tutorial untuk menggunakannya secara efektif pada website Anda. 

1. Masuk pada bagian Advanced di halaman utama cPanel Anda, kemudian klik pilihan Virus Scanner.


2. Ada banyak aplikasi virus scanner yang dapat Anda gunakan, namun di sini kami menggunakan ClamAV Virus Scanner. Di halaman utama ini Anda dapat memilih empat pengaturan:

  • Scan Mail: Pilihan ini akan melakukan pencarian virus pada direktori email akun Anda, baik itu email masuk maupun email keluar. 

Kami menyarankan Anda untuk menggunakan fitur ini apabila resipien email Anda mendapatkan virus dari email Anda.

  • Scan Entire Home Directory: Gunakan fitur ini apabila Anda ingin melakukan scanning virus pada tiap file dalam akun Anda.
  • Scan Public Web Space: Proses scanning akan dijalankan pada direktori public_html akun Anda, guna mencari file website yang terinfeksi virus.

Anda harus melakukan scanning ini secara berkala untuk memastikan bahwa file website Anda bebas dari virus.

  • Scan Public FTP Space: Scanning virus akan menyasar pada direktori public_ftp akun Anda guna mencari file yang telah terinfeksi.

Anda perlu menggunakan fitur ini apabila berbagi-pakai file menggunakan FTP.

Di sini kami akan memberikan contoh menggunakan Scan Entire Home Directory. Untuk melanjutkan silakan klik tombol Scan Now.


3. Silakan tunggu hingga proses scanning selesai. Durasinya bergantung pada jumlah file yang Anda miliki.

4. Selesai! Anda akan menerima notifikasi seperti ini apabila proses scanning telah usai. Klik tombol OK untuk kembali ke halaman sebelumnya.



Artikel Terkait Cara Deteksi Virus pada cPanel