Panduan Hosting cPanel

Bagaimana Mengakses SSH Server Niagahoster ?

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Bagaimana Mengakses SSH Server Niagahoster ?


Bagaimana Mengakses SSH Server Niagahoster - Niagahoster memberikan akses SSH untuk paket Personal dan Bisnis. Berikut adalah panduan untuk mengakses SSH di Niagahoster dengan menggunakan SSH Key:

Download PuTTYgen di: http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/download.html


Perhatikan screenshot berikut:

Setelah mendownload, silakan buka file puttygen tersebut kemudian klik menu Generate untuk memulai proses pembuatan keys. Pada proses ini, kita akan diminta untuk menggerakkan kursor pada area yang di tengah PuTTYgen. Hal ini merupakan metode untuk menciptakan keunikan / randomisasi dari pebuatan keys. 

Terus gerakkan kursor sampai progress bar-nya berhenti. Setelah selesai, maka Public dan Private keys kita sudah selesai. Silakan block dan copy key yang ada di dalam kolom Key kemudian silakan disimpan sementara di notepad.

Silakan block dan copy key yang ada di dalam kolom Key kemudian silakan disimpan sementara di notepad.

Klik Private Keys : Untuk menyimpan Private Keys, klik Save Private Keys dan klik Yes. Rename nama file-nya sesuai keinginan Anda, kemudian klik Save. Pada contoh ini dibuat dengan nama akses.ppk

Selanjutnya masuk ke cPanel, ketik ssh di form find, dan klik SSH/Shell Access kemudian klik Manage SSH Keys

Klik Import Key

Pastekan key yang tadi disimpan di notepad ke dalam kolom Public Key Kemudian klik Import

Klik link Manage Authorization kemudian klik tombol Authorize

Langkah selanjutnya silakan buka PuTTY yang dapat didownload di:

http://the.earth.li/~sgtatham/putty/latest/x86/putty.exe atau http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/download.html (pilih Putty.exe)

Selanjutnya, buka PuTTY kemudian isikan IP dan port (untuk detail IP server dan port silakan tanyakan kepada Tim Support kami melalui Live Chat atau tiket).

Kemudian pada bagian connection pilih SSH>auth dan klik browse, kemudian pilih file private key yang sudah digenerate sebelumnya. Contoh di sini file akses.ppk

Kemudian klik Open. Jika berhasil akan diminta memasukkan user. Silakan masukkan user cPanel Anda.



Artikel Terkait Bagaimana Mengakses SSH Server Niagahoster ?