FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Apakah Niagahoster Memberikan DNS Management?

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Apakah Niagahoster Memberikan DNS Management?


Niagahoster memberikan DNS Management secara gratis. DNS Management adalah fitur untuk mengarahkan domain ke DNS tertentu seperti A record, CNAME, MX dan lain-lain ke layanan / server lain (misalnya: blogspot) tanpa harus mengorder hosting.

Untuk menggunakan fitur tersebut, Anda dapat memilih menu Produk dan Layanan > Nama domain Anda > Kelola > DNS Management. Perhatikan screenshot berikut untuk lebih jelasnya:

Penjelasan :

  • Add New Record : Menambahkan record DNS seperti A, MX, CNAME, dan TXT.
  • Synconize : untuk mengetahui setting yang dilakukan telah tersinkronisasi dengan server.
  • Custom Weebly : otomatis setting DNS agar domain langsung terhubung dengan Weebly.
  • Custom Blogspot : mudah setting custom blogspot dengan hanya membutuhkan cname 2 berikut panduannya link.

Agar record pada DNS Management dapat bekerja, maka silakan menyesuaikan nameserver dengan nameserver yang ada pada bagian bawah DNS Management lebih jelas pada gambar di atas pada kotak merah.

Untuk nameserver yang digunakan pada domain Indonesia akan berbeda. Silakan menyesuaikan dengan yang diberikan pada DNS Management.


Penjelasan DNS Record:

  • A record : A record adalah singkatan dari Address record, yang berarti tipe record ini akan memetakan FQDN ke alamat IP. Contohnya: A record dipakai untuk mengarahkan 'google.com' ke alamat IP server Google, '74.125.224.147'
  • CNAME record : CNAME atau canonical name record disebut juga alias record karena CNAME mengarahkan alias ke nama resmi. Dengan ini, CNAME dapat mengarahkan banyak sistem ke satu IP tanpa menggunakan A record di tiap host name.
  • MX record : MX merupakan singkatan dari Mail Exchange record. Record ini digunakan untuk mengidentifikasi email mana yang harus dikirim oleh mail server untuk sebuah domain.
  • TXT record : TXT memungkinkan administrator menambahkan segala teks ke DNS record.

Artikel Terkait Apakah Niagahoster Memberikan DNS Management?