FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Apakah Hosting Saya di Backup Secara Otomatis?

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Apakah Hosting Saya di Backup Secara Otomatis?

Dibuat pada 31 Maret 2021


Backup (pencadangan) data adalah hal yang perlu diperhatikan untuk setiap pemilik website. Proses ini bisa melindungi data supaya aman (tidak hilang), jika sewaktu-waktu website mengalami masalah.


Sementara itu, restore data adalah proses pengembalian data ke website. Proses ini hanya bisa dilakukan, ketika Anda telah memiliki file hasil dari proses backup sebelumnya.


Layanan Niagahoster menyediakan backup data secara manual dan otomatis. Tetapi, ada batasan dan ketentuan yang berlaku dari setiap paket. Sebelum melakukan pembelian, Anda bisa mengecek fitur backup pada setiap paket.

Fitur Backup Hosting Niagahoster

Beberapa layanan Niagahoster yang menyediakan fitur backup, antara lain:

Berikut ini fitur backup yang didapat dari paket tersebut:

Backup melalui cPanel

Proses backup ini dilakukan manual dengan cara masuk ke cPanel. Ada dua jenis fitur yang bisa digunakan untuk melakukan backup:

Files

Backup Files (Edit)

Files Backup adalah salah satu fitur dalam cPanel yang bisa digunakan untuk melakukan pencadangan data, bisa sebagian (partial) atau keseluruhan (full) data. Fitur ini terdapat dua jenis, antara lain:

  • Backup: Melakukan backup atau restore sebagian data website dalam bentuk file ZIP yang bisa diunduh ke penyimpanan lokal.
  • Backup Wizard: Melakukan backup atau restore seluruh data website dalam bentuk file ZIP yang bisa diunduh ke penyimpanan lokal.

Jetbackup

Jetbackup (Edit)

Jetbackup adalah alat untuk mencadangkan data yang dikembangkan JetApps dan bisa digunakan melalui cPanel. Banyak fitur yang disediakan, antara lain:

  • Full Account Backups: Melakukan backup dan restore akun yang terdaftar di website.
  • File Backups: Melakukan backup dan restore file yang terdapat file manager.
  • Cron Job Backups: Melakukan backup dan restore Cron Job yang telah berjalan.
  • DNS Zone Backups: Melakukan backup dan restore DNS Zone.
  • Database Backups: Melakukan backup dan restore database website.
  • Email Backups: Melakukan backup dan restore email.

Catatan:

  • Maksimal 15GB pada layanan Unlimited Hosting untuk paket Bisnis.
  • Maksimal 10GB pada layanan WordPress Hosting untuk paket Bisnis.
  • Maksimal 30GB pada layanan Email Hosting.
  • Pada layanan Cloud Hosting Maksimal: Basic (20GB), Standard (40GB), Premium (60GB), Corporate (120GB).
  • Jika melebihi batasan tersebut, maka proses backup tidak akan berjalan.

Fitur Backup WordPress Management Niagahoster

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai CMS website, maka Niagahoster juga menyediakan fitur backup melalui Member Areanya.


1. Anda perlu login ke Member Area Niagahoster. Selanjutnya masuk ke menu WordPress Management, dan pilih sub menu Sites. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan fitur Backup & Restore, klik tombol tersebut.

1 WP Management   Sites (Edit)


2. Akan muncul kotak yang berisi daftar hasil backup WordPress. Backup ini diproses secara otomatis ketika Anda melakukan update WordPress (Core, Plugins, atau Theme). Ada beberapa ikon yang bisa digunakan:

  • Restore: Tombol untuk mengembalikan file backup yang tersedia.
  • Download: Tombol untuk mengunduh file backup ke penyimpanan lokal.
  • Hapus: Tombol untuk menghapus file backup yang tersedia.

2 Backup & Restore (Edit)

Fitur Backup Cloud VPS Niagahoster

Layanan lain di Niagahoster adalah Cloud VPS Hosting. Berbeda dari sebelumnya, paket ini menawarkan Backup Harian Otomatis Berbayar. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:


1. Anda perlu login ke Member Area Niagahoster. Selanjutnya masuk ke menu Layanan Anda, dan pilih sub menu Cloud VPS. Kemudian, pilih layanan VPS dan klik Kelola VPS.

1 Layanan Anda   Cloud VPS   Kelola VPS (Edit)


2. Pada halaman Cloud VPS, gulir ke bawah hingga menemukan fitur Backup. Namun, statusnya belum aktif karena layanan ini berbayar. Jika ingin mengaktifkan, silakan klik Aktifkan.

2 Backup (Edit)


3. Muncul kotak yang menjelaskan ketentuan harga layanan Backup VPS Harian di Niagahoster. Harga tersebut belum termasuk PPN. Klik Lanjut untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

3 Enable VPS Daily Backups   Lanjut (Edit)


4. Anda akan masuk ke halaman transaksi VPS Daily Backups. Otomatis statusnya akan Pending karena belum dilakukan pembayaran.

4 Status Pending (Edit)


5. Anda bisa menuju ke menu Tagihan untuk melakukan pembayaran. Setelah itu, pilih tagihan yang ingin dibayar. Anda bisa melihat detail informasi tagihan. Selanjutnya, klik Pilih Cara Pembayaran untuk memilih metode pembayaran.

5 Menu Tagihan   Pilih Cara Pembayaran (Edit)


6. Ada dua metode pembayaran yang bisa Anda gunakan: Pembayaran otomatis dan pembayaran manual.


6.1. Anda bisa menggunakan metode Pembayaran Otomatis melalui Virtual Account Bank yang tersedia. Pilih Bank yang diinginkan. Selanjutnya, klik Pilih Cara Pembayaran.

6 1 Pembayaran Otomatis (Edit)


6.2. Anda juga bisa menggunakan metode Pembayaran Manual melalui Transfer Bank yang tersedia. Klik area kotak yang tertera informasi Bank. Kemudian, klik Pilih Cara Pembayaran.

6 2 Pembayaran Manual (Edit)


7. Setelah itu, Anda bisa melakukan proses pembayaran melalui metode yang dipilih. Jika sudah, Anda bisa kembali ke menu Tagihan seperti sebelumnya. Klik Konfirmasi Pembayaran.

7 Menu Tagihan   Konfirmasi Pembayaran (Edit)

Informasi Backup Harian VPS

  • Backup Harian VPS ini hanya diperoleh apabila Anda memiliki Layanan VPS di Niagahoster.
  • Backup yang dibuat akan menjadi full backup, sehingga Anda harus menghubungi Customer Success Agent untuk restore backup tersebut.
  • Masa aktif Backup Harian akan disesuaikan dengan masa aktif VPS hosting. Apabila Anda melakukan downgrade atau upgrade paket, masa aktifnya akan otomatis mengikuti masa aktif baru VPS.

Cara Melakukan Backup Manual melalui cPanel

Anda bisa mengikuti cara berikut untuk melakukan backup manual melalui cPanel. Bisa dengan fitur Files atau Jetbackup. Anda bisa klik tiga tautan di bawah untuk mengikuti langkah-langkahnya:


Selamat! Anda sudah bisa menikmati fitur backup di Niagahoster. Mari jaga data website dengan rutin melakukan proses backup.


Artikel Terkait Apakah Hosting Saya di Backup Secara Otomatis?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

whatsapp
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?