Panduan CyberPanel VPS

Apa itu CyberPanel VPS Niagahoster?

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Apa itu CyberPanel VPS Niagahoster?

Dibuat 5 Juli 2021


CyberPanel VPS Niagahoster adalah VPS (Virtual Private Server) dengan web control panel CyberPanel yang didukung langsung oleh web server OpenLiteSpeed. Dengan web control panel ini akan memberi kemudahan dalam mengelola website yang ada di VPS.


CyberPanel dirancang sebagai web control panel yang aman, cepat, dan praktis untuk VPS. Selain itu, web control panel ini akan meningkatkan performa website menjadi lebih optimal dan menyediakan akses yang lebih aman untuk Anda dan pengunjung.

Fitur CyberPanel VPS Niagahoster

Berikut fitur-fitur yang akan Anda dapatkan pada CyberPanel VPS Niagahoster, antara lain:


LiteSpeed Cache. Modul plugin dengan konfigurasi otomatis yang mempercepat kinerja semua website WordPress pada CyberPanel.


Git Manager. Hubungkan GitHub dan GitLab melalui GitHub webhooks untuk mengelola repositori secara praktis.


ModSecurity. Platform untuk memantau, mencatat, dan menyaring komunikasi HTTP (Hypertext Transfer Protocol) secara real time berdasarkan konfigurasi pengguna.


One Click SSL. Verifikasi sertifikat SSL untuk domain dan hostname Anda hanya dengan satu klik melalui Let's Encrypt SSL.


Auto Installer WordPress. Kemudahan instalasi WordPress untuk website Anda hanya dengan satu klik melalui CyberPanel.


WordPress Staging. Hindari risiko eksperimen website secara langsung. Lakukan eksperimen serta perubahan pada staging sebelum melakukan perilisan website.


Web Based Terminal & Command Line Interface. Dapatkan akses VPS SSH server secara langsung melalui browser.


Docker Manager. Kemudahan penggunaan Docker Container dan Image Management untuk mengembangkan aplikasi supaya berjalan fleksibel di berbagai environment.

Overview CyberPanel VPS Niagahoster

Berikut overview dari CyberPanel versi 2.1 dengan VPS Niagahoster.

Masuk Member Area Niagahoster

Setelah Anda melakukan pembelian, Anda akan mendapat informasi login di Member Area Niagahoster untuk mengelola CyberPanel.


1. Masuk ke Member Area Niagahoster.

1 Masuk member area (Edit)


2. Pilih menu Layanan Anda, kemudian klik submenu Cloud VPS. Pilih paket CyberPanel VPS aktif yang ingin Anda kelola. Selanjutnya, klik tombol Kelola VPS.

2 Layanan Anda   Cloud VPS   Kelola VPS (Edit)


3. Anda akan diarahkan ke dashboard Cloud VPS Server pada tab Note. Gunakan detail informasi login berikut untuk mengelola CyberPanel:

  • Login page: Akses halaman login CyberPanel dengan URL: https://IP-VPS-Anda:8090
  • Username: Gunakan “admin” sebagai username.
  • Password: Salin generated password yang tertera.

3 Anda akan diarahkan ke dashboard Cloud VPS Server pada tab Note (Edit)

Kelola CyberPanel

Login ke CyberPanel sesuai informasi yang tertera di Member Area Niagahoster.


1. Masuk ke halaman login CyberPanel dengan mengetik URL: https://IP-VPS-Anda:8090 pada web browser.


2. Anda akan diarahkan ke halaman login CyberPanel. Masukkan username dan password pada kolom isian. Untuk melanjutkan, klik tombol Sign In.

2 Halaman login CyberPanel di web browser   Masukkan username dan password   Sign in (Edit)


3. Halaman dashboard CyberPanel akan tampil pada layar.

3 Dashboard CyberPanel (Edit)

Menu CyberPanel

Terdapat dua bagian menu pada CyberPanel, antara lain: Main Menu dan Server Menu.

Main Menu

Berikut menu dan submenu yang terdapat pada Main Menu.


1. Users. Kelola beberapa pengguna CyberPanel dengan praktis. Anda dapat menambahkan, mengubah, dan menghapus pengguna melalui menu ini.


2. Websites. Tambahkan nama domain website Anda supaya terintegrasi oleh CyberPanel. Setelah itu Anda dapat mengelola beberapa website sekaligus.


3. Packages. Buat folder khusus untuk menyimpan source code website. Daftar package dapat Anda kelola dengan mudah di CyberPanel.


4. Databases. Setiap website memerlukan database untuk menyimpan dan mengelola data. CyberPanel mendukung phpMyAdmin dengan MySQL.


5. DNS. Beberapa jenis record dapat Anda tambah melalui CyberPanel. Seperti A Record, MX Record, dan sebagainya.


6. Email. Tambahkan email dengan paduan nama user dan nama domain. Kemudian, akses aplikasi webmail untuk mengelola pesan email. 


7. FTP. Buat akun FTP Anda. Kemudian, akses dan pindahkan beberapa file antar server dengan menggunakan fitur ini.


8. Back up. Lakukan pencadangan website untuk melindungi data-data penting. Jika website bermasalah, Anda cukup melakukan restore.


9. Incremental Back up. Buat pencadangan data tertentu website seperti Account, Database, atau Email saja.


10. SSL. Buat komunikasi yang aman dan terenkripsi dengan SSL. Lindungi data yang ditransfer melalui website dari penyusup.

Server Menu

Berikut menu dan submenu yang terdapat pada Server Menu.


1. Web Terminal. Anda dapat mengakses dan memasukkan perintah SSH dengan praktis melalui CyberPanel


2. CloudLinux. Jika VPS Anda menggunakan OS ini, Anda dapat membuat package dan monitor penggunaan melalui CyberPanel.


3. Containerization. Pada menu ini Anda bisa mendapatkan informasi mengenai proses dan versi modul LiteSpeed yang Anda gunakan.


4. Docker Manager. Kemas kode dan semua dependensinya dengan Docker, sehingga aplikasi berjalan lebih cepat di berbagai environment.


5. Tuning. Atur server sesuai dengan requirement website Anda. Kemudian, lakukan juga konfigurasi PHP untuk server.


6. Server Status. Cek proses yang berjalan pada server secara real time. Anda juga dapat mengelola system packages seperti apt atau yum.


7. PHP. Install extensions dengan berbagai versi PHP. Anda juga dapat melakukan konfigurasi file php.ini melalui CyberPanel.


8. Logs. Konfigurasi Server Mail dan dapatkan pemberitahuan kesalahan yang terjadi. Catatan Log dari Access, Error, Email, dan FTP dapat Anda lihat.


9. Security. Berbagai fitur keamanan dari CyberPanel dapat Anda aktifkan untuk meningkatkan keamanan server dan website Anda.


10. Mail Settings. Lakukan pengaturan email secara komplit di menu ini. Terdapat fitur untuk mencegah spam masuk ke akun email Anda.


11. Manage Services. Pasang aplikasi tambahan pada server seperti Elasticsearch atau Redis. Kelola juga dengan mudah PowerDNS, Postfix, dan FTP di CyberPanel.


12. Plugins. Cek daftar dari plugin yang terpasang di CyberPanel. Informasi seperti nama, tipe, deskripsi, dan versi plugin juga akan tertera.


Semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan CyberPanel VPS Niagahoster. Pilih paket layanan sesuai kebutuhan Anda. Tunggu apalagi?


Artikel Terkait Apa itu CyberPanel VPS Niagahoster?

Bagikan jika Anda menyukai halaman ini.

chat launcher chat launcher
spinner

Hai di sana

Pilih jawaban di bawah ini dan klik Tidak. Chat Support jika membutuhkan bantuan lebih lanjut

    Back

    Apakah panduan ini membantu Anda ?