Niagahoster Forum Meet the Expert – All About SEO

  • Useful
  • 1
  • Unuseful

Niagahoster Meet the Expert - All About SEO

Selamat datang di Meet the Expert Niagahoster Forum! Kali ini kalian bisa bertanya apa saja seputar dunia SEO.

  • Apa kiat-kiat manjur agar website Anda ada di rank teratas Google?
  • Faktor-faktor SEO apa saja yang penting?
  • Dll

Kalian juga bisa berbagi pengalaman dan menanggapi komentar satu sama lain. Selamat berdiskusi dan makin dekat ke #successonline!

*Tinggalkan pertanyaan di bagian Answer. Jika mau menanggapi diskusi, tinggalkan tanggapan di bagian Comment.

Legend Asked on March 11, 2020 in SEO.

sama bang titis, saya juga mau di kasih tips yang beginian

on March 11, 2020.

Apa saja yang harus dilakukan saat audit website yang sudah jadi ?

* sebagai seo specialist

on March 11, 2020.

Ketika kita post blog buat penjualan produk/jasa tapi di judulnya dikasih kota target gitu, itu masih akurat gak bang? Dan kalau kita post blognya banyak, kotanya beda beda tapi isi blognya sama itu bakal dianggap spam gak ya sama google?

on March 11, 2020.

Hai semua. Agar diskusinya lebih leluasa, kalian bisa tinggalkan pertanyaan di bagian Answer  di bawah ya:)

Comment digunakan untuk meemberi tanggapan 🙂

on March 11, 2020.

Berhubung ada yang tanya disini yaudah saya jawab disini dulu ya sementara. Kalau ada yang baru mau nanya langsung  ke bagian Answer  ya.  

  1. Tips SEO , lebih ke riset keyword > buat konten yang berkualitas > optimasi SEO Onpage & Offpage sih, lebih detailnya bisa kepo konten ini https://www.niagahoster.co.id/blog/17-tips-seo-wordpress/ semoga membantu 🙂

  2. yang harus dilakukan saat audit website yang sudah jadi :

    A) Onpage Audit (dicek halaman websitenya sudah SEO Friendly atau belum, mulai dari sudah terindeks belum websitenya, meta nya sudah dipasang belum, permalink URL nya sudah SEO Friendly belum, sampai ke technical audit)

    B) Content Audit (dicek kontennya sesuai dengan intent keywordnya atau tidak, pembahasannya relevan tidak, ada internal link atau tidak,  termasuk cannibal kontent atau tidak dll)

    C) Offpage Audit (dicek kontennya ada link yang broken atau tidak, ada spam backlink atau tidak, dll) Intinya ada banyak hal yang dilakukan saat audit website mas, saya biasanya menggunakan Tools Ahrefs / Semrush untuk site audit website.

  3. Ketika kita post blog buat penjualan produk/jasa tapi di judulnya dikasih kota target gitu, itu masih akurat gak & dianggap Spam ga? > ini menurut saya sih sah-sah saja memberikan judul dan dikasih kota target asalkan konten didalamnya juga dibuat senatural mungkin (agar tidak spam) dan disesuaikan dengan ruang lingkup kota yang akan ditarget, karena ini termasuk pemanfaatan dari teknik Local SEO 
on March 11, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 2
  • Unuseful

1. Jumlah backlink dari non semiliar website ngaruh gak sama SERP?
2. Backlink PBN terbaik di Indonesia menurut Anda?
3. PA dan DA ngaruh gak sama SERP?
4. Kalau kita mau meningkatkan visitor website dan posisi di SERP, mana yang kita harus kita tingkatkan terlebih dahulu, Jumlah backlink, DA PA, atau kualitas konten?

Novice Answered on March 11, 2020.

Halo,

  1. Jumlah backlink dari non similar website ngaruh tidak di SERP? jawabannya tidak begitu berpengaruh, yang berpengaruh itu kalau backlink yang kita dapat relevan dengan topik atau keyword yang kita target.
  2. Backlink PBN terbaik di Indonesia? PBN atau Private Blog Network termasuk salah satu teknik SEO Grey Hat dan agak saya hindari  pemakaiannya dan tidak saya rekomendasikan untuk pakai PBN, karena menggunakan PBN termasuk link manipulation (katanya) dan dibenci google. Jadi, jika terendus google bisa deindex, bahkan bisa habis dengan moneysitenya juga. Use At Your Own Risk!. Kecuali jika ada yang membuat PBN dan memperlakukan PBN ini seperti layaknya moneysite it’s better to use.
  3. PA DA berpengaruh di SERP? banyak pro dan kontra mengenai DA PA ini, tapi yang perlu kita lihat kembali adalah, situs yang memiliki page rank tinggi pasti mempunyai nilai atau tingkat website authority yang sangat baik. Sehingga dapat kita simpulkan, bahwa DA PA adalah satu dari sekian banyak faktor atau barometer tingkat kepercayaan search engine kepada suatu situs atau website. Sehingga kerap kali website yang DA PA tinggi lebih mudah merangking cepat.
  4. Kalau mau meningkatkan visitor website dan posisi SERP, menurut saya yang pertama jelas Konten Berkualitas, baru meningkatkan DA PA disertai Backlink yang juga berkualitas.

Semoga membantu 🙂

on March 11, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

RE: Untuk On Page SEO kira-kira hal apa saja sih minimal yang harus dioptimasi dari website kita?

Novice Answered on March 11, 2020.

Halo mas,

Untuk optimasi terkait SEO Onpage yang perlu diperhatikan :

  1. Permalink URL SEO Friendly
  2. Buat Judul konten yang menarik dan didalamnya diselipkan kata kunci yang akan ditargetkan
  3. Manfaatkan Heading dan Subheading untuk struktur konten
  4. Usahakan page speed website fast & tampilan mobile friendly
  5. Menggunakan LSI Keyword untuk memperkaya konten supaya kontennya bagus & pastikan konten itu bermanfaat & solutif bagi pembaca

untuk lebih jelasnya bisa berkunjung ke artikel https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-optimasi-seo-on-page/ mungkin bisa membantu. Terimakasih

on March 11, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful
  1. Kata kunci yang di-bold di artikel tuh masih efektif nggak sih untuk on page SEO?
  2. Ada rekomendasi platform untuk compress image secara online nggak?
Novice Answered on March 11, 2020.

Halo kak,

  1. Kata kunci yang di-bold itu lebih ke memperjelas bahasannya saja sih, dan bisa juga efektif jika itu merupakan LSI Keyword atau keyword turunan yang akan ditarget. Syukur-syukur jika kata kunci yang di-bold itu sudah ada kontennya, jadi bisa sekalian dikasih link sebagai Internal Link yang justru membuat Optimasi SEO Onpage lebih optimal.
  2. Rekomendasi platform untuk compress image saya biasanya pake https://tinyjpg.com/ untuk compress gambar secara online.

Semoga membantu 🙂

on March 11, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

1. Apa saja yang termasuk kedalam teknik Gray Hat Seo?

2. Jumlah total backlink dofollow dan nofollow baik nya berapa persen?

3. Apakah aman website yang membahas pemrograman konten nya 70% coding dan 30% penjelasan nya?

4. Apakah coding jika dicek termasuk kedalam plagiarism? karena pastinya tutorial pemrograman codingnya banyak yang sama, bahkan sama.

 

Novice Answered on March 11, 2020.

Halo mas,

  1. menurut saya teknik grey hat seo ada banyak banget mas, tapi yang banyak digunakan salah satunya adalah PBN & Negative SEO, walaupun Negative SEO ini bisa dikatakan hampir ke Black Hat sih.
  2. Dofollow & Nofollow dua-duanya sama pentingnya supaya website authority, kalau sejauh yang tak praktekin sih 70% Dofollow 30% Nofollow (dengan catatan keduanya diperoleh dari website yang relevan / topik yang sama)
  3. Menurut saya sih konten yang membahas pemrograman kontennya bisa saja aman, dan apabila dalam hal praktek coding kan bisa saja nama variabel nya yang diubah, misal web A praktek coding menggunakan variabel A, maka kita bisa menggunakan nama variabel selain A / yang digunakan web A
  4. Sama seperti jawaban ke-3 sih lebih ke variasi penggunaan variabel dalam codingan saja supaya mengurangi plagiarism
on March 12, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

apa saja yang harus dipelajari jika ingin menjadi seo specialist ?

jobdesk // kpi  // yang lain

Novice Answered on March 11, 2020.

Halo, untuk menjadi SEO Specialist yang terpenting sih paham basic SEO, Technical SEO & seluk beluk SEO apa saja serta mengikuti tren perkembangan algoritma Google dan tren SEO sih mas 🙂

on March 11, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

Selamat pagi Mas Titis,

Dari panduan “15 Langkah Optimasi SEO On Page untuk Website dan Blog” saya membaca terkait panjang atau jumlah kata dari artikel juga mempengaruhi SEO. Bisakan mas jelaskan apa parameter yang bisa saya gunakan untuk menentukan berapa panjang artikel yang akan saya buat untuk sebuah artikel dengan target volume pencarian serta tingkat kompetitor (low, medium, hight) sehingga artikel yang saya buat bisa memiliki posisi yg bagus?

Terimakasih

Novice Answered on March 12, 2020.

Halo mas,

parameter yang bisa digunakan untuk menentukan panjang artikel menurut saya itu tentatif sih mas, tergantung sejauh mana artikel yang mau mas bahas (termasuk kata kunci, long tail keyword, maupun LSI) nya.

yang paling penting / kuncinya sih di riset katakunci mas, kalau di riset kata kunci nya udah mantap. Tinggal action selanjutnya adalah membuat artikel berkualitas sesuai dengan kata kunci dan long tail keyword beserta LSI nya mas dan konten yang dibuat solutif dan tidak bertele-tele.

 

Semoga membantu 🙂

on March 12, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

saya nanya lagi ya expert,
1.  Algoritma google kan sering update tuh, apakah coment di forum atau blog dan menyertakan link masih efektif untuk mendapatkan backlink?

2. Saya lihat blog post (artikel) yang ada di niagahoster bisa panjang banget, jadi di jelaskan se rinci-rincinya, bahkan kadang kelihatan bertele-tele. Apakah kontent yang baik itu seperti itu atau memang hanya untuk mendapatkan posisi page one di google?

3. Agar mendapatkan posisi di page one google dengan kata kunci yang sulit dan banyak kompetitor   seperti “Cara membuat website” ,  “Jasa Pembuatan Website” dll,  apa saja trik yang bisa dilakukan? minimal kata berpa per artikel? dan berapa kali kata kunci itu di ulang-ulang dalam artikel tersebut?

4. Jika di nilai berdasarkan framework, mana yang lebih seo friendly di antara wordpress, drupal, codeigniter, magento?

Novice Answered on March 12, 2020.

Halo ,

  1. Sebenarnya ada banyak cara untuk kita mendapatkan backlink, salah satunya dengan mendapatkan backlink dari website yang relevan. Kalau untuk comment di forum dan blog ini agak tricky sih dalam artian link manipulation  dan dibenci google. Jadi, tidak disarankan sih
  2. Konten yang baik itu yang bersifat solutif dan tidak bertele-tele sesuai dengan katakunci, longtail keyword, LSI Keywords, dan panjangnya artikel belum tentu itu bertele-tele, dan sedikitnya artikel juga belum tentu to the point dan solutif, kembali lagi ke penyesuaian katakunci, long tail keyword maupun LSI nya.
  3. Usahakan sebelum menghajar persaingan katakunci yang ketat kita bisa unggul dulu di katakunci yang banyak dicari tapi persaingannya rendah (low) bisa dicari / riset kata kunci turunannya (long tail keyword) nya dengan pencarian besar namun persaingan rendah. Toolsnya bisa gunakan Google Keyword Planner, Ahrefs, Semrush.
  4. Sejauh ini dari framework yang disebutkan saya lebih prefer WordPress.
on March 12, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

1.Bagaimana mengatasi duplikat konten jika konten yang ingin dibuat banyak yang mirip:

contoh:

  1. anime terbaik 2017
  2. anime terbaik 2018
  3. anime terbaik 2019
  4. anime terbaik 2020
  5. dan seterusnya.

nah, bagaimana cara membuat cannonical url nya (soalnya semua konten utama) ?

 

terima kasih 🙂

 

Novice Answered on March 12, 2020.

Halo,

mungkin mas nya bisa buat 1 konten dengan 1 URL atau bisa juga membuat konten tahun namun pastikan ada artikel pilarnya disana, misalnya :

 

opsi 1 : website.com/anime-terbaik > Ini dijadikan artikel pilar didalamnya ada rangkuman film anime terbaik 2017 (ini dijadikan H2) kemudian dikasih list anime terbaik di tahun itu apa saja, kemudian ditambahkan anime terbaik 2018 (ini juga dijadikan H2) , sampai seterusnya. Kemudian di bagian focus keyword di Yoast bisa disetting hanya anime terbaik saja.

 

opsi 2 : membuat url sesuai dengan konten, misal website.com/anime-terbaik-2017 dan seterusnya namun, di dalam artikel ada link menuju artikel pilar opsi yang 1 (Jadi terlebih dahulu buat artikel pilar yang Opsi 1 ya). Agar Fokus Keyword anime terbaik bisa merangking di artikel pilar, dan artikel yang memuat tahun bisa merangking ke kata kunci + tahun.   Semoga membantu 🙂

on March 13, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

mau tanya lagi,

bagaimana cara menentukan ancore text untuk internal link ?

apakan disesuaikan dengan keyword / lsi nya / turunan kw nya ? dan seberapa besar porsinya ?

 

terimakasih

Novice Answered on March 12, 2020.

Halo,

cara menentukan anchor text untuk internal link bisa perpaduan antara exact keyword + brand, bisa long tail keyword, bisa LSI, bisa perpaduan LSI / Long Tail Keyword + Brand, yang terpenting untuk anchor text ini ada banyak variasi (tidak sama terus) agar terlihat unik dan natural.

Semoga membantu 🙂

on March 13, 2020.
Add Comment
  • Useful
  • 0
  • Unuseful

saya ingin bertanya: lokasi yang paling jitu untuk naruh keyword artikel tu dimana sih

Competent Answered on March 17, 2020.

Dalam 1 paragraf, minimal 3 baris, minimal 1 katakunci. Jangan terlalu banyak, ya maks 5 kata kunci dalam 1 artikel.

on June 19, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.