Niagahoster Lite Bites 6.0 – Strategi Menjadi Front-end Developer

strategi menjadi front end developer

Hai semua. Agar diskusinya lebih leluasa, kalian bisa tinggalkan pertanyaan di bagian Answer  di bawah ya

Comment digunakan untuk memberi tanggapan

Add Comment

Kira2 pertanyaan apa sajakah yang akan di pertanyaan ketika kita sedang menjalani proses interview di perusahaan startup untuk posisi Front End Developer ? Dan seandainya ada Tes, kira2 tes nya seperti apa yah? Terimakasih.

Novice Answered on July 17, 2020.

Halo mas Riyan Hidayat. Terima kasih banyak untuk pertanyaannya.

Biasanya proses awal akan dicek CV atau Resume. Lalu juga akan dicek portfolio karya dari mas Riyan.

Setelah itu kebanyakan akan memberikan soal tes online berupa tes algoritma untuk menguji logic programming.

Sisanya tergantung dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Biasanya akan langsung wawancara oleh tim HRD dan User (calon atasan kita nanti di tim front end developer atau software engineer).

on July 21, 2020.
Add Comment

bootstrap vs tailwind pilih mana? terus kenapa?
reactjs vs vuejs pilih mana? terus kenapa?

Novice Answered on July 17, 2020.

Bantu jawab, ini mah opini aku pribadi yah,

Tailwind, karena lebih cepat dan efisien dalam menggunakan style code css nya. ( Meminimalisir Css Eksternal ).

React JS, karena lebih mudah dipelajari dan juga banyak perusahaan yang pakai React JS untuk setiap project nya. Serta bonusnya kalau kita belajar React JS kita akan lebih mudah untuk mempelajari React Native nya nanti.

Terimakasih..

on July 17, 2020.

Halo mas Taufan Erlangga, terima kasih untuk pertanyaannya.

Saya pribadi saat baru belajar lebih memilih bootstrap karena penggunaan dan proses instalasinya cukup mudah. Lalu jika sudah punya basic yang baik di HTML, CSS, dan Javascript baru bisa mudah mempelajari Tailwind CSS karena ada semacam config yang harus dilakukan saat menggunakan Tailwind pada file Javascript. Untuk sekarang saya sedang menggunakan Tailwind CSS karena mudah di customize.

Keduanya sebenarnya sama-sama powerful. Tergantung kebutuhan aplikasi dan style kita cocoknya dimana. Salah satu keuntungan setelah  menggunakan React JS adalah kita bisa menerapkannya saat menggunakan React Native untuk mengembangkan aplikasi mobile apps.

on July 21, 2020.
Add Comment

kalo misal mau belajar react native mesti belajar react js dulu?

Novice Answered on July 17, 2020.

Halo mas Saiful, terima kasih banyak untuk pertanyaannya.

Iya untuk bisa memahami React Native dengan baik, harus menguasai dulu Javascript dan React JS.

on July 21, 2020.
Add Comment

Bagaimana cara tim front-end bekerjasama dengan tim UI/UX agar tampilan yang dihasilkan dapat sesuai ekspektasi? dan bagaimana usaha tim front-end jika prototype web diinginkan client / perusahaan sulit untuk direalisasi atau tidak bisa 100% sesuai dengan ekspektasi?

Novice Answered on July 17, 2020.

Biasanya tim produk yang terdiri dari Product Manager, UI/UX Designer, dan Front End Developer akan mengadakan meeting untuk berdiskusi saat merancang sebuah tampilan untuk mengetahui visibility atau realitas apakah desain yang sudah dibuat oleh tim UI/UX Designer memungkinkan untuk di buat dalam jangka waktu deadline yang ada dan tools yang digunakan oleh tim Front End Developer saat itu. Jadi kuncinya adalah komunikasi antar tim UI/UX Designer dan Front End Developer.

Jika prototype web tidak bisa 100% sesuai dengan ekspektasi, mungkin bisa didiskusikan sejak awal sehingga tidak membuang banyak waktu saat development. Harus berani berpendapat dan tanyakan jika masih ada yang kamu belum pahami.

on July 21, 2020.
Add Comment

Selamat malam mas David..

Selama ini kalau mau ubah tampilan tinggal ganti theme, kalau mau tambah fitur tinggal instal plugin, install wordpress pun tinggal sekali klik aja lewat c panel. Bahkan pakai VPS hanya butuh beberapa baris perintah saja udah bisa install webuzo.

Singkatnya bisa bikin website keren tapi cuma klik-klik aja.. 

Jadi apa yang harus dipelajari untuk mendalami WordPress seutuhnya?

 

Novice Answered on July 17, 2020.

Setuju kakak, cuma saya mau tambahkan opini saja

Khusus untuk wordpress, berarti FE developer bukan lagi sekedar bisa bikin website, karena untuk membuat website wordpress tidak perlu menjadi developer dulu.

tapi harus bisa bikin plugin, theme, Saas atau startup yang selalu sesuai dengan kondisi jaman atau yang benar-benar baru

on July 18, 2020.

Iya semakin kesini semakin manarik bermain dengan wordpress… tp kalau ga jaga nafsu bisa semua ulik. jadi nggak fokus… jadi cenderung ke FE dulu… karena untuk BE nya udah dari tim WordPress.org

on July 21, 2020.
Add Comment

Permisi, Kak. Saya ingin bertanya.

Apakah seorang frontend developer perlu belajar terkait web security begitu? saya khawatirnya sudah susah-susah buat aplikasi web ternyata mudah dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terima kasih.

Novice Answered on July 17, 2020.
Add Comment

Untuk menjadi front end developer, apakah ada teknik dasar khusus agar kita bisa merasa lebih mudah untuk menjadi front end developer? Dalam arti, kalo misalnya kita mau tahu apa itu hurup C, maka kita juga harus tau huruf a dan b karena 2 huruf itu adalah 2 huruf sebelum C. Sama dengan front end developer, jika front end developer kita artikan menjadi huruf C, maka Huruf A dan B nya apa kak?

Novice Answered on August 5, 2020.
Add Comment

Your Answer

By posting your answer, you agree to the privacy policy and terms of service.