Bisnis Online

Apa Itu ZMOT? Lihat Contoh Penerapannya di Niagahoster!

Pernahkah Anda cek review di internet sebelum memutuskan membeli sesuatu? Kalau iya, itu berarti Anda pernah mengalami Zero Moment of Truth alias ZMOT.

Apa sih ZMOT itu? ZMOT adalah konsep yang diperkenalkan Google pada tahun 2011. Konsep Ini berangkat dari studi Google, bahwa proses pencarian produk berdampak besar terhadap keputusan belanja produk.

Tak heran, ZMOT menjadi salah satu kunci sukses bisnis. Bahkan menurut CISCO, perusahaan yang menerapkan ZMOT berpotensi mendapat keuntungan 8x lipat dibanding perusahaan yang baru terjun ke ranah online.

Tentunya, Anda tidak ingin ketinggalan manfaat ZMOT, bukan? Mari pelajari pengertian ZMOT dan bagaimana contoh penerapannya di Niagahoster!

Apa itu ZMOT?

Zero Moment of Truth (ZMOT) adalah momen yang menggambarkan perjalanan transaksi konsumen. Mulai dari survey produk atau layanan secara online, mempelajari brand, sampai pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian.

Sedikit membedah istilah ini, moment of truth memiliki arti momen pertemuan antara konsumen dengan brand atau produk.

Pada jaman dulu, orang biasanya pergi ke toko fisik untuk melihat langsung barang yang mereka inginkan. Tapi seiring tumbuhnya era digital, survey produk banyak orang lakukan secara online.

Saat mau beli handphone, misalnya, biasanya orang melakukan riset online. Entah lewat YouTube, ataupun cari review di internet. Setelah yakin dengan harga, spesifikasi, hingga kualitasnya, barulah mereka mau checkout keranjang belanjanya.

Faktanya, 85% orang memang melakukan riset online dulu sebelum bertransaksi digital (Oberlo, 2019). Dan, 79% orang percaya dengan review yang mereka baca di internet (Oberlo, 2021).

Tak heran, ZMOT menjadi strategi marketing modern yang dibutuhkan oleh bisnis kecil hingga besar sekalipun. Sebab, setiap penelusuran yang orang lakukan di internet berpotensi memberi peluang bagi bisnis Anda untuk ditemukan dan dikenali.

Apalagi, ZMOT mampu membentuk minat dan pengambilan keputusan konsumen terhadap sesuatu. Sehingga, mereka terdorong bertransaksi tanpa harus melihat langsung produknya.

Perjalanan Transaksi Digital dengan ZMOT

ZMOT adalah momen emas dalam perjalanan transaksi digital. Sebab, ZMOT mampu membentuk dan mempengaruhi keputusan pembelian calon konsumen.

Secara garis besar, ini momen-momen dalam transaksi digital:

  1. Stimulus: momen yang merangsang calon konsumen untuk mencari produk atau mempelajari brand;
  2. Zero Moment of Truth (ZMOT): saat ketika calon konsumen melakukan survey sebelum membuat keputusan pembelian;
  3. First Moment of Truth (FMOT): waktu di mana calon konsumen mempertimbangkan produk/brand Anda dengan kompetitor;
  4. Second Moment of Truth (SMOT): pengalaman pelanggan setelah menggunakan produk Anda.

Baca Juga: Apa Itu Customer Journey?

Inilah Manfaat ZMOT dan Mengapa Perusahaan Apapun Membutuhkannya

Mengapa manfaat ZMOT penting bagi bisnis? Ini dia jawabannya:

1. Menangkap Peluang Bisnis di Era Digital

Bagaimana cara calon konsumen menemukan brand Anda? Kalau Anda merasa toko fisik sudah cukup, berarti Anda akan melewatkan banyak peluang bisnis di era yang makin digital ini.

Perlu Anda tahu, 97% orang memakai search engine untuk menemukan bisnis tertentu (Safari Digital, 2022).

Jadi boleh dibilang, brand Anda makin mudah ditemukan calon konsumen ketika Anda menerapkan ZMOT. Semakin mudah dan sering brand Anda ditemukan, kesempatan mendapat transaksi pun makin besar.

2. Menjembatani Konsumen dengan Brand

ZMOT memungkinkan brand bertemu dan berdialog dengan calon konsumen tanpa harus bertatap muka. Misalnya, lewat ads, website, ataupun media sosial.

Alhasil, lebih mudah bagi brand untuk menjalin kedekatan dengan calon konsumen ataupun mempelajari apa yang mereka butuhkan.

Tak lain, lewat konten blog, interaksi di media sosial, ataupun ads mana yang menghasilkan klik/konversi. Selain mengenalkan brand Anda ke orang baru, Anda juga mendapat gambaran kebutuhan audiens lewat performa strategi marketing yang Anda jalankan.

3. Menanam Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand dan Produk

Faktanya, butuh 5 sampai 7 kali interaksi bagi seseorang untuk mengingat suatu brand (Pam Moore). Artinya untuk meyakinkan calon konsumen agar menggunakan suatu brand, butuh interaksi yang lebih sering lagi. 

Karenanya, ZMOT mau tak mau menuntut Anda untuk aktif secara digital. Entah melalui ads, sosial media, ataupun postingan blog yang muncul di Google. Sebab, dari melihat brand berkali-kali itulah, brand awareness pun semakin kuat.

Semakin familiar suatu brand bagi konsumen, jelas, kepercayaan konsumen akan meningkat. Sampai akhirnya, produk Anda tidak hanya menjadi wishlist, tapi juga dibeli.

4. Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Konsumen

Daripada mendorong transaksi, lebih sulit bagi brand untuk mempertahankan pelanggan.

Alasannya, konsumen sudah merasakan pengalaman baik dan buruk dengan brand Anda. Hal  itu justru malah mendorong mereka ke kompetitor. Entah karena faktor penasaran atau malah kompetitor Anda menawarkan harga lebih murah.

Nah, di sanalah fungsi brand loyalty. Lewat ZMOT Anda bisa membangun ikatan emosi yang kuat dengan pelanggan Anda. Sehingga meski kompetitor jual murah dan benefit lainnya, pelanggan tetap memilih brand Anda.

Minat konsumen itu bisa Anda pertahankan jika brand selalu menyediakan informasi relevan. Apalagi jika informasi tersebut bisa menjawab segala tanda tanya konsumen. Dan, informasi tersebut harus bisa mereka temukan dengan mudah. Entah lewat postingan blog, search engine, dsb.

Baca Juga: Apa Itu Brand Equity?

Sekarang, pasti Anda makin penasaran dengan ZMOT marketing. Agar lebih jelas, kami akan membocorkan bagaimana Niagahoster membangun ZMOT marketing untuk memenangkan hati customer.

Contoh ZMOT: Bagaimana Cara Niagahoster Memenangkan Hati Pelanggan?

Niagahoster berdiri pada tahun 2013. Dengan kata lain, dua tahun setelah ZMOT lahir.  Karena ZMOT adalah konsep yang cukup baru, tentu banyak tantangan bagi Niagahoster saat menerapkannya. 

Kira-kira, gimana ya cara Niagahoster menjalankan ZMOT dari dulu sampai sekarang? Mari kita putar ulang perjalanan Niagahoster.

1. Customer Service

Di tahun 2013, baru sedikit perusahaan yang mau menyediakan customer service 24 jam. Terutama di industri hosting.

Lalu pada tahun 2014, kami meluncurkan layanan customer service 24 jam. Agar, kami bisa lebih cepat merespons permasalahan konsumen. Mengingat, saat itu pengetahuan masyarakat akan teknologi masih sangat awam sehingga potensi masalahnya cukup banyak.

Kini, untuk makin memudahkan dan memaksimalkan komunikasi, konsumen kami bisa menghubungi customer service Niagahoster lewat perluasan channel ini: live chat, telepon, email, WhatsApp, hingga Telegram.

Baca Juga: Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

2. Blog dan Ebook

Niagahoster mulai uji coba strategi content marketing  pada tahun 2015. Tujuannya, untuk mengedukasi audiens tentang cara memaksimalkan internet untuk usaha mereka.

Pada awalnya, Niagahoster Blog memposting konten-konten umum yang kelihatannya menarik dan persaingannya sepi. Misalnya, template kartu nama untuk bisnis.

Sayangnya, konten seperti itu tidak dibutuhkan oleh target audiens Niagahoster. Jadi, kami pun belajar bahwa menjaring target pasar yang terlalu luas justru tidak membuahkan hasil maksimal.

Seiring waktu, Niagahoster Blog terus berkembang dan fokus membuat artikel dan ebook yang lebih relevan bagi target audiens. Baik topik bisnis online, web development, WordPress, dll.

Dengan begitu, kebutuhan audiens kami lebih terpenuhi dan masalah mereka bisa terselesaikan. Yang tentunya, akan memperkuat eksistensi Niagahoster sebagai solusi permasalahan mereka.

Makanya, jangan heran kalau Anda seringkali menemukan konten Niagahoster pada halaman teratas search engine.

3. Media Sosial

Media sosial membantu siapapun terhubung dengan orang lain. Begitu pula dengan brand Niagahoster. Faktanya, 52% brand ditemukan orang lewat media sosial (Hootsuite, 2020).

Oleh sebab itu, Niagahoster pun aktif di Facebook, Instagram, hingga TikTok. Nah, setiap media sosial ini digunakan untuk berkomunikasi dengan karakter target audiens yang berbeda.

Misalnya, lewat TikTok kami membagikan konten ringan yang menghibur dan cocok untuk audiens muda. Beda dengan Facebook yang audiens-nya mayoritas profesional yang berpengalaman dan lebih membutuhkan konten teknis dan praktikal.

Dengan bergabung ke berbagai media sosial, Niagahoster pun lebih membaur bersama target audiens. Jadi, Niagahoster bisa lebih strategis dalam mengenalkan brand sekaligus berinteraksi dengan calon konsumen.

Baca Juga: Social Media Marketing

4. Ads

Ads adalah salah satu cara instan menjangkau target audiens, yang bahkan sama sekali belum mengenal brand Anda. Entah dengan Google Ads, Facebook, Ads, Instagram Ads, dsb.

Itu juga langkah yang dilakukan Niagahoster. Selain itu, ads Niagahoster juga sudah kami atur supaya muncul ke target audiens yang sekiranya membutuhkan layanan kami.

Untuk membuktikannya, Anda bisa melihat kata kunci yang kami gunakan pada ads Niagahoster. Pasti, kami menggunakan keyword yang berhubungan dengan hosting, domain, ataupun website.

5. Niagahoster Forum

Strategi ZMOT marketing Niagahoster berikutnya, Niagahoster Forum. Ini adalah wadah di mana siapapun bisa berdiskusi apapun tentang dunia web hosting.

Tentunya, komunitas ini diciptakan agar target audiens dapat menyuarakan pengalaman dan kesulitan mereka. Sehingga, apapun masalahnya bisa diketahui dan teratasi lebih cepat karena mengandalkan kekuatan komunitas.

Seluruh temuan dalam forum tentu juga kami jadikan masukan untuk peningkatan layanan. Mulai dari temuan error terkait hosting, request konten tertentu, dan banyak lagi.

Baca Juga: Strategi Community Marketing

6. Events

Meskipun ZMOT memungkinkan Niagahoster menjaring pelanggan tanpa harus bertemu langsung, kami merasa akan ada banyak temuan menarik saat berdiskusi dengan calon pelanggan kami.

Oleh sebab itu, Niagahoster rutin meluncurkan event. Seperti Virtual Summit, Devcussion, BreakTalk, dsb.

Lewat event-event ini, calon konsumen bisa mendengar dan merasakan sendiri pengalaman menggunakan produk Niagahoster. Entah itu secara langsung dengan berbagai simulasi produk, maupun yang sifatnya tidak langsung seperti forum berbagi dan edukasi lainnya.

Intinya, interaksi semacam ini bisa membuat calon konsumen semakin yakin untuk menggunakan produk Niagahoster.

Baca Juga: Kenapa Pilih Niagahoster? Berikut Fakta & Keuntungan yang Anda Peroleh!

7. Channel YouTube

Memang, Niagahoster sudah memiliki Niagahoster Blog untuk memberikan berbagai konten inspiratif. Namun, Niagahoster ingin lebih memfasilitasi kebutuhan audiens, terutama yang terbantu dengan format video. Sehingga, audiens kami bisa lebih paham tanpa perlu menghubungi CS.

Itu sebabnya, sejak tahun 2016 Niagahoster menghidupkan channel YouTube Niagahoster Indonesia.

Pada awalnya, video YouTube Niagahoster hanya merilis video tutorial pendek seputar pengelolaan hosting. Namun ternyata, konten-konten ini tidak mampu menjangkau target audiens yang luas. Sebab, boleh dibilang kondisi pasar saat itu masih mentah dan asing produk hosting.

Setelah evaluasi, tahun 2019 YouTube Niagahoster mulai meluncurkan konten edukatif yang lebih umum. Seperti tutorial digital marketing, SEO, dsb. Yang mana, produk Niagahoster jadi terasa lebih relevan dengan kebutuhan pasar.

Baca Juga: YouTube Marketing

Dengan berbagai eksperimen ZMOT marketing, produk hosting Niagahoster pun sudah dikenal lebih luas dan kini kami berhasil memposisikan diri sebagai penyedia hosting terbaik di Indonesia.

Sudah Siap Lejitkan Bisnis dengan ZMOT?

Bisa Anda simpulkan, ZMOT adalah kunci keberhasilan marketing zaman sekarang. Menerapkan model marketing ini, Anda bisa memenangkan persaingan bisnis.

Tidak butuh modal banyak, memulai ZMOT bisa sesederhana menghidupkan media sosial, mengaktifkan WhatsApp Bisnis, ataupun membuat website.

Yang penting, platform tersebut bisa diakses dan mudah ditemukan calon konsumen. Dan jangan lupa, juga menyediakan informasi yang mereka butuhkan.

Nah kalau Anda mau platform digital yang fleksibel untuk menerapkan berbagai strategi marketing, website adalah jalan yang tepat. Pada website, Anda bisa membuat blog, ads, menghubungkan pelanggan ke medsos, dan banyak lagi.

Memang, proses pembuatan website itu butuh waktu. Tapi, itu bisa dipersingkat jika Anda menggunakan layanan yang tepat. Seperti layanan Website Instan dari Niagahoster.

Dengan Website Instan, Anda tinggal pilih mau bikin situs apa dari berbagai template yang sudah tersedia. Nantinya, website Anda bisa langsung siap pakai karena fitur-fiturnya sudah langsung jadi. Katalog produk, keranjang belanja, dan banyak lagi.

Jadi, kapan nih Anda mau melejitkan bisnis dengan ZMOT?


Tidak ingin ketinggalan insight seperti ini di kemudian hari? Masukkan email Anda dan klik subscribe sekarang! Kami akan memastikan Anda terus mendapatkan informasi bisnis terbaru & terhangat berikut info promo Niagahoster.

Benefita

Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Share
Published by
Benefita

Recent Posts

Spesifikasi Hosting untuk Moodle & Rekomendasi Jenis Hosting

Ingin menginstall Moodle di hosting tapi takut performanya anjlok? Yuk simak dulu rekomendasi hosting untuk Moodle yang tepat!

10 hours ago

25 Domain Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Hanya dengan belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan domain baru. Lalu kenapa ada orang yang membeli domain termahal sampai…

3 days ago

Apa Itu Google Domain dan Perbedaan dengan Domain Lain

Saat berselancar di internet, mungkin Anda menemukan Google Domain sebagai salah satu opsi untuk membeli domain website.  Yap, layanan yang…

4 days ago

Apa itu DOM di JavaScript? Mengenal DOM JavaScript

Jika Anda ingin mendalami JavaScript, Anda perlu tahu apa itu DOM. Yuk pelajari semua tentang JavaScript DOM di sini!

4 days ago

Perbedaan Domain dan Subdomain yang Perlu Anda Tahu

Bagi Anda yang menggunakan website pasti sering mendengar istilah domain dan subdomain. Tapi, apa ya perbedaan domain dan subdomain? Singkatnya,…

4 days ago

Apa itu Exact Match Domain: Contoh & Pengaruhnya pada SEO

Sebelum Google meng-update algoritmanya, exact match domain menjadi jalan pintas untuk meraih ranking #1 di hasil pencarian. Apa itu exact…

5 days ago