Tutorial

Cara Mengatasi Your Connection is Not Private Terlengkap!

Ketika sedang berselancar di internet, mungkin Anda pernah mendapatkan peringatan Your Connection is Not Private atau Your Connection is Not Secure saat akan membuka sebuah website. Peringatan tersebut bisa muncul disebabkan oleh berbagai faktor. Artikel ini akan membahas mengapa peringatan tersebut bisa muncul dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak bersama!

Kenapa Your Connection is Not Private Terjadi?

Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya pesan your connection is not private di browser:

1. Kendala Pada SSL Website

Error your connection is not private umumnya muncul karena website yang ingin Anda akses tidak aman. Tandanya adalah sertifikat SSL yang sudah kadaluarsa atau tidak ada sama sekali. Seperti yang Anda tahu, SSL adalah metode yang bertugas mengamankan akses website.

Ketika Anda berusaha mengakses website yang SSL-nya mati, browser akan memperingatkan Anda dengan menampilkan pesan “koneksi Anda tidak pribadi”.

2. Waktu dan Tanggal di Komputer Tidak Update

Penyebab lain munculnya peringatan “koneksi Anda tidak pribadi” adalah waktu dan tanggal di komputer tidak sesuai dengan waktu dan tanggal saat mengakses.

Misalnya, Anda mengakses website pada tanggal 30 Agustus 2022, tetapi waktu dan tanggal di komputer atau laptop Anda tercatat masih di tanggal 20 Agustus 2017.

Browser menggunakan waktu dan tanggal di komputer untuk memverifikasi sertifikat SSL situs yang Anda kunjungi. Jadi, browser akan menganggap SSL tidak berlaku, padahal tanggal komputer yang keliru.

3. Antivirus Terlalu Sensitif

Antivirus yang Anda gunakan bisa memicu munculnya pesan your connection is not private. 

Hal tersebut terjadi karena fitur SSL scanning di beberapa antivirus terlalu sensitif.  Alhasil, justru dapat memblokir website yang SSL-nya tidak dikenal. Padahal, website tersebut sebenarnya aman dikunjungi. 

4. Kendala pada Browser

Peringatan your connection is not private bisa muncul karena beberapa masalah di browser, yaitu:

  1. Permintaan dari browser ke server untuk mengirimkan data halaman website yang terhambat.
  2. Ekstensi browser yang bermasalah, sehingga menghambat verifikasi sertifikat SSL.
  3. Kinerja browser terbebani banyaknya data browsing, seperti history, cookies, dan cache.

5. Sistem Operasi Komputer Usang

Sistem operasi yang sudah usang bisa menyebabkan munculnya peringatan “koneksi Anda tidak pribadi”. Sebab, sistem operasi lama bisa saja sudah tidak cocok dengan proses yang dilakukan pada sistem SSL. Dengan begitu, permintaan browser dari sistem operasi lama tidak diijinkan demi keamanan pengguna.

6. Anda Menggunakan VPN

Alasan lain munculnya pesan error ini adalah penggunaan VPN. Sebab, VPN memiliki perlindungan keamanan yang justru bisa memblokir sertifikat SSL tertentu. Hal itu mencegah browser untuk membuka website yang ingin Anda akses.

7. Modem Internet Bermasalah

Ketika modem internet bermasalah, koneksi menjadi tidak stabil sehingga proses loading website bisa terganggu. Inilah yang juga menyebabkan muncul pesan koneksi Anda tidak pribadi.

8. Website Diblokir Penyedia Layanan

Beberapa penyedia layanan internet memblokir website tertentu karena alasan keamanan. Hasilnya, pesan “your connection is not secure” akan muncul saat Anda mengakses website-website seperti itu.

Cara Mengatasi Your Connection is Not Private

Ada berbagai cara untuk mengatasi penyebab-penyebab tadi, yaitu:

  1. Reload halaman website
  2. Restart modem internet
  3. Update pengaturan waktu dan tanggal di komputer Anda
  4. Update versi sistem operasi komputer
  5. Nonaktifkan fitur SSL scanning di antivirus
  6. Nonaktifkan ekstensi browser
  7. Hapus data browsing
  8. Gunakan mode incognito
  9. Jangan gunakan jaringan internet umum
  10. Matikan VPN
  11. Gunakan proxy untuk mengakses website
  12. Abaikan peringatan koneksi tidak aman

Yuk, simak penjelasan masing-masing cara tersebut! 

1. Reload Halaman Website

Salah satu cara mengatasi your connection is not private adalah klik tombol reload/refresh di browser. Dengan melakukan itu, browser akan mencoba memuat kembali website.

2. Restart Modem Internet

Jika dengan reload halaman kendala masih terjadi, coba lakukan restart modem. Caranya, matikan modem dan tunggu hingga 10 detik, lalu nyalakan modem kembali.

Langkah ini cukup jitu sebagai salah satu cara mengatasi your connection is not private.

3. Update Pengaturan Waktu dan Tanggal di Komputer Anda

Apabila pengaturan waktu dan tanggal komputer Anda salah, segera betulkan dengan  dua langkah berikut ini:

1. Klik kanan di klik jam dan tanggal di pojok kanan taskbar Anda, lalu klik Adjust date/time.

2. Klik tombol Change di bawah set the date and time manually untuk mengubah waktu dan tanggal. Anda juga bisa memilih agar waktu dan tanggal diatur secara otomatis agar waktu dan tanggal selalu ditampilkan dari data aktual dengan klik slider Set time automatically dan Set time zone automatically.

Dengan memperbarui pengaturan tanggal dan waktu komputer, masalah koneksi Anda tidak pribadi bisa teratasi.

4. Update Versi Sistem Operasi Komputer

Memperbarui sistem operasi yang sudah usang adalah cara mengatasi your connection is not private yang tepat. 

Dengan langkah tersebut, komputer akan memiliki fitur-fitur terkini yang diperlukan browser untuk memastikan keamanan website. Jadi, browser tidak terkendala saat akan memverifikasi sertifikat SSL untuk menampilkan halaman website.

5. Nonaktifkan Fitur SSL Scanning di Antivirus

Cara mengatasi your connection is not private selanjutnya adalah mematikan fitur SSL scanning di antivirus Anda. Kalau tidak ada opsi untuk menonaktifkan fitur tersebut, Anda perlu mematikan antivirus sementara dan mengakses website kembali.

Jika Anda bisa mengakses website tersebut tanpa kendala, artinya penyebab koneksi tidak pribadi adalah antivirus Anda.

6. Nonaktifkan Ekstensi Browser

Mematikan ekstensi browser bisa jadi cara mengatasi your connection is not private. Di Google Chrome, Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut:

1. Klik menu titik tiga di pojok kanan address bar.

2. Klik More tools > Extensions.

3. Klik slider yang ada di pojok kanan bawah masing-masing ekstensi. Matikan ekstensi satu per satu untuk mencari ekstensi yang bermasalah.

7. Hapus Data Browsing

Cara mengatasi your connection is not private yang lainnya adalah menghapus data browsing yang membebani browser. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Klik menu titik tiga di pojok kanan address bar.

2. Klik More tools > Clear browsing data.

3. Klik tab Advanced, lalu pilih data browsing yang ingin Anda hapus dan rentang waktunya, misalnya satu jam terakhir atau satu minggu terakhir. Klik Clear Data untuk menghapus data tersebut.

8. Gunakan Mode Incognito pada Browser

Menggunakan mode incognito bisa mengatasi masalah koneksi tidak pribadi yang disebabkan browser. Sebab, pada mode ini, browser tidak menggunakan ekstensi maupun menyimpan data browsing.

Di Google Chrome, Anda bisa mengaktifkan mode incognito dengan menekan tombol Ctrl + Shift + N di keyboard secara bersamaan.

9. Matikan VPN

Ketika Anda menggunakan VPN dan muncul peringatan koneksi Anda tidak pribadi, mematikan VPN sementara adalah pilihan tepat. Jika browser mampu memuat website yang Anda akses, artinya VPN Anda adalah penyebab error.

10. Gunakan Proxy untuk Mengakses Website

Apabila pesan koneksi Anda tidak pribadi muncul karena website diblokir penyedia layanan internet, Anda bisa mencoba menggunakan proxy untuk mengaksesnya.

Proxy menyembunyikan IP address perangkat Anda. Oleh karena itu, Anda tidak akan terpengaruh pemblokiran website yang umumnya dilakukan berdasarkan IP address pengakses.

Ada dua cara untuk memanfaatkan proxy. Pertama, Anda bisa menggunakan layanan proxy gratis seperti ProxySite, Hidester, dan Kproxy. Anda cukup mengetikkan alamat website yang ingin diakses di website layanan-layanan tersebut.

Kedua, mengaktifkan proxy di browser jika sudah memiliki alamat dan port proxy. Berikut ini adalah langkah setting proxy di Google Chrome:

1. Klik menu titik tiga di pojok kanan address bar, lalu klik menu Settings.

2. Klik Advanced > System, kemudian klik Open your computer’s proxy settings.

3. Klik slider Use a proxy server dan isi kolom Address dan Port. Klik tombol Save untuk menyimpan pengaturan proxy Anda.

11. Jangan Gunakan Jaringan Internet Umum

Jaringan internet umum biasanya tidak terenkripsi, sehingga pertukaran data antara perangkat Anda dengan website bisa disadap oleh hacker. Nah, browser membantu mengamankan Anda dengan menampilkan peringatan bahwa koneksi tidak pribadi.

Di kasus seperti itu, cara mengatasi your connection tidak private adalah menggunakan jaringan internet pribadi. Apabila website bisa muncul di browser, artinya jaringan umum yang Anda gunakan sebelumnya tidak aman

12. Abaikan Peringatan Koneksi Tidak Aman

Peringatan your connection is not private sebenarnya bisa Anda abaikan untuk mengakses website. Dengan catatan, penyebabnya karena sertifikat SSL kadaluarsa atau error.

Untuk mengabaikan peringatan, klik tombol Advanced di bagian bawah halaman. Kemudian, klik tombol Proceed yang muncul. Tombol itu hanya muncul jika website yang ingin Anda akses tidak diblokir penyedia layanan internet.

Meski tetap bisa mengakses website yang SSL-nya kadaluarsa atau error, Anda tetap harus berhati-hati, ya. Salah satu caranya, jangan mengisikan informasi pribadi seperti detail kartu kredit dan password jika diminta.

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Your Connection is Not Secure pada Browser

Siap Mengatasi Your Connection is Not Private?

Peringatan Your Connection is Not Private di browser Anda bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Anda perlu mengecek satu per satu, dari mana munculnya peringatan tersebut dan mengatasi masalah sesuai penyebabnya.

Jika ada pertanyaan, sampaikan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini. Jangan lupa juga Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan menarik seputar dunia online langsung dan spesial promo harga domain & hosting spesial Niagahoster dari email Anda.

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan

Recent Posts

Apa Itu UKM? Pahami Contoh Sampai Perbedaannya dengan UMKM!

UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!

2 days ago

Cara Install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS dengan Mudah

Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…

2 days ago

Pengganti Niaga Forum, Ini Layanan Niagahoster Lain untuk Tetap Up to Date

Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!

3 days ago

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain.  Dengan…

3 days ago

Produk Unggulan Niagahoster sebagai Alternatif Layanan EazyLink

Niagahoster berkomitmen membantu Anda meraih kesuksesan online. Nah, kami punya pemberitahuan terkait layanan EazyLink. Cek infonya di sini!

6 days ago

Apa Itu Reseller? Contoh, Cara Kerja, dan Tips Menjadi Reseller

Ingin berbisnis tapi tak punya modal yang cukup? Atau ingin memiliki usaha sampingan yang fleksibel tapi menjanjikan? Sangat bisa. Anda…

1 week ago