Categories: Company

Niagahoster Mengutamakan Keselamatan Karyawan Selama Pandemi: Tetap Work From Home atau Memberlakukan New Normal?

Semenjak kebijakan Work From Home (WFH) diberlakukan di Niagahoster pada 16 Maret 2020 lalu, banyak testimoni para Hoster Rangers yang dapat bekerja sekaligus berkumpul bersama keluarganya dengan tenang di masa pandemi COVID-19 ini. Namun, belakangan ini beredar imbauan pemerintah untuk segera memulai New Normal yang menyatakan karyawan dapat mulai kembali bekerja di kantor.

Lalu, bagaimana Niagahoster menghadapi transisi kebijakan tersebut? Simak kisahnya di artikel ini, ya.

“Work From Home” di Niagahoster

Tidak terasa sudah hampir tiga bulan para Hoster Rangers bekerja secara remote dari rumah masing-masing. Namun, tahukah Anda cerita di balik persiapan dan penerapan kebijakan Work From Home tersebut?

Persiapan Menuju WFH

Maulidya Sistiadna, Office Operation Manager Niagahoster memiliki peran besar terhadap kebijakan Work From Home yang kini diberlakukan oleh Niagahoster. Sejak imbauan untuk melakukan WFH dirilis oleh pemerintah, Maudy telah mempersiapkan dan memperhitungkan segalanya dengan matang. Mulai dari devices, koneksi internet, dan fasilitas penunjang kerja lainnya.

Puluhan laptop dibeli Maudy sejak seminggu sebelum diberlakukannya Work From Home, agar seluruh karyawan yang membutuhkan dapat menggunakannya ketika WFH dimulai. Salah satunya, digunakan oleh tim Customer Success Agent yang biasanya bekerja menggunakan PC di kantor, sehingga mereka membutuhkan penyesuaian alat kerja jika harus bekerja dari rumah. Mereka diberi pilihan untuk membawa pulang laptop atau PC dan Monitor yang biasanya mereka gunakan di kantor.

Tidak hanya device utama, Maudy juga telah mempersiapkan fasilitas pelengkap seperti tunjangan internet dan Wifi Receiver demi stabilitas koneksi, serta perlengkapan kerja seperti meja dan kursi demi kenyamanan Hoster Rangers selama bekerja dari rumah.

Sikap cekatan Maudy sebagai seorang Office Operation Manager ini merefleksikan salah satu budaya perusahaan Niagahoster, yakni Bias Toward Action, dimana para Hoster Rangers harus bisa bertindak cepat dan tepat berdasarkan situasi dan kondisi yang sedang dialami.

Implementasi Kebijakan WFH di Niagahoster

Meskipun Niagahoster menyediakan layanan hosting yang dapat dijangkau secara online, kami juga memberikan layanan offline bagi para pelanggan, sehingga mayoritas Hoster Rangers normalnya bekerja di kantor. Dengan adanya kebijakan Work From Home ini, tentunya terdapat beberapa penyesuaian dalam sistem kerja karyawan kami.

Salah satu perbedaan yang kentara selama diberlakukannya kebijakan WFH di Niagahoster dirasakan oleh tim People and Office Operation (HRGA). Seperti yang dialami oleh Maudy, yakni perubahan sistem pemenuhan kebutuhan operasional kantor yang kebanyakan dilakukan secara offline ke online. Contohnya, jika sebelumnya pemenuhan fasilitas kerja para karyawan Niagahoster dapat dilakukan secara tatap muka antara Maudy dan para Hoster Rangers di kantor, kini semua dialihkan secara remote. Semua devices dan perlengkapan kerja yang dibutuhkan Hoster Rangers akan dipaketkan menggunakan jasa ekspedisi demi keselamatan bersama.

Penyesuaian sistem kerja juga dilakukan oleh sub-tim hiring, atau yang dikenal sebagai Talent Acquisition Specialist di Niagahoster, dengan mengimplementasikan proses end-to-end online recruitment. Meskipun kami menerapkan sistem kerja full remote, kami tetap memberikan wadah dan kesempatan bagi para jobseekers untuk bergabung bersama kami secara online.

Selain itu, seluruh karyawan Niagahoster dituntut untuk dapat bekerja dan berkoordinasi jarak jauh, serta melayani pelanggan secara online sepenuhnya. Namun, tidak berarti hal ini menurunkan produktivitas para Hoster Rangers karena kami bekerja berlandaskan nilai Freedom and Responsibility.

“Secara prinsip, mengambil langkah full remote work dengan menerapkan kebijakan Work From Home ini bukan kebijakan yang terlalu sulit untuk diambil. Salah satu budaya Niagahoster, freedom and responsibility, memastikan setiap Hoster Rangers bisa bertanggung jawab terhadap kebebasan bekerja dari rumah yang diberikan. Proses bisnis tetap berjalan seperti biasa dan layanan pelanggan secara online 24 jam berjalan sebagaimana di situasi normal.”

Ayunda Zikrina, Brand Reputation Management Manager Niagahoster

Kondisi Kantor Niagahoster Selama Karyawan WFH

Meskipun seluruh Hoster Rangers bekerja dari rumah, Maudy tidak melupakan perawatan bangunan kantor yang telah ditutup selama masa Work From Home. Setiap hari selalu ada Office Boy dan Security yang bertugas.

Penjagaan secara ketat dilakukan oleh Security untuk memastikan area kantor selalu bebas dari virus COVID-19. Setiap orang yang keluar-masuk kantor wajib mengikuti protokol keselamatan COVID-19 – yakni mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, dan penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki bangunan utama.

Bangunan bagian dalam kantor yang kini sepi dari para karyawan juga rutin dibersihkan oleh Office Boy.

Bahkan, jadwal piket kebersihan kantor diatur sedemikian rupa agar tidak ada bagian yang terlewatkan dan selalu terjamin higienitasnya.

Harapannya, kantor akan selalu menjadi tempat yang aman bagi para Hoster Rangers jika mereka mulai kembali bekerja in-house.

Tindak Lanjut Niagahoster atas Imbauan “New Normal” dari Pemerintah

Meskipun pemerintah telah mengimbau untuk mulai menerapkan New Normal dalam menghadapi COVID-19, Niagahoster belum mengizinkan seluruh karyawan untuk mulai bekerja di kantor mengingat masih belum jelasnya efektivitas kebijakan ini.

“Butuh waktu dan langkah bijak untuk melihat dampak dari policy yang akan dan sudah dikeluarkan Pemerintah. Jika benar adanya relaksasi PSBB akan dieksekusi, masih ada potensi penyebaran Covid-19 ketika semua orang mengakses ruang publik dan kantor. Jadi kita akan menunggu paling sebentar 1 bulan setelah kebijakan new normal diumumkan dan diimplementasikan oleh pemerintah.
Tepatnya kapan? Tergantung efektivitas kinerja pemerintah dalam mengimplementasikan kebijakan new normal. Kalau ternyata terbukti efektif dan tidak menambah korban Covid, kita akan masuk kerja inhouse dengan banyak catatan sesuai dengan protokol Covid-19. Yang jelas, tidak dalam waktu dekat ini.”

Rheinjani Dora, People and Office Operation Manager Niagahoster

Meski bisnis kami terbilang stabil walaupun harus beralih full online dan seluruh Hoster Rangers harus Work From Home, tim People and Office Operation (HRGA) Niagahoster akan terus mengkaji change management dan mitigasi risiko untuk mempersiapkan workforce yang sesuai prosedur dan menjamin kesehatan seluruh karyawan sebelum mengizinkan mereka untuk kembali bekerja in-house. Tentunya kami berharap kelak pandemi ini segera berakhir dan seluruh karyawan dapat berkumpul kembali di kantor.

“Secara bisnis, kita beruntung karena bukan salah satu industri yang terdampak parah oleh pandemi ini sehingga roda bisnis kita tetap bisa berputar dengan style kerja WFH. Bahkan, this is our future workforce. This is our new normal.”

Rheinjani Dora, People and Office Operation Manager Niagahoster

Namun, dalam waktu dekat ini Niagahoster masih akan terus menerapkan kebijakan WFH demi keselamatan para Hoster Rangers. Bahkan, ada kemungkinan bahwa Work From Home menjadi “New Normal” Niagahoster, mengingat perusahaan kami bergerak di bidang IT.

Dalam situasi seperti ini, penting sekali untuk menjaga kesehatan bersama kan Hoster People?

Fitrana Amalia

Niagahoster's Talent Acquisition Specialist who loves to help others with her writing. She enjoys doing in-depth research to make every topic accessible to all readers.

Share
Published by
Fitrana Amalia

Recent Posts

DNSSEC: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Jika Anda sudah membaca artikel DNS kami, Anda akan paham pentingnya sistem ini bagi aktivitas online. Sayangnya, masih ada kelemahan…

24 mins ago

Panduan Lengkap Cara Membuat Struktur Website yang SEO Friendly

Tahukah Anda? Struktur website yang baik memudahkan navigasi user sekaligus bagus untuk SEO. Sebaliknya, tanpa struktur yang baik website Anda…

22 hours ago

7+ Cara Menjadi Programmer Handal dengan Penghasilan Jutaan Rupiah

Menjadi programmer adalah pekerjaan yang menjanjikan. Bayangkan, Anda dapat menghasilkan jutaan rupiah hanya berbekal laptop. Sayangnya, menjadi programmer yang andal…

2 days ago

7 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Jitu dan Menjual

Ketika berbisnis online, entah di marketplace atau website, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjang penjualan. Salah satunya, menulis…

3 days ago

Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce Bagi Pemula (2020)

Anda sudah memiliki website WooCommerce, tapi belum memanfaatkan platform lain untuk memasarkan bisnis? Kami sarankan Anda untuk menggunakan Facebook Shops. …

4 days ago

Ingin Menjadi WordPress Developer? Ini Dia Tipsnya!

WordPress dikenal sebagai salah satu CMS (Content Management System) terbaik. Lebih dari 34 persen seluruh website di internet saat ini…

5 days ago