Bisnis Online

5+ Tema WooCommerce Terbaik untuk Toko Online

WooCommerce themes atau tema WooCommerce mungkin bukan lagi hal yang asing bagi para pemilik bisnis online. Namun, ada kemungkinan juga ada beberapa pemilik bisnis online yang belum mengetahuinya.

Apa itu WooCommerce?

WooCommerce adalah plug-in yang digunakan untuk membuat toko online di platform WordPress. Dengan menggunakan WooCommerce ini, pemilik bisnis online dapat membuat konsumennya lebih mudah dalam berbelanja.

Tidak hanya mempercantik etalase untuk produk jualan Anda di website, WooCommerce juga dapat membantu memudahkan alur pemilihan produk, menempatkannya di keranjang belanja, hingga pemilihan tempat pengiriman, dan pilihan metode pembayaran. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari WooCommerce. Selengkapnya bisa Anda baca di laman ini.

Woocommerce pun telah dirancang agar dapat diubah sesuai kebutuhan dan keinginan pemilik website bisnis online. Pemilik bisnis online dapat menggunakan WooCommerce theme atau dari pihak ketiga.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kendala LSCache dan WooCommerce Theme

Dari beberapa WooCommerce themes yang ada, kami memilih lima tema terbaik dari ThemeForest yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik website toko online yang Anda kelola.

5 Woocommerce Themes Terbaik untuk Website Toko Online Anda

Flatsome

Tema pertama adalah Flatsome. Flatsome ini adalah tema terlaris di situs ThemeForest dengan penjualan mencapai 65.508 download. Flatsome menyediakan Live Page Builder yang memungkinkan penggunanya lebih mudah untuk mengatur tampilan toko onlinenya.

Selain itu, Flatsome sudah diterjemahkan ke lebih dari 12 bahasa. Tema ini dijual dengan harga 59 US Dollar. Berikut adalah beberapa bisnis online yang menggunakan tema Flatsome: Lollipop Design,  Natural Pet Group, dan Enju.

Berikut fitur-fitur yang akan Anda dapatkan dari Flatsome:

  • Support 24/7
  • Anda dapat bergabung ke komunitas pengguna Flatsome di Facebook dan saling berbagi tips dan cara menggunakan Flatsome. Anggota grup Facebook Flatsome berjumlah 9.960 orang.
  • Update layout setiap minggu
  • Live Page Builder. Fitur ini memungkinkan untuk mengatur tampilan toko online lebih mudah.
  • Kecepatan Optimal (Google Page Speed: 98/100, Desktop UX: 100/100, dan Mobile UX: 100/100)

Shopkeeper

Tema selanjutnya adalah Shopkeeper. Tema buatan GetBowTied ini sudah diunduh oleh 20.681 orang. Fitur spesial dari tema ini adalah pengunjung toko online dapat membesarkan gambar barang yang ingin ia beli. Jadi calon pembeli dapat melihat detail dari produk yang dipajang.

Shopkeeper juga menyediakan tiga layout blog yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik website bisnis online. Dengan adanya bermacam layout blog ini, pemilik bisnis online dapat membuat blog dengan tampilan yang diinginkan. Pemilik bisnis online harus mengeluarkan kocek sebesar 69 US Dollar untuk membeli tema ini.

Fitur yang akan didapatkan dari Shopkeeper:

  • Spport dan User Guide. Selain menyediakan support, Shopkeeper juga menyediakan user guide yang lengkap
  • Zoom produk
  • Tiga Layout Blog
  • Portofolio Gallery

Porto

Tema ketiga adalah Porto yang diproduksi oleh P-Themes. Porto menyediakan 30 layout laman utama sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis online. Pemilik website bisnis online dapat memilih layout yang paling sesuai dengan bisnisnya. Porto juga memiliki fitur social sharing yang memungkinkan pengunjung dapat membagikan produk yang ia lihat langsung ke media sosial yang diinginkan. Tema ini sudah diunduh oleh 15.780 orang dan dijual dengan harga 59 US Dollar.

Fitur-fitur yang disediakan:

  • Online Documentation
  • Free Update
  • Unlimited Header
  • Empat variasi layout (Max width, Sidebar, Sliders, dan Category pages)
  • Mega menu dan vertical mega menu
  • Superfast WordPress Theme
  • Retina Ready. Porto dapat menyediakan gambar dengan kualitas gambar tinggi

The Retailer

Kemudian ada tema The Retailer dengan jumlah download mencapai 13.888 kali. Tema ini merupakan tema yang juga diproduksi oleh GetBowTied. Produsen yang sama dari Shopkeeper. Berbeda dari Shopkeeper, The Retailer lebih sederhana dilihat dari segi tampilannya. Harganya pun lebih murah, yaitu 59 US Dollar.

Fitur-fitur The Retailer:

  • User Guide
  • Built in Report (Fitur untuk menyusun laporan pelanggan, jumlah penjualan, dan stok barang)
  • Theme Option Panel
  • 650+ Google Webfonts
  • Portofolio Gallery
  • Fully Responsive Design Super Mobile-Friendly

Bazar Shop

Terakhir, ada tema dari Sara_P, yaitu Bazar Shop. Bazar Shop ini menyediakan fitur zoom produk yang memudahkan pengunjung untuk memeriksa detail produk. Selain itu, disediakan juga plug in Pop Up News and Offer. Jadi pengunjung dapat langsung mengetahui jika ada penawaran terbaru dari toko online tersebut. Tema ini dijual dengan harga 64 US Dollar dan sudah diunduh 11.503 kali.

Fitur-fitur yang tersedia di Bazar Shop:

  • Wishlist feature
  • Zoom effect
  • Plug in pop up untuk penawaran terbaru
  • Megamenu with image support
  • Catalog mode
  • Shortcode manager with 300+ shortcodes

WooCommerce Themes Gratis

Lima tema WooCommerce di atas adalah tema-tema berbayar. Tema berbayar memang memberikan fitur lebih banyak dibandingkan tema gratis. Namun, jika Anda sedang tidak memiliki dana untuk membeli tema WooCommerce berbayar, Anda juga dapat menggunakan tema gratis WooCommerce. Salah satunya adalah Boutique. Boutique ini adalah tema gratis yang disediakan langsung oleh WooCommerce sendiri. Karena Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan tema ini, fiturnya memang sedikit.

Beberapa fitur yang disediakan adalah template yang sudah termasuk sidebar di dalamnya. Lalu Anda juga bisa menampilkan produk Recent, Top Rated, dan On Sale berdekatan dengan sidebar.

Kesimpulan

Demikian WooCommerce Themes Terbaik 2018 yang bisa digunakan oleh para pemilik bisnis online. Anda dapat memilih salah satu di antara enam tema di atas. Tentunya disesuaikan dengan jenis bisnis online yang Anda kelola dan keuangan Anda. 

Bila Anda masih belum begitu paham dengan WooCommerce dan instalasinya Anda dapat mengunduh e-book kami yang membahas tentang WooCommerce. Selamat mencoba!

Ilham Mubarok

Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Share
Published by
Ilham Mubarok

Recent Posts

7+ Kasus Hacking yang Menggemparkan Indonesia dan Penyebabnya

Tidak perlu repot-repot ke luar negeri atau nonton film untuk mencari tahu bagaimana hacker beraksi. Indonesia sendiri ternyata adalah magnet…

5 hours ago

Apa Itu Agile? Pengertian, Prinsip, Metode, dan Kelebihan [Terlengkap]

Agile adalah sebuah metode pengembangan software yang kian populer. Metode ini semakin banyak digunakan karena bisa membantu developer menciptakan software…

1 day ago

Cara Remote Database MySQL di cPanel (Terupdate)

Dalam mengelola database, Anda ternyata juga bisa melakukan remote database MySQL, lho! Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses database walau…

2 days ago

21+ Usaha Jasa yang Menjanjikan Profit Berlipat

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, membuka sebuah usaha jasa bisa jadi pilihan yang tepat. Terutama jika Anda memiliki keahlian…

3 days ago

Cara Inspect Element Praktis [Tercepat dan Terlengkap]

Tahukah Anda kalau ada fitur super keren di browser Anda bernama inspect element?  Dengan fitur ini, Anda bisa memeriksa berbagai…

3 days ago

Sales Funnel: Kenapa Penting dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Punya website toko online dengan traffic tinggi, tapi angka penjualan segitu-gitu saja? Bisa jadi ada strategi yang kurang tepat untuk…

4 days ago