Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

WooCommerce Blocks 8.6.0 Dirilis dengan Fitur Cross-Sells Products

2 min read

[FI] WooCommerce Blocks 8.6.0 Dirilis dengan Fitur Cross-Sells Products

Anda pemilik website toko online berbasis WooCommerce di WordPress? Jika ya, ada kabar gembira untuk Anda. Salah satu plugin resmi bernama WooCommerce Blocks telah merilis versi terbarunya, WooCommerce Blocks 8.6.0.

WooCommerce Blocks 8.6.0 ini dibekali sebuah fitur penting yang sudah lama dinantikan penggunanya, yakni Cross-Sells Products Block. Apa itu Cross-Sells Products? Bagaimana cara menggunakannya? Mengapa fitur ini begitu penting?

Langsung saja, ini dia artikel selengkapnya!

Plugin WooCommerce Blocks 8.6.0 Terbaru Resmi Dirilis!

woocommerce blocks

Pada tanggal 27 September 2022, tim developer WooCommerce merilis versi terbaru dari plugin WooCommerce Blocks yang diberi nama WooCommerce Blocks 8.6.0.

WooCommerce Blocks adalah plugin resmi dari WooCommerce, platform toko online berbasis WordPress. Fungsi WooCommerce Blocks adalah untuk memudahkan Anda menampilkan produk jualan, baik di halaman web maupun di postingan blog.

Bagi yang belum pernah menggunakannya, WooCommerce Blocks 8.6.0 ini bisa Anda install secara gratis melalui repository plugin WordPress. Namun jika Anda sudah pernah menginstallnya, Anda bisa mengupdate versi teranyarnya via menu Updates.

woocommerce blocks 8.6.0

Seperti yang kami sampaikan di awal, WooCommerce Blocks 8.6.0 membawa fitur unggulan baru, yaitu Cross-Sells Products Blocks. Yuk menuju poin berikutnya untuk mengenal lebih dekat fitur yang satu ini!

Mencoba Fitur Cross-Sells Products di WooCommerce Blocks

fitur cross sells products woocommerce blocks 8.6.0

Cross-Sells Products adalah fitur baru di WooCommerce Blocks 8.6.0 yang berfungsi untuk menampilkan produk terkait atau related item berdasarkan barang yang saat itu hendak dibeli pelanggan.

Jika diaktifkan, rekomendasi produk terkait akan muncul di keranjang belanja milik pelanggan. Tujuannya untuk mendorong pengguna tersebut membeli barang tambahan, selain item yang memang akan mereka checkout.

opsi cross selling di fitur cross sells products block

Untuk mengaktifkan fitur Cross-Sells Products, silakan menuju menu Products > All Products dari sidebar sebelah kiri. Di sini, pilihlah produk utama yang hendak dihubungkan dengan produk lain.

Kemudian, silakan klik opsi Linked Products. Setelah itu, Anda bisa mulai mengisi produk terkait di kolom Cross-sells. Oh ya, maksimal related item yang bisa dimasukkan adalah enam produk ke dalam dua baris.

Jika sudah, hasil akhirnya kurang lebih seperti ini:

hasil akhir cross sells products di woocommerce blocks 8.6.0

Sedikit catatan, opsi kustomisasi fitur Cross-Sells Products ini masih terbatas. Tercatat, Anda hanya bisa menggeser penempatan produk terkait ke atas atau ke bawah keranjang belanja. Belum ada opsi untuk mengatur warna background, lebar kolom, dan sebagainya.

Namun sebagai permulaan, fitur ini sudah cukup oke, kok. Apalagi di masa mendatang, tim WooCommerce menjanjikan perbaikan dan opsi kustomisasi yang lebih variatif di Cross-Sells Products Block.

Apalagi, menggunakan teknik cross selling itu cukup penting sebagai upaya meningkatkan penjualan online. Kenapa demikian? Scroll menuju poin di bawah ini, ya!

Pentingnya Cross Selling dalam Meningkatkan Penjualan Online

cross selling adalah

Cross selling adalah metode untuk menawarkan produk tambahan kepada calon pembeli. Biasanya, produk tambahan yang ditawarkan ini berupa pelengkap atau produk lain yang masih berhubungan dengan produk utama.

Anda bisa menjumpai produk-produk cross selling di berbagai website toko online. Mereka biasa ditampilkan dengan label “Produk terkait”, “Lainnya di toko ini”, atau “Anda mungkin juga tertarik”.

contoh teknik cross selling

Nah, teknik cross selling ini sebenarnya bisa meninggalkan impresi positif ke pengunjung. Sebab, toko online Anda dianggap sebagai solusi lengkap yang tak hanya menawarkan produk utama, tapi juga barang tambahannya juga.

Selain itu, metode cross selling juga punya potensi untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Alasannya, jumlah item yang dibeli dalam sekali transaksi jadi bertambah, kan?

Namun tentu saja, cross selling bukan satu-satunya cara agar penjualan di toko online lebih nendang. Masih banyak tips dan trik lain yang bisa Anda praktikkan. Mulai dari menerapkan aneka strategi marketing, atau melakukan promosi di luar website.

Ingin tahu lebih lengkapnya? Gampang, semuanya bisa Anda temukan di panduan 35+ Tips Ampuh Meningkatkan Penjualan Online Melalui Website yang telah Niagahoster sediakan. Yuk download sekarang juga, gratis!

download ebook tips ampuh meningkatkan penjualan

Sumber

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *