Tutorial

Tutorial Setting Metode Pembayaran WooCommerce dengan Biteship

Biteship adalah platform pemesanan jasa kirim berbagai layanan logistik. Kalau ingin menggunakannya di toko online Anda, cukup integrasikan plugin Biteship dengan WooCommerce WordPress Anda. 

Cara memasang shipping WooCommerce dengan Biteship pun cukup mudah, loh! Ingin tahu cara setting metode pembayaran WooCommerce dengan Biteship sebagai plugin ongkos kirim?

Anda telah menemukan artikel yang tepat! Kami akan membahas lengkap cara memasang plugin Biteship, mulai dari integrasi plugin dengan WooCommerce, sampai testing plugin Biteship.

Yuk, simak lebih lanjut!

Cara Memasang Shipping WooCommerce dengan Biteship

Memasang shipping WooCommerce dengan Biteship dapat dilakukan dengan lima langkah saja, yaitu :

  1. Mendapatkan Plugin Biteship melalui Member Area Niagahoster
  2. Integrasi Biteship dengan WooCommerce
  3. Install Biteship di WordPress
  4. Setting Plugin Biteship
  5. Testing Plugin Biteship

Nah, ini dia penjelasan lengkapnya :

1. Mendapatkan Plugin Biteship melalui Member Area Niagahoster

Bagi pengguna Niagahoster, cara mendapatkan plugin Biteship yang termudah adalah melalui Member Area.

Pertama-tama, Anda bisa menukarkan 100 poin Niagahoster dengan kupon sponsorship Biteship dengan mengakses Dashboard Niagahoster Poin.

Jika poin Anda mencukupi, penukaran poin bisa dilakukan dengan memilih menu Sponsorship pada bagian Kupon Lainnya. Kemudian, pilih kupon Plugin Ongkos Kirim Biteship.

Pada informasi syarat dan ketentuan plugin Biteship, centang kalimat persetujuan, dan klik Gunakan Sekarang untuk menukarkan poin.

Jika penukaran poin dan kupon sudah berhasil, silahkan cek email Anda untuk mendapatkan link yang akan digunakan untuk registrasi akun Biteship khusus member Niagahoster.

Link tersebut akan mengarah ke halaman berikut ini :

Secara otomatis, kolom email saat registrasi Biteship akan terisi oleh email yang Anda gunakan untuk akun member Niagahoster. Kemudian, masukkan password Anda dan klik Submit untuk membuat akun Biteship.

Jika akun sudah berhasil dibuat, silahkan Login dengan email dan password yang telah dibuat sebelumnya untuk mengakses dashboard akun Biteship Anda.

Mudah bukan cara mendapatkan plugin melalui Member Area Niagahoster? Apalagi, Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa bantuan dari Tim Customer Success Specialist Niagahoster apabila mengalami kesulitan saat instalasi plugin.

2. Integrasi Biteship dengan Woocommerce

Setelah masuk ke halaman beranda akun Biteship Anda, pilih menu Integrasi yang terdapat pada sidebar menu. Lalu, scroll ke bawah dan klik tombol Aktifkan pada pilihan WooCommerce.

Selanjutnya, Anda perlu memilih paket WooCommerce yang akan Anda gunakan. Ada 4 paket yang tersedia, yaitu : Free, Essentials, Standar dan Premium. Keempat paket ini memiliki perbedaan pada jumlah layanan jasa pengiriman yang tersedia.

Dengan kupon dari Niagahoster, Anda sudah bisa menggunakan paket layanan yang Free. Jangan lupa, klik tombol Aktifkan untuk mengaktifkan paket.

Jika sudah aktif, maka kunci API akan terbuat. Kunci ini merupakan lisensi Biteship yang akan digunakan saat melakukan setting plugin Biteship di WordPress.

Salin kode tersebut dan simpan di catatan pribadi Anda, karena kunci API ini hanya dapat ditampilkan satu kali.

Namun, jika Anda lupa menyimpannya, Anda bisa membuat ulang kunci API dengan cara klik tombol Buat Ulang seperti pada gambar berikut ini :

Nah, sampai sini Anda sudah mendapatkan kunci API untuk integrasi Biteship dengan WooCommerce. Sekarang, saatnya melakukan instalasi plugin Biteship di WordPress.

3. Install Biteship di WordPress

Instalasi plugin Biteship dilakukan melalui dashboard admin WordPress Anda. Namun, pastikan plugin WooCommerce sudah terinstall pada WordPress terlebih dulu.

Caranya Anda bisa memilih Add New pada menu Plugins. Lalu, ketikkan biteship pada kolom pencarian plugin. Jika sudah ditemukan, klik Install Now.

Tunggu beberapa saat hingga instalasi selesai dilakukan. Kemudian, klik Activate untuk mengaktifkan plugin.

Untuk mengecek apakah plugin Biteship sudah terinstall dan aktif, silahkan masuk ke sub menu Settings pada menu WooCommerce. Lalu, pilih tab menu Shipping

Install plugin biteship

Jika sudah terinstall, Anda akan melihat menu Biteship seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

4. Setting Plugin BiteShip

Pada halaman Shipping Biteship, scroll ke bawah dan isikan detail setting Biteship .

Pertama, salin kunci API yang telah Anda peroleh dari website Biteship pada langkah sebelumnya. Kemudian, masukkan kunci tersebut pada kolom Biteship License.

Kedua, pilih By District and Postal Code pada kolom Customer address type.

Ketiga, masukkan alamat lengkap lokasi pengiriman pada kolom Active address dan kode pos pada kolom ZIP code.

Keempat, ketik angka 1 pada kolom Default Shipping Weight untuk mengatur berat default barang yang dikirim dalam ukuran kilogram.

Kelima, jika semua detail sudah terisi seperti pada gambar di atas, klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Keenam, ketika tampilan berubah seperti pada gambar di bawah ini, pilih Active address yang telah dimasukkan sebelumnya. Lalu, klik Save Address untuk menyimpan alamat.

Ketujuh, pilih jasa kirim yang akan Anda gunakan. Untuk mengaktifkannya, pindahkan toggle menjadi ON pada jasa kirim yang Anda pilih. Jangan lupa, klik Save Changes.

Nah, itu dia pengaturan yang dibutuhkan pada plugin Biteship. Seharusnya, plugin Biteship sudah dapat berjalan dengan baik di website WordPress Anda. Yuk, mari coba lakukan testing dulu!

5. Testing Plugin BiteShip

Untuk melakukan testing, Anda bisa mencoba melakukan pembelian produk, sampai ke menu checkout. Isikan juga detail pengiriman dan alamat tujuan pengiriman, ya.

Kalau berbagai pilihan jasa kirim muncul ketika Anda memasukkan kode pos pada kolom Postcode/ZIP, artinya plugin Biteship sudah berjalan dengan baik di website toko online Anda.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara memasang shipping WooCommerce dengan Biteship. Sangat mudah, bukan? Hanya perlu lima langkah, kok.

Mari pelajari kembali cara melakukan setting metode pembayaran WooCommerce dengan Biteship:

  • Mendapatkan Plugin Biteship melalui Member Area Niagahoster
  • Melakukan integrasi Biteship dengan WooCommerce
  • Menginstall plugin Biteship di WordPress
  • Melakukan setting pada plugin Biteship
  • Melakukan testing plugin Biteship

Plugin Biteship memudahkan Anda untuk mengelola berbagai kurir jasa pengiriman dalam satu platform. Bagi pengguna Niagahoster, plugin ini juga bisa didapatkan dengan mudah melalui Dashboard Niagahoster Poin.

Anda hanya perlu menukarkan 100 Poin untuk menikmati layanan plugin Biteship dan Anda akan mendapatkan bantuan dari Tim Customer Success Specialist Niagahoster. 

Tapi, bagaimana cara mendapatkan Niagahoster poin, ya?

Poin dari Niagahoster akan Anda dapatkan setiap kali melakukan transaksi pembelian produk dan layanan. Jadi, semakin sering bertransaksi, semakin banyak poin yang Anda dapatkan.

Tertarik untuk mendapatkan poin agar bisa menggunakan fitur plugin Biteship ongkos kirim? 

Nida Regita F

SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Share
Published by
Nida Regita F

Recent Posts

10 Website Buat CV Online Gratis, Bikin HR Jatuh Hati! [Bonus Tips]

Sudah sebar Curriculum Vitae (CV) ke banyak perusahaan, tapi tak pernah lolos? Jangan minder dulu. Belum tentu karena pengalaman Anda…

2 days ago

Cara Upload File Nuxt.js di Hosting

Nuxt.js adalah framework yang kian populer untuk membuat aplikasi website. Salah satu kelebihan framework ini adalah SEO Friendly.  Anda sedang…

3 days ago

Produk & Fitur Update September 2021

Setiap harinya kami terus melakukan perbaikan kualitas produk & layanan demi kemudahan para pelanggan Niagahoster. Nah, apa saja update selama…

4 days ago

Cara Membuat Website dengan PHP

Anda ingin membuat website sendiri, tapi bingung mulai dari mana? Tenang, ada cara membuat website dengan PHP dari awal yang…

4 days ago

Denny Triana: A Day in the Life of Engineering Manager

Belum banyak orang tahu kalau di balik website yang hebat, ada peran web engineer.  Web engineer lah yang bertanggungjawab atas…

5 days ago

Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian dan Cara Mengukurnya

Kepuasan pelanggan bukan hanya dari produk, lho! Total ada enam indikator kepuasan pelanggan yang harus Anda ketahui. Yuk, simak selengkapnya.

6 days ago