Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Wix vs WordPress, Manakah yang Tepat untuk Anda?

7 min read

Cara Migrasi Wix ke WordPress

Wix vs WordPress? Mungkin Itu pertanyaan yang muncul ketika Anda ingin membuat website yang tidak perlu pemahaman coding. Wix nampak begitu mudah digunakan. Namun di lain sisi, sudah jutaan orang yang menggunakan WordPress.

Jadi, mana yang harus dipilih?

Tak perlu pusing-pusing memikirkan jawabannya sendiri. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memahami perbedaan antara Wix vs WordPress. Dengan begitu, Anda tidak lagi bingung mau pilih yang mana.

Tanpa basa-basi lagi, yuk pelajari WordPress vs Wix!

WordPress Hosting CTA Button

Apa Itu Wix dan WordPress?

Sebelum membahas lebih jauh perbedaan Wix dan WordPress, sebaiknya Anda memahami dulu apa itu Wix dan WordPress.

Singkatnya, Wix adalah adalah platform pembuatan situs web, alias website builder, yang sederhana dengan antarmuka drag-and-drop. Sedangkan WordPress adalah content management system untuk membuat serta mengelola website.

Meskipun keduanya sama-sama populer sebagai platfom blog, sebenarnya Wix vs WordPress tidak sama. Mari pelajari perbandingan Wix vs WordPress pada penjelasan berikutnya!

Perbandingan Wix vs WordPress

Pada bagian ini, Anda akan mengetahui perbandingan antara Wix vs WordPress. Meskipun sama-sama berfungsi untuk membuat website, kedua platform ini menawarkan cara penggunaan yang berbeda. Mari simak selengkapnya!

1. Kemudahan Penggunaan

Baik Wix dan WordPress seringkali dijadikan solusi bagi orang-orang yang ingin membuat website dengan mudah. Meski sama-sama memberikan kemudahan penggunaan, Wix vs WordPress menawarkan sudut pandang yang berbeda.

Wix memang dirancang untuk orang-orang dengan nol atau minim sekali pengalaman teknis. Dengan Wix, Anda tak perlu repot belajar koding. Semuanya bisa dilakukan dengan klik. 

dasbor Wix vs WordPress

Di sisi lain, WordPress sebenarnya juga cukup mudah digunakan. Namun jika ingin memaksimalkan potensi WordPress dengan lebih baik, terkadang Anda perlu mempelajari coding.

Meski begitu, WordPress akan bagus Anda gunakan dalam jangka panjang. WordPress memastikan Anda mendapatkan layanan yang terbaru, teroptimasi, dan terbaik. 

Dasbor WordPress

2. Kustomisasi Desain dan Tampilan

Perbedaan Wix vs WordPress selanjutnya, dalam hal kustomisasi desain dan tampilan.

Wix menyediakan antarmuka drag-and-drop yang user-friendly, sehingga Anda bisa melakukan kustomisasi desain dan tata letak dengan cukup mudah.

Lewat editor ini, Anda bisa menambah halaman dan menu, memasang beraneka fitur sesuai kebutuhan website, hingga menghubungkan metode pembayaran.

halaman editor Wix

Sayangnya, kemampuan kustomisasi pada Wix cukup terbatas. Anda hanya bisa melakukan pengeditan melalui fitur yang Wix sediakan.

Sedangkan di WordPress, kustomisasinya cukup fleksibel dan dapat disesuaikan. Apalagi, tersedia ribuan tema yang bisa Anda modifikasi, serta plugin untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas website.

Kalau Anda lebih suka fitur drag-and-drop, Anda juga bisa kok mendapatkannya di WordPress. Caranya, cukup instal plugin Elementor dan tampilan WordPress pun bisa diedit melalui antarmuka drag-and-drop.

WordPress dengan Elementor

3. Hosting dan Domain

Pemilihan platform web hosting adalah aspek penting dalam memutuskan antara Wix dan WordPress saat membangun web. Karena, kedua platform ini memiliki pendekatan yang berbeda terkait web hosting.

Wix memang menyediakan hosting gratis dengan subdomain Wix. Namun jika Anda ingin menggunakan domain kustom, Anda perlu berlangganan layanan premium Wix, yaitu mulai dari $4.50 atau sekitar Rp68.000 per bulan.

penawaran domain Wix

Selain itu, hosting juga sepenuhnya dikendalikan oleh Wix. Anda hanya memiliki ruang penyimpanan gratis hingga 500MB saja. Yang artinya, Anda tidak bisa mengunggah banyak media seperti gambar dan video.

Lalu bagaimana dengan WordPress? WordPress adalah layanan open source yang gratis. Namun, jika menginginkan performa yang lebih baik, kami sarankan Anda menggunakan layanan hosting berbayar.

Alasannya, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat yang tidak tanggung-tanggung. Mulai dari kapasitas penyimpanan luas, kemudahan pengaturan, lapisan keamanan, hingga dukungan teknis yang andal.

Di Niagahoster, misalnya, Anda bisa mendapatkan layanan WordPress Hosting terbaik dengan harga super terjangkau, mulai dari Rp24.990 saja per bulan. Anda juga bisa mendapatkan domain gratis jika berlangganan lebih dari setahun.

4. Biaya

Ketika mempertimbangan WordPress vs Wix untuk membuat situs web, biaya adalah faktor yang perlu Anda pertimbangkan ini.

Wix memiliki opsi layanan gratis. Namun fiturnya cukup terbatas, mulai dari ruang penyimpanan hanya 500MB, iklan Wix yang tidak bisa dihilangkan di bagian atas website, fitur pelacakan mengharuskan paket berbayar, hingga kesulitan untuk melakukan transfer website.

Sedangkan paket premium Wix sendiri pun relatif mahal, yaitu sekitar Rp68.000 hingga Rp374.000 per bulan.

daftar harga Wix

Beralih ke WordPress, CMS ini sebenarnya gratis untuk digunakan. Namun, Anda perlu membayar untuk layanan domain dan hosting. Besaran biayanya tergantung dengan kebutuhan Anda sendiri.

Di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan layanan Web Hosting mulai dari Rp24.990 hingga Rp150.000 saja per bulan. Harga ini sudah termasuk denan domain gratis, AI website builder, hingga proteksi keamanan yang tinggi. 

daftar harga Web Hosting Niagahoster

5. Ecommerce

Jika Anda ingin menjalankan toko online, baik Wix dan WordPress menawarkan fitur ecommerce yang layak menjadi perbandingan. Mari eksplorasi perbedaan fitur ecommerce kedua platform ini.

Sebagai website builder untuk pemula, Wix menyediakan berbagai fitur toko online yang mudah digunakan. Melalui dasbor Wix, Anda bisa mengelola:

  • Produk toko, termasuk kategori produk dan ketersediaan stok.
  • Layanan pemesanan, seperti janji dan kelas.
  • Kalender pesanan untuk staf dan jadwal kerja. Anda juga bisa memasang aplikasi pemesanan seperti Mailchimp, generator kupon, da booking list.
  • Program loyalitas. Anda bisa membuat program loyalitas di Wix.
manajemen inventaris Wix

Pada WordPress sendiri, Anda juga bisa membangun toko online dengan mudah melalui WordPress plugin WooCommerce. Plugin ini memungkinkan website Anda memiliki:

  • Manajamen produk. Anda dapat dengan mudah menambahkan, mengedit, dan menghapus produk dari toko online Anda. Setiap produk dapat memiliki gambar, deskripsi, harga, dan informasi terkait lainnya.
  • Manajemen inventaris. WooCommerce memungkinkan Anda untuk memantau stok produk secara otomatis dan menerima notifikasi ketika stok hampir habis.
  • Ulasan dan peringkat produk. WooCommerce memungkinkan pelanggan memberikan ulasan dan peringkat produk, yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Analitik dan statistik. Anda dapat menggunakan plugin analitik seperti Google Analytics untuk melacak kinerja toko online Anda, termasuk penjualan, lalu lintas, dan lainnya.
Tampilan WooCommerce WordPress

WordPress dengan WooCommerce adalah pilihan yang bagus untuk toko online karena fleksibilitas, dukungan komunitas, dan sejumlah besar plugin tambahan yang tersedia untuk menyesuaikan toko online dengan kebutuhan Anda.

6. SEO

Perbedaan Wix vs WordPress berikutnya yaitu pada pengaturan search engine optimization alias SEO.

Perbedaan dalam SEO (Search Engine Optimization) antara Wix dan WordPress terutama tentang sejauh mana Anda memiliki kendali dan fleksibilitas dalam mengoptimalkan situs Anda. 

Di Wix, Anda akan memiliki panel SEO untuk mengoptimalkan kinerja mesin pencari. Terdapat asisten SEO yang bisa memberitahu Anda apa saja masalah SEO pada website dan hal-hal yang perlu Anda kerjakan.

Sayangnya, fitur-fitur SEO ini cukup terbatas untuk versi gratis, sehingga Anda mungkin perlu menggunakan paket premium.

halaman pengoptimalan mesin pencari SEO Wix

Namun kabar gembiranya, di Wix Anda bisa melakukan beberapa pengaturan teknis SEO dengan mudah. Misalnya, membuat peta situs (XML) secara otomatis, mengedit robots.txt, hingga melakukan verifikasi situs.

Sementara Wix dapat memfasilitasi penggunaan awal yang lebih mudah untuk SEO bagi pemula, WordPress memberikan fleksibilitas dan kontrol yang jauh lebih besar untuk siapapun yang ingin mengoptimalkan situs web mereka sesuai kebutuhan.

WordPress menyediakan sejumlah plugin SEO yang bagus seperti Yoast SEO dan All in One SEO Pack.  Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan setiap halaman dan posting secara mendalam.

Yoast SEO

Selain itu, Anda dapat mengatur struktur URL, meta deskripsi, mengendalikan robot.txt, dan menghasilkan sitemap XML sesuai kebutuhan Anda.

7. Keamanan

Kalau soal keamanan, Wix atau WordPress nih yang lebih juara?

Wix.com adalah platform yang keamanannya dikenal bagus. Di sini tersedia pembaruan keamanan otomatis, serta perlindungan DDoS yang kuat agar website terhindar dari kejahatan cyber.

Sementara itu, WordPress lebih memberikan kendali keamanan kepada penggunanya. Artinya, Anda perlu aktif dalam mengelola pembaruan perangkat lunak, tema, dan plugin.

Oleh sebab itu, saat memiliki content management system ini, sebaiknya Anda memakai penyedia layanan hosting terbaik. Di Niagahoster, misalnya, Anda bisa melakukan update WordPress secara otomatis dan hosting juga dibekali keamanan berlapis.

8. Skalabilitas

Skalabilitas adalah faktor penting dalam memilih platform untuk situs web Anda. Apalagi jika Anda ingin di masa depan website tumbuh, Anda perlu memastikan platform yang dipakai bisa menangani peningkatan traffic dan konten

Wix, dengan pendekatan yang lebih sederhana dan dikelola, akan memudahkan pemula untuk memulai dengan cepat. Namun, skalabilitas platform ini cukup terbatas.

Saat situs Anda berkembang dan memerlukan lebih banyak fitur atau mendapatkan traffic yang tinggi, Anda mungkin kesulitan untuk melakukan upgrade pada kemampuan hosting.

ilustrasi orang keluar masuk toko

Apalagi, kendali hosting juga sepenuhnya dipegang oleh Wix, yang berarti Anda tidak bisa mengendalikannya secara bebas. Mau melakukan migrasi pun juga tidak bisa. Tentunya, ini akan membatasi kemampuan Anda dalam menyesuaikan situs sesuai kebutuhan pertumbuhan.

Di sisi lain, WordPress memberikan tingkat fleksibilitas yang lebih besar.  Anda memiliki kendali penuh atas situs, termasuk pilihan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  

Dengan ribuan plugin tambahan yang tersedia, Anda dapat mengatasi berbagai tantangan dalam skalabilitas seperti peningkatan traffic, keamanan, dan kecepatan situs.

9. Performa

Performa website adalah faktor penting yang mempengaruhi pengalaman pengguna dan peringkat SEO.

Jika memakai Wix, kemungkinan Anda akan mendapat website yang stabil, terutama untuk web kecil hingga menengah.

Sedangkan apabila menggunakan WordPress, Anda juga akan memiliki situs web yang optimal. Bagusnya lagi, hal ini tidak hanya berlaku untuk web kecil dan menengah, namun situs yang besar sekalipun.

10. Bantuan pelanggan

Bantuan pelanggan merupakan dukungan yang penting, terutama saat Anda membutuhkan dukungan teknis. Nah, baik WordPress dan Wix memiliki layanan bantuan yang berbeda.

Wix menyediakan dukungan pelanggan resmi melalui berbagai saluran, termasuk email dan chat langsung. Tutorial yang disediakan pun juga banyak.

Lalu bagaimana dengan WordPress? Dukungan untuk WordPress tergantung pada penyedia hosting yang Anda pilih. Di Niagahoster, misalnya, Anda bisa mendapatkan bantuan CS 24 jam, serta blog yang kaya akan tutorial mengenai WordPress.

Kelebihan dan Kekurangan Wix vs WordPress

Wix dan WordPress adalah dua pilihan populer untuk pembuat website. Namun, sebelum memilih platform yang tepat, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing platform.

Mari pelajari masing-masing kelebihan dan kekurangan Wix vs WordPress!

Kelebihan dan Kekurangan Wix

Wix adalah platform pembuatan website yang kaya akan kelebihan, tapi juga banyak kekurangan. Mari ketahui di bawah ini!

Kelebihan Wix

  • Proses pembuatan akun mudah.
  • Wix ADI membantu menentukan desain dan fitur bawaan web.
  • Elemen web bisa ditambah hanya dengan klik.
  • Wix Editor membantu desain web dengan lebih presisi.
  • Fitur spesifik bisa ditambahkan lewat instalasi apps.
  • Apps berkualitas tinggi.
  • Layanan pelanggan sangat lengkap: online help center, call center, dan sosial media.

Kekurangan Wix

  • Data pelanggan dimiliki Wix dan tidak bisa dipindahkan.
  • Perlu membayar untuk menggunakan fitur-fitur premium.
  • Kurang fleksibel untuk dipakai memuat konten yang sangat banyak.
  • Tema web tidak bisa diubah ketika website sudah dipublikasikan.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Apa keuntungan menggunakan WordPress? CMS ini memiliki cukup banyak kelebihan. Namun, ada baiknya Anda juga turut mempertimbangkan kelemahan sistem manajemen konten ini.

Selengkapnya, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan WordPress

  • Pilihan tema tidak terbatas.
  • Ada banyak plugin yang bisa diinstal untuk menambahkan fitur.
  • Biaya hosting terjangkau.
  • Leluasa untuk upgrade atau downgrade paket hosting.
  • Data dimiliki user dan fleksibel untuk dipindahkan.
  • Fitur selalu update dan teroptimasi.
  • Terdapat forum support yang aktif dan berisi ahli-ahli dari berbagai negara.

Kekurangan WordPress

  • WordPress adalah CMS dengan target ancaman keamanan yang cuukup sering, sehingga membutuhkan proteksi yang bagus.
  • Beberapa plugin mungkin tidak kompatibel satu sama lain atau dengan versi WordPress yang berbeda.
  • Pemeliharaan aktif diperlukan untuk pembaruan perangkat lunak dan keamanan.

Ringkasan Perbandingan Wix vs WordPress

Untuk menyegarkan kembali ingatan Anda, silakan pelajari kembali perbandingan WordPress dan Wix pada tabel berikut.

AspekWixWordPress
Kemudahan penggunaanMudah digunakan, cocok untuk pemula.Cocok untuk pemula, menengah, dan ahli.
Kustomisasi DesainKustomisasi terbatas pada template Wix.Fleksibilitas tinggi dalam desain.
Hosting dan DomainHosting disertakan, domain tersedia.Membutuhkan hosting dan domain sendiri.
BiayaTersedia berbagai paket premium.Gratis, kecuali hosting dan domain.
eCommerceCocok untuk toko online kecil hingga menengah.Cocok untuk berbagai jenis toko online.
SEOKontrol terbatas dalam optimasi SEO.Kendali penuh atas SEO, tersedia plugin SEO.
KeamananKeamanan diatur oleh Wix, pembaruan otomatis.Kendali keamanan lebih besar.
SkalabilitasLebih terbatas.Fleksibilitas tinggi, cocok untuk website berkembang.
PerformaPerforma stabil dengan optimasi gambar otomatis.Performa tergantung pada hosting dan optimasi yang pengguna lakukan.
Bantuan PelangganDukungan resmi Wix, komunitas aktif.Dukungan bergantung pada penyedia hosting, komunitas WordPress aktif dan besar.

Perlu diingat bahwa pilihan antara Wix dan WordPress akan tergantung pada kebutuhan spesifik Anda, tingkat pengetahuan teknis, dan tujuan situs web Anda.

Wix lebih sesuai untuk pemula yang ingin memulai dengan cepat, sementara WordPress menawarkan fleksibilitas lebih besar dan kendali penuh untuk pengguna dengan berbagai tingkat pengalaman.

Nah selain membandingkan WordPress vs Wix, kami juga sudah menyiapkan artikel mengenai Drupal vs WordPress. Barangkali, Anda tertarik untuk mempelajarinya juga.

Namun jika Anda sudah menggunakan Wix dan ingin memindahkan layanan ke WordPress, kami juga sudah siapkan tutorial migrasi Wix ke WordPress.

Wix vs WordPress: Pilih yang Mana, ya?

Wix dan WordPress adalah dua platform yang berbeda untuk membuat situs web.

Untuk pemula, Wix adalah solusi sederhana yang cukup mudah digunakan. Terutama untuk membuat situs web kecil atau menengah.

Sedangkan WordPress lebih fleksibel dan cocok untuk berbagai level pengalaman, mulai dari pemula hingga yang ahli. CMS ini juga cocok untuk membangun segala jenis website. 

Kabar gembiranya, sekarang cara menggunakan WordPress juga bisa lebih mudah dan cepat, lho. Tentunya tak lain karena kehadiran WordPress Hosting. Layanan ini khusus dioptimalkan untuk WordPress, sehingga Anda bisa menginstal CMS ini secara otomatis dan mengelolanya dengan mudah.

Apalagi, kami juga sudah menyediakan fitur AI Website Builder. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan personalisasi website dari awal, serta mendapatkan beberapa sample konten yang cocok untuk jenis website Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk buat website WordPress Anda sekarang!

Website optimal dengan WordPress

Buat Website WordPress Sekarang!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *