Mengenal WhatsApp Bisnis: Solusi Sukses Bisnis dan Toko Online Anda

Familiar dengan WhatsApp Bisnis? WhatsApp Bisnis adalah salah satu aplikasi chat yang dikhususkan untuk para pemilik bisnis. Pada tahun 2018, WhatsApp merilis aplikasi tersebut dan mendapat antusiasme masyarakat Indonesia.

Adanya WhatsApp Bisnis bisa menjadi alternatif aplikasi chat khusus bisnis yang sangat bermanfaat bagi para pemilik bisnis, terlebih pebisnis online. Aplikasi ini membantu banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Mereka bisa bertanya-tanya lebih dahulu sebelum benar-benar membeli suatu barang.

WhatsApp Bisnis juga menjadi pilihan tepat untuk digunakan. Sebab, di Indonesia sudah banyak orang yang menggunakan WhatsApp. Jadi, para pebisnis tak perlu meminta calon pembeli menginstall WhatsApp hanya untuk sarana komunikasi.

Lalu apa sih bedanya WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger? Apa saja manfaat WhatsApp Bisnis dan bagaimana cara membuatnya?

Nah di artikel ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai WhatsApp Bisnis untuk Anda.

Apa itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang didesain khusus untuk para pemilik bisnis yang bisa diunduh secara gratis. WhatsApp memang khusus dibuat untuk pemilik bisnis kecil, seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

WhatsApp Bisnis mengeluarkan fitur-fitur yang akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Anda dapat membalas pesan secara otomatis, sortir pesan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Selain itu, Anda bisa mengunduh WhatsApp Bisnis di sistem operasi Android maupun iOS. Sejak pertama kali diluncurkan, Indonesia boleh berbangga karena menjadi negara Asia pertama yang bisa menggunakan aplikasi ini. Kemudian baru diikuti negara lainnya seperti Italia, Mexico, Britania Raya, dan Amerika Serikat.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis?

Sebelum mengetahui lebih lengkap apa saja fitur dan manfaat WhatsApp Bisnis, kami akan tunjukkan dulu bagaimana cara membuat WhatsApp Bisnis. Berikut ini cara membuat WhatsApp Bisnis:

1. Download WhatsApp Bisnis

Anda perlu mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

2. Masukkan nomor telepon

Setelah aplikasi WhatsApp Bisnis terinstall, Anda harus mendaftar menggunakan nomor ponsel Anda. Baiknya, gunakan nomor ponsel khusus bisnis sehingga memudahkan proses verifikasi. Selain itu, nomor khusus juga menghindarkan urusan pribadi dan urusan bisnis Anda tercampur.

3. Lengkapi profil bisnis Anda

Proses selanjutnya yang tidak boleh terlewat adalah melengkapi profil bisnis Anda. Caranya, klik menu Settings > Business Settings > Profile. Pastikan informasi yang Anda cantumkan akurat dan sesuai dengan detail informasi bisnis Anda, seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email, dan website.

4. Mengatur menu balas pesan otomatis

Anda perlu mengatur dan menulis pesan balasan untuk fitur balas pesan otomatis. Fitur ini akan memudahkan Anda membalas pesan pelanggan pada luar jam kerja. Langkah-langkah untuk mengatur balas pesan otomatis adalah:

Klik Settings > Business Settings > pilih opsi Away Message/Greeting Message/Quick Replies.

Kemudian Anda dapat mengatur isi pesan balasan otomatis. Anda juga dapat mengatur waktu pengiriman pesan, baik di segala waktu maupun di waktu tertentu saja.

7+ Fitur Istimewa WhatsApp Bisnis

Meski sama-sama merupakan aplikasi chat, WhatsApp bisnis dan WhatsApp Messenger tidaklah sama. Ada sejumlah fitur WhatsApp Bisnis yang tidak akan Anda temukan di WhatsApp Messenger.

Fitur-fitur yang terdapat pada Whatsapp Bisnis dikhususkan untuk lebih memudahkan interaksi dengan pelanggan yang jumlahnya banyak.

Apa saja fitur khususnya? Simak pembahasan di bawah ini!

1. Nama Akun Pengguna

Hal teknis yang membedakan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger adalah pengaturan ubah nama akun.

Pada WhatsApp Messenger Anda dapat mengganti Nama Akun sesuka hati kapan saja. Anda bahkan bisa hanya memasukkan emoji atau karakter apapun pada nama akun WhatsApp messenger Anda.

Namun, di WhatsApp Bisnis terdapat beberapa ketentuan membuat nama akun bisnis resmi yang harus dipatuhi. Ketentuan tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Anda tidak boleh menulis nama akun bisnis resmi dengan huruf kapital. Kecuali untuk akronim dan hanya huruf pertama yang pada sebuah kata yang dapat dikapitalkan.

Berikut contoh penulisan nama akun bisnis yang benar dan salah:

Benar : Busana Muslim Pria dan Wanita Umi Kulsum

Salah : Busana Muslim Pria Dan Wanita UMI KULSUM

  • Tidak boleh ada spasi tambahan di antara kata. Apabila nama bisnis Anda terdiri dari dua kata, pemisah kata tersebut hanyalah sebuah spasi.
  • Tidak menambahkan tanda baca.
  • Tidak menggunakan emoji, simbol, dan karakter spesial apapun (~!@#$%^^&*()_+:;{}[]/?’”,.<>)
  • Tidak menambahkan karakter non-alfanumerik (karakter yang bukan berupa angka atau huruf).
  • Menulis merek WhatsApp dengan benar. Bukan whatsApp, whats app, WhatsApp, atau semacamnya.

Selain itu, nama bisnis Anda tidak boleh hanya terdiri dari:

  • Nama lengkap seseorang
  • Istilah umum (contoh: Pakaian)
  • Lokasi geografis umum (contoh: Jakarta)
  • Kurang dari tiga karakter

Ketentuan-ketentuan tersebut harus diikuti agar akun bisnis Anda terdaftar sebagai “Akun bisnis resmi”. Jika Anda mengubah nama bisnis , kemungkinan Anda akan menghilangkan status “Akun bisnis resmi”

Jadi pastikan terlebih dahulu nama akun bisnis yang akan Anda buat, ya!

2. Profil

Profil pada WhatsApp Bisnis memuat informasi bisnis Anda. Mulai dari nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, dan situs website. Menu informasi tersebut tidak terdapat pada Profil WhatsApp Messenger.

Pelanggan dapat melihat dengan mudah informasi tersebut apabila mengunjungi profil bisnis Anda.

Tata cara mengedit profil bisnis Anda pun sangat mudah. Berikut tata cara mengedit profil bisnis Anda.

  1. Buka WhatsApp Bisnis > klik Opsi Lainnya atau > Setelan > nama bisnis Anda
  2. Klik Edit
  3. Ketuk bidang mana saja untuk memperbarui > Simpan.

Pada profil akun bisnis, Anda juga dapat menambahkan halaman Facebook dan Instagram. Caranya yaitu dengan mencantumkan URL  pada salah satu form atau kolom situs web.

3. Pesan Otomatis

WhatsApp Bisnis menyediakan tiga fitur balas otomatis yang tidak terdapat di WhatsApp Messenger. Ketiga fitur tersebut adalah sebagai berikut.

Away Message merupakan fitur balas pesan otomatis ketika ada pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau saat bisnis sedang tidak beroperasi. Anda dapat membuat isi balasan pesan otomatis yang sesuai dengan preferensi Anda.

Greeting Message merupakan fitur balas pesan otomatis yang bisa Anda kirimkan saat pelanggan pertama kali menghubungi Anda.

Quick Replies. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk membuat teks balasan untuk hal yang sering ditanyakan pelanggan. Caranya mudah, buatlah beberapa pesan balasan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh pelanggan tentang bisnis Anda.

Ketika ada pesan yang masuk, Anda hanya perlu ketik simbol “/”, maka akan muncul quick replies yang sudah dibuat sebelumnya. Bagaimana, sangat hemat waktu,  bukan?

4. Katalog

WhatsApp Bisnis menghadirkan fitur katalog untuk menampilkan produk dalam profil WhatsApp Bisnis Anda. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang dapat dilihat oleh konsumen saat melihat profil Anda.

Dalam katalog tersebut, konsumen tidak hanya melihat foto produk, tetapi juga melihat detail keterangan dan harga produk.

Cara menggunakan fitur Katalog WhatsApp Bisnis adalah buka menu Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog.

Kemudian Anda hanya perlu menambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk. Anda juga dapat menambahkan link terkait dengan produk tersebut. Misalnya, Anda bisa beri link ke toko online Anda. Fitur Katalog ini bisa menampilkan foto produk hingga 500 foto.

5. Statistik Pesan

Di WhatsApp Bisnis, Anda dapat meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Fitur ini membantu Anda untuk meninjau pesan mana saja yang efektif.

Untuk memeriksa statistik Anda, buka WhatsApp Bisnis > klik Tombol Menu > Setelah > Setelan Bisnis > Statistik

6. Kategori Bisnis

Pada kolom profil di WhatsApp Bisnis, terdapat menu Kategori Bisnis. Anda bisa pilih kategori bisnis yang sesuai lewat dropdown list yang sudah terdaftar. Namun, jika kategori bisnis Anda tidak ada dalam list kategori bisnis, Anda dapat memiliki menu “others”.

Adanya Kategori Bisnis ini dapat mempermudah para pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan. Tentunya fitur ini tidak akan Anda temukan pada WhatsApp Messenger.

7. Label

Fitur label merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu. Pengelompokan pesan yang terdapat pada WhatsApp Bisnis, antara lain, prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan selesai. Label tersebut dapat Anda hapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan fitur ini, Anda bisa membedakan chat mana yang belum atau sudah melakukan pembayaran. Anda juga bisa melakukan follow up untuk pelanggan yang belum melakukan pembayaran.

Berikut tata cara mengoperasikan fitur Label.

  • Menerapkan Label
Ketuk dan tahan chat > pilih Label > Anda dapat menerapkan label yang sudah ada atau menambahkan label baru pada chat tersebut. 
  • Menemukan Konten Berlabel
Untuk menemukan konten yang telah dilabeli buka layar Chat > Klik tombol menu > Label > Klik salah satu label yang ingin Anda lihat 
  • Mengelola Label
Untuk mengelola label buka layar Chat > Klik Tombol Menu > Label.  Dalam menu ini, Anda dapat melakukan beberapa pengaturan seperti,
  1. Mengedit atau menghapus label
  2. Menambahkan warna pada label agar lebih mudah membedakan
  3. Membuat pesan broadcast yang bisa dikirim ke beberapa pelanggan dengan label tertentu.

8. Tanda Centang Akun Bisnis

WhatsApp Business akan melakukan verifikasi terhadap akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan. Pihak WhatsApp Bisnis akan memberikan centang berwarna hijau pada akun yang terverifikasi.

Apabila akun Anda terverifikasi akun bisnis resmi, pelanggan Anda akan melihat tanda centang hijau pada profilnya atau di samping judul chat. Selain itu, nama bisnis Anda akan terlihat meskipun pelanggan belum menyimpan kontak Anda.

Dengan adanya fitur ini, bisnis Anda terlihat lebih kredibel dan profesional, bukan?

Manfaat WhatsApp Bisnis untuk Bisnis Anda

Menggunakan WhatsApp Bisnis merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis Anda. Ada banyak kelebihan dari aplikasi tersebut yang dapat membantu menyukseskan bisnis Anda. Berikut ini kami jelaskan beberapa manfaat WhatsApp Bisnis untuk bisnis Anda.

1. Komunikasi dengan Pelanggan lebih Mudah

Manfaat utama menggunakan Whatsapp Bisnis bagi pebisnis adalah mudahnya berkomunikasi dengan pelanggan. Adanya fitur balas otomatis, seperti away message, greeting message, dan quick message akan sangat membantu Anda membalas pesan dengan pelanggan.

Selain memudahkan Anda membalas pesan, komunikasi yang terjalin dengan pelanggan akan baik. Anda pasti setuju jika komunikasi yang baik dengan pelanggan merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis Anda.

Bagi pemilik bisnis, terlebih bisnis toko online, mempunyai informasi kontak bisnis untuk keperluan komunikasi dengan pelanggan merupakan salah satu fitur wajib yang harus dimiliki. Adanya informasi kontak bisnis akan membantu Anda mengoptimalkan layanan pelanggan.

Baca juga : 15+ Fitur Wajib Toko Online Wajib Ada!

Selain itu, aplikasi ini mempunyai fitur Label dan Statistik. Dengan adanya fitur ini, Anda akan mudah memfollow-up pelanggan. Misalnya untuk pelanggan dengan label “unpaid”, Anda dapat melakukan follow up hanya kepada pelanggan berlabel “unpaid”.

Manfaat ini mungkin tidak akan Anda dapatkan apabila Anda hanya menggunakan WhatsApp messenger.

2. Terpercaya

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam dunia bisnis online, tindak kejahatan oleh oknum tidak bertanggung jawab pasti selalu mengintai.

Baik para pembeli maupun penjual harus selalu aware dan melakukan pengecekan sebelum melakukan transaksi apapun. Hal itu dilakukan agar terhindar dari tindak kriminal.

Dengan adanya fitur profil bisnis, pembeli dapat dengan mudah untuk melakukan pengecekan terhadap informasi bisnis Anda. Anda bisa meyakinkan para calon pembeli bahwa bisnis Anda kredibel dan profesional.

Terlebih jika Anda memiliki website toko online sendiri, Anda dapat membangun branding yang kuat sehingga bisnis Anda tampak lebih terpercaya.

Anda tidak perlu bingung dengan cara membuat website. Anda bisa membuat website sendiri untuk bisnis, meskipun Anda bukanlah seorang programmer atau developer website.

Buat Website Toko Online Sekarang – Lebih Hemat 75%

3. Mudah Mempromosikan Produk

Selain berkomunikasi, WhatsApp Bisnis juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan marketing dan promosi.

Baru-baru ini, WhatsApp Bisnis meluncurkan fitur katalog untuk bisnis Anda. Anda dapat memajang produk Anda pada Katalog, lengkap dengan deskripsi dan harga produk. Fitur tersebut akan memudahkan konsumen untuk melihat produk yang Anda tawarkan.

Apabila Anda memiliki produk baru pada katalog Anda, Anda dapat menyebarkan link produk tersebut kepada pelanggan, baik dengan mengirimkan pesan broadcast ataupun media lainnya, seperti instagram atau facebook.

Bagaimana, Anda siap mempromosikan produk Anda? Maksimalkan Peluang Bisnis Anda dengan WhatsApp Bisnis!

Maksimalkan Peluang Bisnis Anda dengan WhatsApp Bisnis!

WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi yang diciptakan khusus untuk para pemilik bisnis. Bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis, aplikasi ini wajib dijadikan salah satu yang Anda miliki.

Ditambah adanya fitur-fitur yang dimilikinya, Anda akan mudah mengontrol bisnis, mulai dari menjaga komunikasi dengan fitur balas pesan otomatis, meninjau statistik pesan, mengelompokkan pesan sesuai kriteria tertentu, dan mempromosikan produk.

Ingin tahu rahasia sukses bisnis online? Kami juga menyediakan ebook Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Online yang berisi:

  • Cara memulai bisnis online
  • Strategi promosi online lewat SEO
  • Social Media Marketing
  • Pembuatan blog untuk bisnis
  • Email Marketing.

Bagaimana, Anda sudah siap memulai bisnis? Selamat mencoba!

Putri Aprilia

an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Taksonomi WordPress: Pengertian dan Cara Membuatnya

Taksonomi WordPress merupakan bagian penting dari pembuatan kategori konten di situs WordPress. Namun, istilah ini mungkin terdengar asing dan cukup…

6 hours ago

Cara Membuat E-Learning Berbasis Web dengan Tutor LMS [Terbaru]

Akhir-akhir ini, e-learning berkembang sangat pesat di Indonesia. Bahkan, beberapa website yang tak berhubungan dengan dunia edukasi pun juga berlomba-lomba…

1 day ago

2 Cara Membuat Halaman Disclaimer untuk Blog

Jika Anda memiliki blog yang ingin dimonetisasi, disclaimer adalah salah satu halaman penting yang harus dimiliki. Isinya menjelaskan semua ketentuan…

2 days ago

Panduan Lengkap Google Tag Manager untuk Bisnis

Ada banyak layanan dari Google yang bisa membantu Anda menentukan strategi bisnis yang baik. Selain Google Analytics, Google Tag Manager…

3 days ago

Apa Itu Experiential Marketing? Kenapa Penting Bagi Bisnis di 2020?

Sebelum scroll ke bawah, coba Anda jawab pertanyaan ini terlebih dahulu. Menurut Anda, apa yang membuat orang rela mengeluarkan uang…

4 days ago

Panduan Lengkap Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy di VPS!

Peran sebuah reverse proxy cukup penting dalam aktivitas internet. Proxy server ini menghubungkan client dengan web server dalam kegiatan pertukaran…

4 days ago