Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis, Ga Sampe 5 Menit!

6 min read

WhatsApp Bisnis

Familiar dengan WhatsApp Bisnis? WhatsApp Bisnis adalah salah satu aplikasi chat yang dikhususkan untuk para pemilik bisnis. Pada tahun 2018, WhatsApp merilis aplikasi tersebut dan mendapat antusiasme masyarakat Indonesia. 

Aplikasi ini membantu banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Jadi, mereka bisa bertanya-tanya lebih dahulu sebelum benar-benar membeli suatu barang. 

Lalu apa sih bedanya WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger? Apa saja manfaatnya? Dan yang terpenting, bagaimana cara membuat WhatsApp Bisnis? 

Di artikel ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai WhatsApp Bisnis untuk Anda. Yuk disimak!

Apa itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang didesain khusus untuk para pemilik bisnis yang bisa diunduh secara gratis. WhatsApp memang khusus dibuat untuk pemilik bisnis kecil, seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

contoh whatsapp bisnis

WhatsApp Bisnis mengeluarkan fitur-fitur yang akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Anda dapat membalas pesan secara otomatis, sortir pesan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat. 

Selain itu, Anda bisa mengunduh WhatsApp Bisnis di sistem operasi Android maupun iOS. Sejak pertama kali diluncurkan, Indonesia boleh berbangga karena menjadi negara Asia pertama yang bisa menggunakan aplikasi ini. Kemudian baru diikuti negara lainnya seperti Italia, Mexico, Britania Raya, dan Amerika Serikat. 

Cara Membuat WhatsApp Bisnis dalam 6 Langkah Mudah!

Sebelum mengetahui lebih lengkap apa saja fitur dan manfaat WhatsApp Bisnis, kami akan tunjukkan dulu bagaimana cara membuat WA Bisnis. Berikut ini cara lengkap membuat WhatsApp Bisnis:

  1. Download aplikasi WhatsApp Bisnis di Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  2. Setelah aplikasi WhatsApp Bisnis terinstall, buatlah akun baru dengan mendaftarkan nomor ponsel bisnis Anda.
  3. Jika nomornya sudah selesai didaftarkan, klik menu Settings > Business Settings > Profile.
  4. Isi semua detail profil bisnis Anda. Mulai dari nama bisnis, alamat, hingga detail kontaknya.
  5. Aktifkan fitur balas pesan otomatis dengan mengklik Settings > Business Settings > Away Message/Greeting Message/Quick Replies.
  6. Tentukan isi pesan balasan otomatis, lalu atur juga waktu pengiriman pesannya.

Bagaimana? Mudah sekali, bukan? Keenam langkah di atas bisa Anda lakukan dalam waktu kurang dari lima menit saja.

Ngomong-ngomong, apa saja sih fitur WhatsApp Bisnis yang bisa kamu gunakan? Mari kita lihat di bagian selanjutnya!

7+ Fitur WhatsApp Bisnis yang Tidak Boleh Dilewatkan

Meski sama-sama merupakan aplikasi chat, WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Messenger tidaklah sama. Ada sejumlah fitur WhatsApp Bisnis yang tidak akan Anda temukan di WhatsApp Messenger. 

Fitur-fitur Whatsapp Bisnis bertujuan untuk membuat profil bisnis di WhatsApp jadi lebih menarik serta memudahkan interaksi bisnis dengan para pelanggan. Di antaranya seperti:

1. Nama Akun Pengguna yang Resmi

Hal teknis yang membedakan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger adalah pengaturan ubah nama akun. 

Pada WhatsApp Messenger Anda dapat mengganti Nama Akun sesuka hati kapan saja. Anda bahkan bisa hanya memasukkan emoji atau karakter apapun pada nama akun WhatsApp messenger Anda.

Namun, di WhatsApp Bisnis terdapat beberapa ketentuan membuat nama akun bisnis resmi yang harus dipatuhi. Ketentuan tersebut di antaranya sebagai berikut. 

  • Anda tidak boleh menulis nama akun bisnis resmi dengan huruf kapital. Kecuali untuk akronim dan hanya huruf pertama yang pada sebuah kata yang dapat dikapitalkan. 

Berikut contoh penulisan nama akun bisnis WA yang benar dan salah:

Benar : Busana Muslim Pria dan Wanita Umi Kulsum

Salah : Busana Muslim Pria Dan Wanita UMI KULSUM 

  • Tidak boleh ada spasi tambahan di antara kata. Apabila nama bisnis Anda terdiri dari dua kata, pemisah kata tersebut hanyalah sebuah spasi. 
  • Tidak menambahkan tanda baca.
  • Tidak menggunakan emoji, simbol, dan karakter spesial apapun (~!@#$%^^&*()_+:;{}[]/?’”,.<>)
  • Tidak menambahkan karakter non-alfanumerik (karakter yang bukan berupa angka atau huruf).
  • Menulis merek WhatsApp dengan benar. Bukan whatsApp, whats app, WhatsApp, atau semacamnya. 

Selain itu, nama bisnis Anda tidak boleh hanya terdiri dari: 

  • Nama lengkap seseorang 
  • Istilah umum (contoh: Pakaian)
  • Lokasi geografis umum (contoh: Jakarta)
  • Kurang dari tiga karakter

Ketentuan-ketentuan tersebut harus diikuti agar akun bisnis Anda terdaftar sebagai “Akun bisnis resmi”. Jika Anda mengubah nama bisnis , kemungkinan Anda akan menghilangkan status “Akun bisnis resmi”

Jadi pastikan terlebih dahulu nama akun bisnis yang akan Anda buat, ya! 

2. Detail Profil Akun Bisnis 

Profil pada WhatsApp Bisnis memuat informasi bisnis Anda. Mulai dari nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, dan situs website. Menu informasi tersebut tidak terdapat pada Profil WhatsApp Messenger.

Pelanggan dapat melihat dengan mudah informasi tersebut apabila mengunjungi profil bisnis Anda. 

Tata cara mengedit profil bisnis Anda pun sangat mudah. Berikut tata cara mengedit profil bisnis Anda. 

  1. Buka WhatsApp Bisnis > klik Opsi Lainnya atau > Setelan > nama bisnis Anda
  2. Klik Edit
  3. Ketuk bidang mana saja untuk memperbarui > Simpan.

Pada profil akun bisnis WA, Anda juga dapat menambahkan halaman Facebook dan Instagram. Caranya yaitu dengan mencantumkan URL  pada salah satu form atau kolom situs web.

3. Fitur Pesan Otomatis 

WhatsApp Bisnis menyediakan tiga fitur balas otomatis yang tidak terdapat di WhatsApp Messenger. Ketiga fitur tersebut adalah sebagai berikut. 

  1. Away Message merupakan fitur balas pesan otomatis ketika ada pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau saat bisnis sedang tidak beroperasi. Anda dapat membuat isi balasan pesan otomatis yang sesuai dengan preferensi Anda. 
  2. Greeting Message merupakan fitur balas pesan otomatis yang bisa Anda kirimkan saat pelanggan pertama kali menghubungi Anda. 
    greeting message whatsapp business
  3. Quick Replies. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk membuat teks balasan untuk hal yang sering ditanyakan pelanggan. Caranya mudah, buatlah beberapa pesan balasan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh pelanggan tentang bisnis Anda. 
    ilustrasi whatsapp business quick replies

Ketika ada pesan yang masuk, Anda hanya perlu ketik simbol “/”, maka akan muncul quick replies yang sudah dibuat sebelumnya. Gimana, hemat waktu banget, kan? 

4. Fitur Katalog Produk

WhatsApp Bisnis juga menghadirkan fitur katalog untuk menampilkan daftar produk dalam profil WhatsApp Bisnis Anda.

Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang dapat dilihat oleh konsumen saat melihat profil Anda. Di dalamnya, konsumen tidak hanya melihat foto produk saja, tetapi juga detail keterangan dan harga produknya. 

ilustrasi katalog whatsapp business

Cara menggunakan fitur Katalog WhatsApp Bisnis adalah buka menu Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog. 

Kemudian Anda hanya perlu menambahkan foto, keterangan, deskripsi, dan harga produk. Anda juga dapat menambahkan link terkait dengan produk tersebut. Misalnya, Anda bisa beri link ke toko online Anda. Fitur Katalog ini bisa menampilkan foto produk hingga 500 foto. 

5. Statistik Pesan 

Di WhatsApp Bisnis, Anda dapat meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Fitur ini membantu Anda untuk meninjau pesan mana saja yang efektif. 

Untuk memeriksa statistik Anda, buka WhatsApp Bisnis > klik Tombol Menu > Setelah > Setelan Bisnis > Statistik 

6. Kategori Bisnis

Pada kolom profil di WhatsApp Bisnis, terdapat menu Kategori Bisnis. Anda bisa pilih kategori bisnis yang sesuai lewat dropdown list yang sudah terdaftar. Namun, jika kategori bisnis Anda tidak ada dalam list kategori bisnis, Anda dapat memiliki menu “others”. 

Adanya Kategori Bisnis ini dapat mempermudah para pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan. Tentunya fitur ini tidak akan Anda temukan pada WhatsApp Messenger. 

7. Label Pesan

Fitur label merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu. Pengelompokan pesan yang terdapat pada WhatsApp Bisnis, antara lain, prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan selesai. Label tersebut dapat Anda hapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan Anda. 

fitur label whatsapp business

Dengan fitur ini, Anda bisa membedakan chat mana yang belum atau sudah melakukan pembayaran. Anda juga bisa melakukan follow up untuk pelanggan yang belum melakukan pembayaran. 

Berikut tata cara mengoperasikan fitur Label. 

  • Menerapkan Label – Ketuk dan tahan chat > pilih Label > Anda dapat menerapkan label yang sudah ada atau menambahkan label baru pada chat tersebut. 
  • Menemukan Konten Berlabel – Untuk menemukan konten yang telah dilabeli, buka layar Chat > Klik tombol menu > Label > Klik salah satu label yang ingin Anda lihat 
  • Mengelola Label – Untuk mengelola label buka layar Chat > Klik Tombol Menu > Label. Dalam menu ini, Anda dapat melakukan beberapa pengaturan seperti mengedit atau menghapus label, menambahkan warna pada label, dan membuat pesan broadcast ke label tertentu.

8. Tanda Centang Akun Bisnis 

WhatsApp Business akan melakukan verifikasi terhadap akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan. Pihak WhatsApp Bisnis akan memberikan centang berwarna hijau pada akun yang terverifikasi. 

Apabila akun Anda terverifikasi akun bisnis resmi, pelanggan Anda akan melihat tanda centang hijau pada profilnya atau di samping judul chat. Selain itu, nama bisnis Anda akan terlihat meskipun pelanggan belum menyimpan kontak Anda. 

Dengan adanya fitur ini, bisnis Anda terlihat lebih kredibel dan profesional, bukan? 

3 Keunggulan WhatsApp Bisnis untuk Bisnis Anda

Menggunakan WA Bisnis merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis Anda. Ada banyak kelebihan dari aplikasi tersebut yang dapat membantu menyukseskan bisnis Anda. Berikut ini kami jelaskan beberapa manfaat WhatsApp Bisnis untuk bisnis Anda.  

1. Komunikasi dengan Pelanggan lebih Mudah  

Manfaat utama menggunakan Whatsapp Bisnis bagi pebisnis adalah mudahnya berkomunikasi dengan pelanggan. Adanya fitur balas otomatis, seperti away message, greeting message, dan quick message akan sangat membantu Anda membalas pesan dengan pelanggan.

Selain memudahkan Anda membalas pesan, komunikasi yang terjalin dengan pelanggan akan baik. Anda pasti setuju jika komunikasi yang baik dengan pelanggan merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis Anda. 

Bagi pemilik bisnis, terlebih bisnis toko online, mempunyai informasi kontak bisnis untuk keperluan komunikasi dengan pelanggan merupakan salah satu fitur wajib yang harus dimiliki. Adanya informasi kontak bisnis akan membantu Anda mengoptimalkan layanan pelanggan. 

Baca juga : 15+ Fitur Wajib Toko Online Wajib Ada!

Selain itu, aplikasi ini mempunyai fitur Label dan Statistik. Dengan adanya fitur ini, Anda akan mudah memfollow-up pelanggan. Misalnya untuk pelanggan dengan label “unpaid”, Anda dapat melakukan follow up hanya kepada pelanggan berlabel “unpaid”. 

Manfaat ini mungkin tidak akan Anda dapatkan apabila Anda hanya menggunakan WhatsApp messenger. 

2. Terpercaya

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam dunia bisnis online, tindak kejahatan oleh oknum tidak bertanggung jawab pasti selalu mengintai. 

Baik para pembeli maupun penjual harus selalu aware dan melakukan pengecekan  sebelum melakukan transaksi apapun. Hal itu dilakukan agar terhindar dari tindak kriminal. 

Dengan adanya fitur profil bisnis, pembeli dapat dengan mudah untuk melakukan pengecekan terhadap informasi bisnis Anda. Anda bisa meyakinkan para calon pembeli bahwa bisnis Anda kredibel dan profesional. 

Terlebih jika Anda memiliki website toko online sendiri, Anda dapat membangun branding yang kuat sehingga bisnis Anda tampak lebih terpercaya. 

Anda tidak perlu bingung dengan cara membuat website. Anda bisa membuat website sendiri untuk bisnis, meskipun Anda bukanlah seorang programmer atau developer website. 

3. Mudah Mempromosikan Produk  

Selain berkomunikasi, WhatsApp Bisnis juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan digital marketing dan promosi. 

Baru-baru ini, WhatsApp Bisnis meluncurkan fitur katalog untuk bisnis Anda. Anda dapat memajang produk Anda pada Katalog, lengkap dengan deskripsi dan harga produk. Fitur tersebut akan memudahkan konsumen untuk melihat produk yang Anda tawarkan. 

Apabila Anda memiliki produk baru pada katalog Anda, Anda dapat menyebarkan link produk tersebut kepada pelanggan, baik dengan mengirimkan pesan broadcast ataupun media lainnya, seperti instagram atau facebook. 

Bagaimana, Anda siap mempromosikan produk Anda? Maksimalkan Peluang Bisnis dengan WhatsApp Bisnis! 

Maksimalkan Peluang Bisnis Anda dengan WhatsApp Bisnis! 

Selamat! Sekarang Anda sudah tahu cara membuat WhatsApp Bisnis. Bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis online dan sedang belajar digital marketing, aplikasi ini wajib menjadi salah satu aplikasi yang Anda andalkan. 

Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, Anda akan mudah mengontrol bisnis, mulai dari menjaga komunikasi dengan fitur balas pesan otomatis, meninjau statistik pesan, mengelompokkan pesan sesuai kriteria tertentu, dan mempromosikan produk. 

Ingin tahu rahasia sukses bisnis online? Kami juga menyediakan ebook Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Online yang berisi:

ebook kiat bisnis online

Bagaimana, Anda sudah siap memulai bisnis? Selamat mencoba!

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *