Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Weebly vs WordPress: Manakah yang Terbaik untuk Membuat Website?

10 min read

Weebly vs WordPress

Membuat website bisa jadi perkara yang membingungkan. Apalagi jika Anda belum pernah punya pengalaman sebelumnya.

Ada begitu banyak platform yang tersedia untuk membuat website. Kita pernah membahas beberapa platform tersebut di sini. Tapi di artikel ini, kita akan lebih fokus membahas perbandingan WordPress vs Weebly.

WordPress dan Weebly adalah dua dari sekian banyak platform membuat website. Keduanya menawarkan fitur-fitur menarik untuk website. Baik WordPress maupun Weebly juga cukup mudah untuk digunakan. Anda tak perlu menguasai coding untuk bisa memakai kedua platform ini.

Di artikel ini, kami akan membahas berbagai fitur yang dimiliki Weebly dan WordPress. Tak ketinggalan, kami juga akan membandingkan keduanya supaya Anda bisa menemukan platform terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Sekilas Soal Weebly dan WordPress

Sebelum membahas WordPress CMS vs Weebly, rasanya kita perlu sedikit memberikan informasi singkat soal kedua platform ini. Informasi ini nantinya akan membantu Anda memahami perbedaan yang dimiliki WordPress dengan Weebly.

WordPress dan Weebly adalah dua platform untuk membuat website. Keduanya menawarkan berbagai fitur fungsional untuk membantu Anda untuk membangun website secara lebih mudah dan efisien.

Kini, ada sekitar 75 juta website yang dibuat dengan menggunakan WordPress. Angka ini merepresentasikan sebanyak hampir 34 persen dari total website di dunia. Di sisi lain, website berbasis Weebly hanya digunakan oleh 0,4 persen pengguna global. Jika dikonversikan ini sama dengan 300.000 website.

Weebly dan WordPress memiliki basis platform yang berbeda. Weebly merupakan layanan web hosting yang menggunakan sistem website builder untuk membuat sebuah situs. Di sisi lain, WordPress merupakan platform berbasis content management system (CMS).

Basis platform yang berbeda ikut mempengaruhi performa keduanya. WordPress terkenal sebagai platform yang fleksibel untuk diatur fungsi dan tampilannya sesuai keinginan. Berbeda halnya dengan Weebly yang lebih mengunggulkan user interface yang apik dan penggunaan super mudah.

Supaya Anda memahami perbedaan dari kedua platform ini, kita akan bahas lebih dalam di bagian selanjutnya.

Perbandingan Weebly vs WordPress

Weebly dan WordPress menawarkan banyak fitur menarik untuk membuat website. Akan tetapi, tidak semua fitur ada di kedua platform tersebut. Beberapa fitur unggulan di WordPress tidak tersedia di Weebly, begitu pun sebaliknya.

Makanya, agak sulit jika kita mau membandingkan fitur yang ada satu per satu. Sebab, perbandingan tersebut takkan bisa menjelaskan segala sesuatunya secara berimbang atau apple to apple.

Karena itu, artikel ini akan mengelompokkan fitur-fitur yang ada berdasarkan fungsi umum. Baru dari fungsi umum itu, kita bisa membandingkan antara Weebly dan WordPress dengan lebih jelas. Di bagian ini kita akan membandingkan kedua platform dari tujuh hal, yaitu sisi pengaturan situs, optimasi SEO, keamanan, kemudahan kustomisasi, fungsi tambahan, bantuan, dan harga.

Di setiap akhir perbandingan fungsi, kami akan memberikan catatan platform mana yang menawarkan fitur terbaik.

Pengaturan Web

Pengaturan web adalah salah satu faktor penting dalam membuat web. Sebab jika sistem pengaturan sebuah platform cukup user-friendly, maka Anda akan dimudahkan dalam mengatur tampilan dan apa saja yang web Anda bisa lakukan. Poin ini tentunya sangat penting untuk dipertimbangkan oleh pengguna yang baru memulai membuat website.

Weebly memiliki user-interface yang sangat bersih dan elegan. Sesaat setelah Anda membuat akun, akan muncul beberapa pertanyaan soal kostumisasi website. Pertanyaan pertama yang akan Weebly ajukan adalah “website seperti apa yang ingin Anda buat?”. Anda bisa memilih salah satu opsi, antara sebuah website atau website dengan tambahan toko online.

weebly vs wordpress

Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan nama toko serta alamat domain yang diinginkan. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman Dashboard. Terdapat tujuh opsi pengaturan yang bisa Anda kustomisasi satu per satu. Beberapa opsi di antaranya adalah pengaturan tampilan website, menambahkan produk, beli atau transfer domain, buat sistem pembayaran, dan sebagainya.

weebly vs wordpress

Tampilan Dashboard Weebly bisa dilihat seperti gambar di atas. Sangat estetis, bukan?

weebly vs wordpress

WordPress, di sisi lain, menawarkan tampilan yang sedikit lebih teknikal dibandingkan Weebly. Untuk fungsi pengaturan situs, pilihan yang WordPress tawarkan juga cenderung lebih terbatas.

weebly vs wordpress

Di menu Settings, WordPress memberikan tujuh opsi pengaturan, yaitu General, Writing, Reading, Discussion, Media, Permalink, dan Privacy. Di submenu General, WordPress memperbolehkan Anda melakukan kustomisasi judul, alamat email, zona waktu, dan penulisan tanggal dan jam.

Submenu Permalink memperbolehkan Anda memilih salah satu dari format URL yang ada. Opsi ini ikut mempengaruhi SEO website Anda. Sedangkan opsi-opsi lain mengatur hal-hal umum seperti tampilan post dan tampilan ketika menulis post.

Semua opsi pengaturan web di WordPress sifatnya isian atau checklist. Maka dari itu, Anda perlu melakukan preview secara manual untuk mengetahui bagaimana opsi pengaturan mengubah tampilan atau fungsional website.

Mana yang terbaik? ─ Weebly.

Optimasi SEO

Optimasi SEO membuat website yang dibuat dapat dibaca oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. Poin ini memastikan website Anda bisa mendapatkan pengunjung baru secara terus menerus.

Weebly memiliki fitur optimasi SEO yang terintegrasi. Artinya, Anda bisa melakukan optimasi langsung di halaman atau post yang diinginkan. Anda tidak wajib menambahkan apps untuk dapat melakukan optimasi SEO.

Untuk bisa melakukan optimasi SEO di halaman, Anda perlu mengakses menu Pages dan memilih halaman spesifik yang ingin dioptimasi. Lalu, pilih opsi SEO Settings. Opsi ini akan memunculkan kolom-kolom di mana Anda bisa mengisi judul halaman, permalink, deskripsi halaman, meta description, serta kode header dan footer. Sedangkan, untuk optimasi SEO di setiap posting, Anda bisa mengisi kolom judul serta meta description.

weebly vs wordpress

Di sisi lain, meski opsional, Anda juga bisa menambahkan banyak apps untuk mendukung optimasi website berbasis Weebly. Platform ini menyediakan berbagai apps tersebut baik secara gratis maupun premium.

Berbeda dengan Weebly, ada lebih banyak aspek optimasi SEO di WordPress. Ada aspek teknikal dan juga SEO di dalam halaman (on-page). Tapi, kali ini kita akan lebih banyak membahas on-page SEO di WordPress.

weebly vs wordpress

Umumnya, optimasi SEO di platform ini dilakukan dengan menambahkan plugin Yoast SEO. SEO ini membantu Anda memaksimalkan aspek SEO di website dengan sangat mudah. Maka dari itu, plugin ini sangat cocok untuk pemula.

Selain membantu aspek tenkis SEO, kelebihan Yoast adalah juga mengoptimasi konten teks yang Anda buat. Dengan memasukkan kata kunci ke dalam Yoast, plugin akan otomatis menganalisis elemen-elemen yang meningkatkan user experience.

Download Ebook: 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO

weebly vs wordpress

Lebih tepatnya, Yoast akan memeriksa tujuh elemen yang ada di konten teks Anda. Pertama, ia akan memeriksa apakah teks yang ditulis sudah mudah dipahami. Yoast menggunakan penilaian Flesch Reading, jika teks ditulis dalam bahasa Inggris.

Kemudian, plugin ini juga akan melihat seberapa banyak kata sambung, kalimat pasif, ragam kata atau sinonim, distribusi sub-bab, panjang kalimat, serta panjang paragraf. Tak lupa, Yoast juga akan mengecek apakah kata kunci yang digunakan melebihi tiga persen dari jumlah kata total.

Jika semua elemen yang diperiksa menunjukkan tanda hijau, maka bisa dipastikan konten yang dibuat sudah seo-friendly. Dengan begini, ada kemungkinan besar konten yang dibuat bisa mendapatkan ranking di mesin pencarian.

Mana yang terbaik? ─ WordPress.

Keamanan

Fitur keamanan juga merupakan faktor krusial dalam menentukan platform pembuatan website. Platform yang memiliki sistem keamanan kuat, tentunya meminimalisasi kemungkinan peretasan (hacking) dan pencurian data.

Weebly secara otomatis mengintegrasikan sistem keamanan ke dalam platformnya. Setiap website yang dibuat sudah terinstal Secure Sockets Layer atau SSL.

weebly vs wordpress

Di samping SSL, Weebly juga memilki fitur keamanan berbasis password. Anda bisa menyetel beberapa halaman spesifik supaya dilengkapi password. Dengan cara ini, hanya beberapa pengguna yang memiliki password saja yang dapat mengakses halaman tersebut.

WordPress juga memiliki sistem keamanan yang cukup mirip. Bedanya, Anda perlu menginstal SSL secara manual. Sebab, SSL tidak terintegrasi secara otomatis ke Dashboard WordPress. Bahkan sebetulnya, WordPress tidak memiliki pengaturan keamanan yang spesifik.

Meski begitu, SSL sebenarnya hanya menjamin keamanan akses bagi pengunjung. Menginstal SSL membuat website aman, bisa diakses pengunjung, lalu memperbesar kemungkinan untuk menempati peringkat atas di Google.

Namun, SSL tidak bisa menyelesaikan masalah keamanan internal. Website WordPress yang Anda buat masih memiliki celah keamanan. Celah keamanan tersebut bisa bersumber dari tema, plugin, dan versi WordPress yang tidak update.

weebly vs wordpress

Seperti yang ditunjukkan oleh plugin Wordfence di atas, celah keamanan WordPress kebanyakan berasal dari plugin yang memerlukan update. Bisa juga plugin tersebut sudah lama tidak diperbaharui oleh developer.

Mana yang terbaik? ─ Weebly.

Baca juga: Apa Itu SSL? Pentingkah SSL untuk Website?

Kustomisasi Tampilan

Kustomisasi tampilan berbeda dengan pengaturan website. Pengaturan website lebih bersifat hal-hal umum seputar web. Misal seperti nama web, tagline, kegunaan, dan lainnya. Sedangkan, kustomisasi tampilan jelas sifatnya seperti kosmetik. Ia memodifikasi segala elemen yang nampak oleh mata.

Weebly menawarkan kustomisasi tampilan yang sangat user-friendly. Berbagai pilihan elemen web ditampilkan di sebelah kiri halaman. Lalu, di sebelah kanan halaman terdapat preview tampilan website. Tampilan di kanan halaman inilah yang nantinya akan dilihat oleh pengunjung website.

Platform pembuatan website ini menawarkan begitu banyak elemen untuk mempercantik situs yang dibuat. Beberapa elemen basic di antaranya adalah teks judul, teks paragraf, gambar, slideshow, dan formulir newsletter.

weebly vs wordpress

Selain elemen basic yang disebutkan, Anda juga bisa menambahkan video, audio, produk, scribd document, kolom pencarian konten, Flash, Google Adsense, RSVP Form, dan banyak elemen lainnya.

Untuk bisa menambahkan elemen tersebut, Anda cukup mengklik kotak elemen disebelah kiri lalu menyeretnya ke posisi yang diinginkan di bagian kanan halaman. Anda bisa mengubah teks dan tampilan secara langsung dengan mengklik elemen tersebut.

Dengan sistem macam ini, Anda tidak memerlukan pemahaman tentang bahasa pemrograman untuk membuat situs web. Semua template tersedia di dalam Weebly.

weebly vs wordpress

WordPress memiliki pilihan kustomisasi tampilan yang lebih komprehensif. Platform ini mendedikasikan satu bagian yang cukup lengkap di Dashboard, yaitu Appearance. Di bagian submenu Widget, Anda bisa menambahkan elemen-elemen untuk dipasang di bagian sidebar.

Namun, untuk memanfaatkan pilihan opsi tampilan secara maksimal, Anda perlu menginstal tema lebih dulu. WordPress menyediakan banyak pilihan tema yang bisa dipakai secara gratis. Tidak sedikit pula tema yang disediakan merupakan premium atau berbayar. Tema tersebut bisa diakses di WordPress Theme Directory.

Baca juga: 12+ Template WordPress Gratis Terbaik 2019 untuk Website Anda

weebly vs wordpress

Setelah memilih salah satu tema WordPress, Anda bisa melakukan kustomisasi secara lebih menyeluruh. Anda bisa mengubah background warna. Pengaturan tampilan secara live, seperti halnya di Weebly, juga bisa dilakukan. Untuk itu, pilih Appearance > Customize.

Mirip dengan Weebly, berbagai opsi tampilan terletak di bagian kiri halaman. Preview tampilan website dapat dilihat di sebelah kanan halaman. Akan tetapi, pengaturan tampilan macam ini tidak menggunakan sistem drag and drop.

Sebagai gantinya, Anda hanya perlu mengklik tombol pilihan dan mengisi kolom yang diperlukan. Ketika Anda mengubah pilihan tampilan, hasilnya akan langsung nampak di sebelah kanan. Perubahan akan disimpan ketika Anda mengklik tombol Save.

Mana yang terbaik? ─ WordPress.

Fungsi Tambahan

Platform pembuatan website biasanya hanya memberikan fungsi default. Untuk bisa menambahkan fungsi tertentu, platform website biasanya menggantungkan pada instalasi plugin atau app tambahan. Maka dari itu kita juga akan bahas sekilas bagaimana WordPress dan Weebly menyediakan fungsi tambahan.

Weebly menawarkan fungsi tambahan di App Center-nya. Terdapat empat macam apps yang ditawarkan, yaitu app resmi dari Weebly, app khusus untuk website toko online, app untuk menyebarkan konten (sosial), dan app untuk meningkatkan trafik. Totalnya, ada sekitar 350 apps yang ditawarkan oleh Weebly.

weebly vs wordpress

WordPress menawarkan jauh lebih fungsi tambahan lewat plugin. Setidaknya ada lebih dari 50.000 plugin di direktori WordPress. Berbagai plugin ini telah didownload sebanyak lebih dari 1,25 milyar kali.

weebly vs wordpress

Sayangnya, WordPress tidak melakukan pengelompokan fungsi tambahan sebagaimana yang dilakukan Weebly. Ketika App Center Weebly menggolongkan app-nya menjadi empat macam fungsi, WordPress memilih untuk membuat empat kelompok plugin berdasarkan sifatnya. Keempat-empatnya adalah Block-Enabled Plugins, Featured Plugins, Beta Plugins, dan Popular Plugins.

Hal ini membuat pengguna agak sulit mencari plugin yang tepat untuk website. Akibatnya, banyak pengguna WordPress yang mencari rekomendasi plugin lewat review atau menggantungkan pada star rating.

Mana yang terbaik? ─ WordPress.

Baca juga: Plugin Wajib WordPress Terbaik untuk Anda Install

Bantuan

Pusat bantuan adalah hal yang wajib ada di semua platform pembuatan website. Konten ini akan membantu siapa saja dalam membuat, mengatur, dan menyesuaikan fitur serta tampilan situs yang dibuat.

Weebly menyajikan pusat bantuan berbasis knowledge base dan komunitas. Untuk knowledge base sendiri, Weebly memiliki enam topik utama yang dibahas. Keenam topik tersebut mencakup akun, domain dan email, ecommerce, mobile apps, email marketing, dan tentunya soal pembuatan website.

weebly vs wordpress

Ketika bantuan knowledge base disusun oleh Weebly secara resmi, bantuan komunitas mengandalkan siapa saja pengguna Weebly. Siapapun pengguna Weebly bisa membuka thread pertanyaan dan siapapun juga bisa membalasnya.

Di sidebar sebelah kiri, Anda bisa melihat bermacam topik yang kerap ditanyakan. Berbagai fitur dan fungsi Weebly dikelompokkan sendiri. Di sana terdapat pembahasan soal app center, domain, ecommerce, dan sebagainya.Selain itu, Weebly juga menyediakan pembahasan soal bisnis, developer, dan feedback. Masih di bagian sidebar, terdapat juga panduan komunitas, tags, dan juga label.

Di bagian utama, sebelah kanan halaman, Weebly membaginya dalam dua headline utama. Pertama, thread atau topik yang baru ditanyakan (recent topics). Kedua, topik yang belum dijawab atau (unanswered topic).

weebly vs wordpress

WordPress pun memiliki basis bantuan yang sama dengan Weebly. Ia memiliki pusat bantuan berbentuk documentation, tetapi juga memiliki komunitas yang siap saling membantu. Akan tetapi, karena WordPress sudah dimulai dari tahun 2003, knowledge base dan komunitas WordPress sudah sangat masif.

Knowledge base WordPress terbagi atas sembilan topik. Kesembilan topik tersebut yaitu, informasi umum soal WordPress, menginstal WordPress, penggunaan dasar, administrasi dasar, kustomisasi, maintanance, keamanan, topik-topik advance, dan troubleshooting.

Baca juga: Cara Membuat WordPress (Tutorial Lengkap)

Untuk komunitas, WordPress memisahkan forum diskusi ke dalam 10 topik berbeda. Mereka adalah menginstal WordPress, memperbaiki WordPress, developing WordPress, networking, aksesbilitas, localhost install, aspek lainnya soal WordPress, feedback, alpha/beta/RC, dan tema serta plugin.

Karena forum WordPress sangat dinamis, setiap topik yang dibuat dalam forum diurutkan berdasarkan yang terbaru. Cara ini membuat pengguna bisa lebih menemukan topik yang sesuai dengan versi WordPress terkini.

Mana yang terbaik? ─ WordPress.

Harga

Tak bisa dipungkiri harga adalah salah satu pertimbangan penting memulai website. Harga yang diimbangi dengan kualitas tentunya akan lebih menarik bagi Anda. Baik Weebly dan WordPress menawarkan bermacam fitur dengan harga “langganan” yang berbeda.

Menurut website resmi, Weebly menawarkan layanan secara gratis untuk fitur terbatas. Dengan versi gratis, Anda bisa memiliki website dengan branding Weebly, SSL gratis, dan kapasitas penyimpanan sebesar 500 MB.

Dari paket gratis ini, Anda bisa membayar lebih untuk mendapatkan fitur yang lebih advance. Untuk menyambungkan website dengan domain TLD, Anda bisa memakai paket Connect ($5 per bulan per tahun). Fitur khusus komunitas atau organisasi tersedia dalam paket Pro ($12 per bulan per tahun). Lalu, untuk bisnis bisa memakai paket Business ($25 per bulan per tahun).

Namun, untuk mendapatkan website Weebly yang murah, fitur lengkap, serta dukungan lainnya, Anda bisa membuatnya lewat Niagahoster. Niagahoster menawarkan paket menarik untuk setiap pembuatan website berbasis Weebly. Soal harga dan fitur lengkap bisa dilihat di bawah ini.

weebly vs wordpress

WordPress juga memiliki harga berbeda untuk fitur-fitur yang ditawarkan. Tapi harga ini sangat variatif, tergantung siapa yang menyediakan hosting dan domain untuk web itu sendiri. Di Niagahoster kami menawarkan web hosting dan domain untuk website WordPress dengan harga terjangkau. Di samping itu, Anda akan mendapatkan banyak fitur premium seperti di bawah ini.

weebly vs wordpress

Mana yang terbaik? ─ WordPress.

Ringkasan Kelebihan Weebly vs WordPress

Kita sudah membandingkan fungsi umum dari Weebly dan WordPress. Akan tetapi, perbandingan di atas masih cenderung sangat umum. Akibatnya, ada banyak hal di kedua platform yang tidak tereksplor secara baik.

Bagian ini akan memberikan highlight atas nilai lebih Weebly dan WordPress.

Weebly

Mudah adalah kata kunci Weebly. Ia menawarkan sebuah platform yang sangat ramah bagi pemula di dunia website. Berikut kelebihan dari Weebly:

  • Mudah dipakai. Web builder tidak memerlukan pemahaman soal bahasa pemrograman. Tinggal klik dan tarik untuk membuat tampilan website sesuai keinginan.
  • Biaya murah. Weebly menyediakan paket gratis untuk Anda yang ingin mencoba membangun website Anda sendiri.
  • Terintegrasi dengan optimasi SEO. Tak wajib menambahkan app tambahan untuk memmbuat website dapat dibaca oleh mesin pencarian.
  • Banyak pilihan aplikasi penunjang. Weebly juga menyediakan app secara gratis demi menunjang kegiatan Anda dalam mengembangkan fungsional situs web Anda.
  • Risiko keamanan rendah. Weebly sudah terintegrasi dengan SSL secara otomatis. Risiko keamanan internal juga rendah karena segala fiturnya terintegrasi.
  • Pusat bantuan yang rapi. Pusat bantuan knowledge base dan komunitas diatur dengan baik dan rapi.

WordPress

Fleksibilitas adalah kata kunci untuk WordPress. Berikut hal-hal yang membuat Anda melirik platform ini untuk membuat website.

  • Banyak pilihan tema. Bermacam tema gratis maupun berbayar yang disediakan oleh WordPress.
  • Banyak tambahan fungsi. Terdapat banyak pilihan plugin untuk melengkapi kemampuan atau fungsi website yang dibuat.
  • Kustomisasi tak terbatas. WordPress juga mendukung pengubahan tampilan laman web dengan HTML dan CSS.
  • Optimasi SEO yang mudah. Banyak cara dan tips SEO untuk meningkatkan ranking website WordPress. Banyaknya website yang menggunakan WordPress (34 persen di dunia), membuat Google lebih familiar dan membuat website WordPress lebih mudah menempati ranking atas.
  • Murah. Niagahoster menawarkan paket murah untuk hosting website WordPress. Mulai dari Rp38.900 per bulan, Anda bisa memiliki website WordPress berdomain .com.

Ringkasan Kekurangan WordPress vs Weebly

Setelah bicara kelebihan, kini saatnya bicara kekurangan. Berikut adalah daftar kelemahan plarform Weebly dan WordPress.

Weebly

Keterbatasan adalah kata kunci untuk kelemahan Weebly. Berikut adalah deskripsi lebih lengkapnya.

  • Kustomisasi terbatas. Tidak seperti sebuah CMS, Weebly sebagai web builder memiliki keterbatasan dalam hal kustomisasi tampilan situs. Sebab, Weebly tidak memberi akses untuk mengubah source-code. Jadi, pengguna Weebly hanya dapat menggunakan pengaturan yang disediakan oleh platform tersebut.
  • App terbatas. Aplikasi yang ditawarkan Weebly tidak sebanyak WordPress.

WordPress

Di sisi lain, WordPress cenderung lebih sulit untuk dikuasai. Platform ini selalu memperbarui sistemnya. Di samping itu, terdapat komunitas yang mengembangkan plugin dan tema sendiri. Selain itu ada banyak sekali opsi untuk mengubah tampilan dan fungsi website. Itu mengapa WordPress memiliki learning curve atau lebih sulit dipelajari.

  • Memakan waktu untuk mengoptimalkan kinerja situs. Anda perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk belajar banyak fitur. Termasuk juga opsi-opsi kustomisasi yang tak terbatas.
  • Wajib beli domain dan web hosting. Anda perlu mengeluarkan uang, bahkan ketika hanya bermaksud mencoba dulu. Akan tetapi tenang saja, Niagahoster memiliki garansi 30 hari uang kembali, jika Anda tak puas memakai platform WordPress.
  • Banyak celah keamanan. Tidak memasang SSL membuat keamanan website Anda menjadi rentan. Tapi, selain itu, plugin dan tema yang tidak update juga menyebabkan keamanan website terancam. Belum lagi risiko brute-force attack atau peretasan website dengan mencoba berbagai kombinasi password.

Jadi, Mana Platform yang Terbaik?

Memutuskan satu platform terbaik adalah pekerjaan yang sulit. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda untuk website yang ingin dibuat. Maka, memutuskan satu platform terbaik tentu bisa memunculkan perdebatan.

Namun, kalau boleh memberi saran, coba ingat kata kunci untuk dua platform di atas. Weebly itu mudah digunakan. WordPress itu sangat fleksibel. Dua hal itu yang perlu dipegang sebelum memutuskan menggunakan salah satu platform.

Jika Anda suka kemudahan dan kepraktisan; ingin mengetahui cara membuat website yang mudah dan estetis; membutuhkan segala fitur di satu platform; dan ingin menjalankan bisnis dalam waktu singkat ─ maka, Weebly adalah jawabannya. Jangan lupa buat website Weebly lewat Niagahoster untuk dapatkan fitur tambahan menarik. Cari tahu selengkapnya di sini.

Sebaliknya, jika Anda suka bereksperimen; menyukai platform yang versatile atau tahan banting; ingin membuat tampilan website yang berbeda; membutuhkan berbagai tambahan fungsi website ─ maka WordPress merupakan pilihan tepat. Cek di sini untuk tahu berbagai keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan hosting WordPress dari Niagahoster.

Jadi, begitulah. Semoga artikel ini bisa menjawab kegundahan hati Anda dalam memilih platform membuat website. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel lainnya!

2
Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 11 =