Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Apa itu Web Scraping? Pengertian, Teknik, dan Manfaatnya

4 min read

Featured image web scraping

Web scraping adalah metode yang sangat berguna dalam bisnis online, baik itu untuk riset pasar, riset kompetitor, atau mencari leads. Namun, manfaatnya lebih dari sekedar itu.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari pengertian dari metode ini serta seluruh manfaatnya. Tak hanya itu, Anda pun akan diajak mengenali teknik-tekniknya secara umum. Selamat membaca!

Apa Itu Web Scraping?

Dalam menjalankan bisnis online, pastinya Anda pernah mendata kompetitor-kompetitor Anda beserta informasi penting mengenai produk atau layanan mereka.

Kemudian, Anda menyimpan data tersebut di dalam sebuah spreadsheet — baik itu menggunakan Microsoft Excel, Google Sheet atau aplikasi sejenisnya. Proses inilah yang disebut sebagai web scraping.

Dengan kata lain, web scraping dapat didefinisikan sebagai proses pengambilan data dari sebuah website.

Secara umum, ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukannya:

  • Manual — metode di mana Anda menyalin data dengan cara copy paste dari sebuah website
  • Otomatis — metode yang menggunakan koding, aplikasi, atau extension browser.

Teknik-Teknik Web Scraping

Web scraping kini dimudahkan dengan bantuan browser extension dan aplikasi. Namun, hasilnya masih belum sebaik cara manual dan koding. Dalam artikel ini  kami akan membahas enam teknik web scraping yang umum dilakukan, yaitu:

  • Menyalin data secara manual
  • Menggunakan regular expression
  • Parsing HTML
  • Menganalisa DOM
  • Menggunakan XPath
  • Menggunakan Google Sheet

1. Menyalin Data secara Manual

Cara web scraping yang paling sederhana adalah menyalin data website secara manual. Karena Anda harus mengambil dan menyimpan informasi yang diperlukan satu per satu, teknik ini memakan waktu lama.

Akan tetapi, metode ini paling efektif dari segi pencarian data. Tidak seperti tool atau bot, Anda sudah tahu letak informasi yang ingin disalin dari suatu website. Dengan demikian, hasil web scraping dengan cara ini sangat akurat.

Teknik manual ini dianjurkan jika jumlah website atau blog yang ingin Anda saring terbatas.

2. Menggunakan Regular Expression

Regular expression adalah baris kode yang digunakan dalam algoritma pencarian untuk menemukan tipe data tertentu dari sebuah file. Dalam konteks web scraping, file yang dimaksud adalah file-file penunjang sebuah website.

Keuntungan utama menggunakan regular expression untuk web scraping adalah konsistensi syntaxnya di dalam berbagai bahasa pemrograman. Oleh karena itu, teknik ini sangat fleksibel.

Ditambah lagi, regular expression dapat digunakan untuk mencari data berdasarkan jenisnya, seperti nama produk, harga, dan alamat email.

3. Parsing HTML

Pada dasarnya, parsing HTML adalah metode yang dilakukan dengan mengirimkan HTTP request kepada server yang menyimpan data website yang datanya ingin Anda ekstrak.

Dengan teknik ini, Anda dapat melakukan web scraping tidak hanya pada halaman website yang bersifat statis, tetapi juga dinamis. Selain itu, parsing HTML juga memungkinkan Anda untuk menyalin data dalam jumlah yang besar dalam waktu singkat.

Sayangnya, parsing HTML dapat dicegah dengan proteksi website. Tak hanya itu, Anda bisa diblokir dari suatu situs jika terlalu sering melakukan teknik ini.

4. Menganalisa DOM

Document Object Model atau DOM adalah representasi struktur sebuah halaman website yang ditulis dengan HTML.

Ketika melakukan parsing HTML, DOM dari halaman yang ingin diekstrak datanya akan dimuat terlebih dahulu. Untungnya, DOM juga membawa data yang ada pada file HTML.

Oleh karena itu, analisa DOM bisa dijadikan alternatif untuk melakukan web scraping terhadap halaman situs dinamis jika parsing HTML tidak membuahkan hasil.

Untuk membantu proses ini, Anda bisa mencari informasi yang diinginkan dengan regular expression (poin nomor 2).

5. Menggunakan XPath

XPath adalah bahasa query yang digunakan untuk memilih node dari struktur file XML dan HTML.

Implementasinya tidak jauh berbeda dengan analisa DOM. Anda menggunakannya untuk mencari data dari struktur file penunjang halaman.

Selain itu, XPath juga dapat digunakan untuk mencari data pada elemen teks dalam file XML dan HTML. Dengan demikian, teknik web scraping ini bisa Anda pilih ketika analisa DOM kurang efektif.

6. Menggunakan Google Sheet

Google Sheet adalah aplikasi web milik Google yang biasanya digunakan untuk membuat spreadsheet. Akan tetapi, aplikasi ini ternyata juga bisa digunakan untuk melakukan web scraping dengan mudah.

Di samping Google Sheet, Anda hanya memerlukan browser yang memiliki fitur inspect element. Setelah itu, tinggal mengopi expression XPath dari elemen halaman website yang datanya ingin Anda salin ke dalam command IMPORTXML yang ada di Google Sheet.

Manfaat Web Scraping

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel, penggunaan web scraping menawarkan beberapa manfaat. Berikut ini adalah empat keuntungan utamanya.

Mendapatkan Lead

Lead adalah orang yang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dalam berburu leads untuk bisnis baru, tidak ada salahnya jika Anda mendekati follower akun media sosial kompetitor. Bahkan, kemungkinan mereka berkemungkinan besar untuk tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Nah, web scraping dilakukan untuk memudahkan proses ini. Dengannya, Anda bisa menyalin daftar follower masing-masing kompetitor dan mengopi alamat email mereka. Tak lupa, Anda dapat menggunakan data lain seperti demografi follower untuk jadi bahan segmentasi.

Membandingkan Ulasan dalam Jumlah Besar

Memiliki pemahaman yang mendalam atas kebutuhan konsumen adalah sebuah kewajiban jika Anda ingin memenangkan hati mereka. Dengan mengantongi pengetahuan tersebut, Anda dapat meningkatkan layanan atau menciptakan produk yang solutif.

Untuk dapat melakukannya, Anda bisa membaca ulasan-ulasan konsumen tentang produk dan layanan kompetitor, baik itu di blog review, forum, maupun marketplace online.

Dengan adanya web scraping, usaha Anda untuk mendokumentasikan data tersebut akan dipermudah dan dipercepat.

Baca Juga: Cara Membuat Review di WordPress

Optimasi Harga Produk atau Layanan

Menentukan harga bagi layanan atau produk Anda memang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk biaya produksi, SDM, brand positioning, dan harga yang ditawarkan kompetitor.

Setidaknya, web scraping membantu Anda untuk mengumpulkan harga produk dan layanan bisnis pesaing. Dengan demikian, Anda dapat memperhatikan tren harga yang ada di pasar.

Baca Juga: 10 Cara Sukses Jualan Online 2020

Mencari Informasi sebuah Perusahaan

Suatu saat mungkin Anda perlu bekerjasama dengan pemilik bisnis lain. Namun, Anda ingin memastikan bahwa usaha tersebut dapat dipercaya.

Nah, Anda bisa melakukan “investigasi” mandiri terhadap usaha tersebut di internet dengan bantuan web scraping.

Baca Juga: 3 Cara Tepat Menentukan Niche Market untuk Bisnis

Kendala dalam Melakukan Web Scraping

Meskipun web scraping merupakan teknik yang sangat membantu dalam ekstraksi data situs, ada juga hal-hal yang menjadi halangan dalam implementasinya. Setidaknya, lima hal di bawah ini perlu Anda ingat jika ingin melakukannya:

  • Tidak ada teknik web scraping yang 100% efektif — Metode web scraping, baik yang dibahas dalam artikel ini maupun yang menggunakan aplikasi, tidak ada yang sempurna.
  • Data yang didapat tidak selalu rapi — Apapun metode yang Anda pakai pasti akan menyisakan teks-teks yang tidak diinginkan, seperti tag HTML. Oleh karenanya, Anda masih harus merapikan data hasil web scraping.
  • Pemahaman tentang struktur halaman website tetap menjadi kewajiban — Tidak semua teknik web scraping memerlukan koding. Akan tetapi, Anda tetap harus memahami HTML dan CSS. Ini dibutuhkan ketika Anda mencari letak data yang ingin diekstrak menggunakan fitur inspect element pada browser.
  • Akses Anda ke suatu website dapat diblokir — terlalu sering melakukan web scraping terhadap suatu website dapat menyebabkan IP Anda diblokir oleh adminnya.
  • Tidak semua website mudah diekstrak datanya — Salah satu tugas web developer memang selalu memperbarui websitenya, baik dari segi kode maupun struktur halamannya, untuk alasan keamanan. Maka dari itu, jangan heran ketika Anda menemui situs yang datanya susah diekstrak.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai pengertian, teknik, manfaat, dan halangan web scraping. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia.

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *