VPS

VPS Windows: Pengertian, Keunggulan, dan Fungsinya

Ketika kami menyebutkan Windows pasti Anda membayangkan komputer atau laptop. Namun, bagaimana dengan VPS Windows?

Secara sederhana VPS adalah server virtual yang digunakan untuk menyimpan data website. Nah, VPS Windows adalah jenis VPS yang menggunakan operating system (OS) Windows.

VPS Windows ini adalah alternatif dari VPS dengan OS Linux. Karenanya, VPS Windows tentu memiliki banyak kegunaan dan point plus dibanding versi Linux. Lalu, Kira-kira apa saja sih point plusnya?

Tak perlu khawatir. Kami akan jelaskan secara menyeluruh pada artikel ini. Mari simak lebih lanjut.

Pengertian VPS Windows

VPS Windows adalah jenis server virtual yang berfungsi untuk menyimpan file dan data pada website. Secara khusus, server virtual ini dirancang untuk menjalankan aplikasi berbasis Windows.

Umumnya, VPS digunakan perusahaan atau developer yang memiliki banyak website. Mereka memilih VPS karena sumber daya yang besar dan tidak dibagi. Masing-masing VPS memiliki Disk Space, RAM, dan CPU sendiri. Dengan begitu, performa website tetap stabil.

Namun, tentu saja ada beberapa hal yang membedakan VPS Windows dengan VPS lainnya. Di antaranya adalah biaya penyewaan, teknologi web server, sistem manajemen database, serta kemampuan teknis untuk menggunakan VPS itu sendiri. Nanti, kami akan bahas perbedaan ini di bagian lain artikel.

Untuk sekarang, mari bahas dulu fungsi VPS Windows yang bisa Anda jalankan. Mulai dari untuk hosting website, server database, server backup, dan lain-lain. Lengkapnya, mari baca bagian selanjutnya.

Fungsi VPS Windows

Berikut ini adalah kegunaan dan fungsi VPS Windows, di antaranya:

1. Hosting Website

Seperti yang sudah kita ketahui, VPS Windows sering digunakan sebagai hosting website. Selain karena pengguna bebas mengatur server, VPS Windows memiliki fitur-fitur yang mendukung penggunaannya sebagai hosting website. Contohnya ASP.NET, yang merupakan framework pembuatan aplikasi web.

Selain itu, ada juga Internet Information Service (IIS). ISS adalah web server yang digunakan untuk membuat hosting website ataupun aplikasi web.

Baca juga: Apa Itu Web Server dan Fungsinya?

2. Active Directory

Active Directory Domain Service (AD DS) adalah layanan yang memungkinkan penggunanya melakukan administrasi jaringan secara terpusat.

Layanan ini biasa digunakan perusahaan untuk mengelola data berupa: username, password, nomor telepon, dll. Selain itu, perusahaan dapat menggunakannya untuk memberi atau menghilangkan akses login.

AD DS sangat bermanfaat, terutama jika perusahaan yang mengelola banyak data. Bayangkan bila harus mengganti password suatu akun pada 100 komputer satu demi satu. Sangat merepotkan, bukan? Namun, dengan AD DS semua itu dapat dilakukan dengan satu klik saja!

3. Server Database

Server database adalah sebuah server yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola data. Secara spesifik, database dapat mempercepat identifikasi data, mengontrol data secara terpusat, menyimpan data dengan lebih aman, dan diakses multi user.

Karena berbagai manfaatnya ini, wajar jika banyak perusahaan yang membutuhkannya.

Kabar baiknya, VPS Windows juga dapat digunakan sebagai server database, lho! Terdapat dua pilihan sistem manajemen basis data, yaitu Microsoft SQL dan MYSQL.

Secara umum keduanya memiliki perbedaan. Microsoft SQL adalah sistem yang dikembangkan oleh Microsoft dan sifatnya berbayar. Microsoft SQL juga mendukung bahasa pemrograman C++, JAVA, Ruby, Visual Basic, Delphi, dan R.

Berbeda dengan MYSQL yang dikembangkan oleh Oracle dan sifatnya gratis. MYSQL ini mendukung Perl, Tcl, Haskey dan lain-lain.

Baca juga: Database: Pengertian dan Fungsinya dalam Pemrograman

4. Server Backup

Server backup berfungsi untuk menyimpan cadangan data dari device. Tujuannya, untuk menghindari kehilangan data berharga.

Secara umum cara kerja server backup sama dengan Google Drive. Anda bisa mengunggah data dan file yang Anda mau ke server. Sehingga, data tersebut aman dan bisa diakses dari mana saja.

Namun, tentu saja ada perbedaan antara server backup dan platform backup kebanyakan. Dari sisi teknis, server backup jelas membutuhkan lebih banyak sumber daya karena melakukan banyak proses secara terus menerus.

Meski begitu, server backup memiliki banyak kelebihan. Mulai dari pemulihan data dengan cepat, proses backup data berjalan dengan otomatis, bebas mengatur durasi antar pembuatan backup, sampai keamanan data yang lebih terjamin.

5. Remote Desktop

Remote desktop adalah fitur VPS Windows yang memungkinkan Anda melakukan koneksi dengan server kapanpun dan di manapun. Termasuk mentransfer data antara PC dengan server. Data yang ditransfer via remote desktop sudah terenkripsi alias diacak susunannya sehingga dijamin aman dari hackers.

Selain itu, remote database juga bisa digunakan untuk banyak hal lainnya, lho! Mulai dari membuat akses internet super cepat, mempercepat proses download dan upload file,memfasilitasi aplikasi yang berjalan nonstop, dan memodifikasi server sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga: Mengenal RDP: Fungsi dan Cara Menggunakannya

Perbandingan VPS Windows dengan VPS Linux

Sebelumnya, Anda sudah mengetahui fungsi VPS Windows. Akan lebih lengkap bila Anda memahami perbandingan antara VPS Windows dan Linux. Apalagi jika Anda masih ragu dalam memilih VPS yang sesuai dengan kebutuhan.

Kami akan membahas perbandingan antara kedua VPS tersebut melalui beberapa indikator pembanding, yaitu: kemudahan penggunaan, kompatibilitas, bantuan, dan akses server.

1. Kemudahan Penggunaan

Dari sisi kemudahan, pengguna VPS Windows akan diuntungkan dengan Graphical User Interface (GUI). Secara sederhana tampilan GUI memiliki ikon dan keterangan yang dapat mempermudah user memahami arti sebuah tombol dan fungsinya.

Bagi yang belum memiliki pengetahuan tingkat lanjut, GUI akan sangat membantu karena tampilannya yang interaktif dan jelas.

Sedangkan, VPS Linux menggunakan Command Line Interface (CLI). Untuk dapat menggunakannya, pengguna harus mengetahui perintah-perintah yang ingin dijalankan pada server. Intinya, diperlukan pengetahuan lebih lanjut untuk menggunakan CLI.

2. Kompatibilitas

Kompatibilitas ini berarti kecocokan antara projek pengguna dengan teknologi yang ditawarkan oleh masing-masing VPS.

Jika teknologi yang digunakan adalah produk Microsoft seperti aplikasi berbasis C#, maka sangat disarankan untuk memilih VPS Windows. Jelas ekosistem VPS Windows akan kompatibel dengan framework Windows seperti ASP Classic, ASP.NET, VB Development, dan MS Access.

Di lain sisi, jika teknologi yang digunakan adalah framework seperti CodeIgniter atau Laravel, maka VPS Linux adalah pilihan yang ideal. Selain itu, VPS Linux cocok untuk PHP, Perl, Java, atau Python.

3. Bantuan

Pengguna VPS Windows akan mendapatkan bantuan dari Tim Microsoft. Bentuknya pun bermacam-macam. Mulai dari technical documentation, pembelajaran, bagian tanya jawab, serta sample kode yang dapat membantu penggunanya.

Yang tidak kalah penting, tim IT Windows secara rutin melakukan update dan perbaikan. Hasilnya, produk yang digunakan berjalan dengan lancar serta memiliki keamanan yang relatif terjamin.

Berbeda dengan pengguna VPS Linux yang bergantung pada komunitas. Bantuan dari komunitas cukup terbatas karena hanya melalui forum dengan cara tanya jawab. Setelah mendapatkan jawaban, pengguna harus menerapkan solusi tersebut.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, jawaban dari komunitas cukup beragam. Bahkan, ada beberapa pertanyaan yang sudah lama belum terjawab.

4. Akses Server

Baik VPS Windows maupun Linux memiliki kesamaan, yaitu dapat mengakses server dengan menggunakan File Transfer Protocol (FTP). FTP dapat digunakan untuk transfer file dari komputer ke VPS maupun sebaliknya.

Perbedaan antara kedua VPS tersebut terletak pada cara melakukan konfigurasi pada server. VPS Windows menggunakan Remote Desktop untuk melakukan konfigurasi pada server, sedangkan VPS Linux Menggunakan Secure Shell (SSH).

Untuk menggunakan SSH dibutuhkan pengetahuan tingkat lanjut, lho! Karena banyak perintah-perintah khusus yang harus dipahami terlebih dahulu. Kalau salah, akibatnya pengaturan pada VPS bisa berubah.

Baca Juga: Cara Menggunakan SSH Untuk Remote Server

5. Control Panel

Control panel adalah alat yang mempermudah Anda mengatur server. VPS Windows dapat menggunakan beberapa jenis control panel, salah satu yang paling populer adalah Plesk. Sedangkan VPS Linux kerap menggunakan produk dari cPanel yaitu Web Host Manager (WHM).

6. Biaya

Dari segi biaya, pengguna VPS Windows harus membayar lebih banyak dibandingkan dengan pengguna Linux. Karena Windows memiliki lisensi, Anda harus membayarkan biaya lisensi yang umumnya sudah termasuk dengan penyewaan hosting. Sedangkan Linux adalah platform open source yang berarti tidak terdapat biaya lisensi untuk sebagian besar distronya.

Bagaimana Dengan VPS Windows Niagahoster?

Berbagai layanan hosting menyediakan VPS Windows karena berbagai keunggulannya. Namun, tidak semua layanan hosting memiliki teknologi dan kualitas yang sama, lho!

Anda harus teliti dalam memilih layanan hosting. Pastikan VPS yang Anda pilih didukung oleh teknologi terbaik dan kualitas nomor satu.

Salah satunya Niagahoster, kami menyediakan VPS Windows yang didukung teknologi terbaik dan kualitas terjamin, diantaranya sebagai berikut:

1. Virtualisasi Berteknologi KVM

KVM merupakan teknologi virtualisasi terbaru berbasis kernel. Artinya, KVM ini dapat membagi server fisik secara virtual menjadi beberapa resource dedicated.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir website atau aplikasi jadi lemot akibat penggunaan server bersama. Karena resource dedicated tersebut akan memastikan performa website atau aplikasi Anda tetap optimal dan stabil.

2. Uptime VPS Windows Hingga 99,99%

VPS KVM lebih stabil dan tidak terpengaruh oleh kendala yang terjadi pada server lain. Karena server KVM memiliki perangkat keras yang terisolasi secara individu di antaranya CPU, RAM, dan Storage.

3. Data Center Luar Dan Dalam Negeri

Anda dapat memilih data center sesuai dengan keinginan Anda. Bila pengunjung website Anda berada di Indonesia maka pilih data center Indonesia agar aksesnya semakin cepat. Data center VPS Windows juga tersedia di Amerika, Inggris, dan Singapura.

4. Jaminan Data Aman Dengan SSD Cloud Storage Cluster

Dengan menggunakan SSD Cloud Cluster maka data pada VPS Anda dijamin aman. Karena teknologi ini membuat cadangan data yang disimpan pada cluster lain hingga tiga lokasi yang berbeda.

Sudah Siap Merasakan Kemudahan VPS Windows Niagahoster?

Sekarang Anda sudah mengetahui pengertian VPS Windows, salah satu jenis VPS KVM yang memiliki kemudahan dan performa tinggi.

Manfaat VPS Windows sangat banyak. Mulai dari membuat hosting website, server database, server backup, dan lainnya.

VPS WindowsVPS Linux
Kemudahan PenggunaanGUI yang interaktif dan jelasCLI yang rumit
KompatibilitasC#, ASP Classic, ASP.NET, VB Development, dan MS AccessPHP, Perl, Java, atau Python
BantuanTim MicrosoftKomunitas
Akses ServerRemote Desktop dan FTPSSH dan FTP
Control PanelPleskcPanel WHM
BiayaLebih mahal karena membayar lisensiLebih murah karena tidak terdapat lisensi

Selain itu Anda juga sudah memahami keunggulan VPS Windows dibandingkan dengan VPS Linux. Yaitu, mudah digunakan, teknologi terbaru, dan dukungan dari tim profesional.

Kabar baiknya, VPS Windows Indonesia sudah hadir di Niagahoster untuk memenuhi kebutuhan Anda!

VPS Windows Niagahoster didukung oleh performa KVM yang sangat baik dalam response time dan manajemen resource. Virtualisasi berbasis kernel membuat server memiliki resource masing-masing. Dengan demikian, VPS ini dapat menghandle website dengan permintaan resource dan traffic yang tinggi.

Apalagi, tersedia banyak pilihan data center yang tersebar di seluruh dunia, sehingga Anda dapat menentukan letak server sesuai dengan target pengunjung. Dengan begitu, website Anda dapat diakses dengan kecepatan maksimal.

Tunggu apa lagi? Yuk, pilih paket Anda sekarang dengan klik tombol dibawah ini!

Muhammad Sadewo

Sadewo is a Content Writer at Niagahoster. He started his career as a Customer Success Specialist. He has a desire to make technical information easy to understand.

Share
Published by
Muhammad Sadewo

Recent Posts

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, sudah tahukah Anda apa saja kelebihan…

2 days ago

SpamAssassin: Solusi Jitu untuk Mencegah Email Spam

Sebelumnya, Anda sudah belajar mengelola email spam dengan SpamExperts. Nah, ternyata ada tool lain yang tak kalah mumpuni untuk menghalau…

2 days ago

10 Contoh Nama Domain Bisnis Inspiratif [Lengkap dengan Tips Memilihnya!]

Salah satu langkah awal untuk memulai usaha bisnis adalah dengan memilih nama domain website bisnis.  Namun, menentukan nama domain bisnis…

3 days ago

Cara Membuat Link Download Menggunakan Hosting Sendiri di Website

Bingung mencari cara membuat link download menggunakan hosting sendiri? Tenang, yuk simak cara membuat link download di website sekarang!

3 days ago

Cara Mengembalikan IP Address yang Diblokir Server Hosting

Ketika IP address Anda diblokir server hosting, Anda akan kehilangan akses login ke cPanel dan admin website. Ini tentu menjadi…

4 days ago

Apa Itu ZMOT? Lihat Contoh Penerapannya di Niagahoster!

Pernahkah Anda cek review di internet sebelum memutuskan membeli sesuatu? Kalau iya, itu berarti Anda pernah mengalami Zero Moment of…

4 days ago