Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Verifikasi Domain di Facebook Business Manager

3 min read

Featured Image 9+ Cara Mendapatkan Uang dari Facebook di 2020 [Terlengkap]

Pernah posting link website Anda di Facebook, tapi diblokir? Bisa saja link tersebut dianggap spam. Oleh karena itu, penting untuk melakukan verifikasi domain Facebook dulu. 

Kenapa harus begitu? Saat ini, Facebook memang memfilter semua postingan, termasuk link. Nah, dengan verifikasi domain Facebook, Anda bisa mengklaim kepemilikan domain Facebook bisnis Anda untuk melindungi kredibilitas konten di dalamnya. 

Dengan begitu, Anda bisa mencegah penyalahgunaan domain dan mengatur hak edit link serta konten Anda dengan lebih baik. 

Untungnya, verifikasi domain Facebook bisa dilakukan tanpa menambahkan apapun di website Anda. Bagaimana caranya? Simak panduan domain verification Facebook Business Manager berikut ini!

Tutorial Verifikasi Domain Facebook

Langkah dalam tutorial domain verification Facebook Business Manager, memerlukan akun Facebook Business. Kalau belum memilikinya, lakukanlah registrasi menggunakan akun Facebook utama Anda saat ini.

Selanjutnya, ikuti empat langkah tutorial verifikasi domain Facebook berikut ini:

  1. Login ke Facebook Business
  2. Menambahkan Domain
  3. Melakukan Verifikasi Domain Facebook
  4. Mengarahkan Domain ke Halaman Facebook

Nah, berikut ini panduan lengkapnya:

1. Login ke Facebook Business 

Untuk melakukan verifikasi domain Facebook, Anda perlu login ke halaman Facebook Business terlebih dulu. Kemudian, masukkan email dan password akun Facebook Anda di kolom yang tersedia. Lalu, klik tombol Login.

login ke facebook business

2. Menambahkan Domain

Jika berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman beranda Facebook Business Suite. Verifikasi domain Facebook hanya dapat dilakukan jika Anda sudah menambahkan domain pada akun bisnis Anda.

Untuk menambah domain, masuklah ke menu Pengaturan yang terletak di sidebar halaman Facebook Business. Kemudian, pilih menu Pengaturan Bisnis Lainnya.

mengakses menu pengaturan bisnis lainnya

Selanjutnya, klik dropdown menu Keamanan Merek dan masuklah ke halaman Domain.

mengakses menu sub menu domain di menu keamanan merek facebook bisnis

Jika halaman domain sudah muncul, Anda akan melihat pemberitahuan bahwa akun bisnis Anda belum memiliki domain. Untuk menambahkannya, klik tombol Tambahkan.

Kemudian, masukkan nama domain yang ingin Anda kaitkan dengan akun Facebook Bisnis Anda pada kolom yang tersedia. Domain yang Anda gunakan harus berupa domain root (contoh.com), bukan subdomain (toko.contoh.com) maupun subdirektori (contoh.com/toko).

menambahkan domain di akun facebook bisnis

Jika format domain sudah benar, klik tombol Tambahkan

Dalam satu akun bisnis, Anda bisa menambahkan beberapa domain. Sayangnya, satu domain hanya bisa ditambahkan pada satu akun bisnis aja, meskipun tetap bisa dibagikan ke mitra bisnis Anda. 

Baca Juga: Panduan Facebook Marketing Lengkap Bagi Bisnis Anda

3. Melakukan Verifikasi Domain Facebook

Setelah domain berhasil ditambahkan, di halaman Domain, Anda akan melihat status nama domain: Tidak Diverifikasi. 

memilih cara verifikasi domain facebook

Anda juga akan melihat panduan cara verifikasinya seperti gambar di atas. Terdapat tiga metode cara verifikasi domain Facebook, yaitu:

  • Meta-tag : Anda perlu menambahkan  meta tag pada section <head> di homepage domain Anda.
  • Unggah File HTML : Anda perlu mengunggah file dengan kode verifikasi HTML unik ke direktori root sirius web Anda. 
  • Verifikasi DNS : Anda perlu menambahkan catatan DNS TXT baru ke domain Anda.

Pada tutorial verifikasi domain Facebook kali ini, kami akan melakukan verifikasi dengan menggunakan DNS. Langkahnya adalah salin catatan TXT pada langkah nomor 2 di opsi DNS TXT berikut ini: 

salin DNS TXT

Catatan tersebut akan ditambahkan pada konfigurasi DNS. 

Bagi pengguna Niagahoster, Anda bisa melakukan setting DNS dengan dua cara, yaitu melalui cPanel atau melalui Member Area.

1. Verifikasi DNS melalui cPanel

Verifikasi DNS di cPanel bisa dilakukan oleh pengguna paket Unlimited Hosting, Cloud Hosting dan WordPress Hosting Niagahoster melalui menu Zone Editor.

Caranya, silakan login ke dashboard cPanel Anda terlebih dulu. Kemudian, cari dan masuklah ke menu Zone Editor. Klik tombol Manage untuk melakukan pengaturan DNS.

mengakses menu zone editor di cPanel

Buatlah record baru dengan klik tombol ADD RECORD. Masukkan nama domain Anda di kolom Name, ubah Type menjadi TXT dan masukkan catatan TXT yang sudah disalin sebelumnya pada kolom Record.

menambahkan TXT record baru di Zone Editor

Pastikan kembali detail record DNS sudah benar, kemudian klik Save Record untuk menyimpan konfigurasi DNS.

2. Verifikasi DNS melalui Member Area

Cara verifikasi lain yang tak kalah mudah adalah melakukan konfigurasi di halaman Member Area Niagahoster. Caranya, masuk ke menu Domain lalu klik Kelola Layanan pada domain yang Anda miliki.

tombol kelola layanan domain niagahoster

Di bagian DNS Management, klik Manage DNS Record untuk menambah record baru. Kemudian, klik Tambahkan DNS Record > Tambahkan DNS Record Baru:

tombol tambahkan dns record

Pada bagian Tipe DNS Record, pilih TXT Record. Lalu, masukkan catatan TXT yang telah disalin pada kolom Text Data.

Klik tombol Lanjutkan untuk menyimpan perubahan.

Nah, jika konfigurasi DNS telah berhasil ditambahkan, kembalilah ke halaman Domain pada Facebook Business. Lalu, klik tombol Verifikasi Domain.

konfirmasi verifikasi domain facebook

Jika domain berhasil diverifikasi, Anda akan mendapat pesan seperti berikut:

domain berhasil diverifikasi

Jika masih gagal, tunggulah masa propagasi selama kurang lebih 1×24 jam. Kemudian, klik tombol Verifikasi Domain lagi hingga domain berhasil diverifikasi.

4. Mengarahkan Domain ke Halaman Facebook

Anda akan melihat tulisan Diverifikasi di samping nama domain yang menandakan bahwa verifikasi berhasil dilakukan. Langkah selanjutnya adalah mengarahkan domain ke halaman Facebook. 

Caranya, pilih tab Aset Terhubung, lalu klik Tambahkan aset.

mengarahkan domain ke halaman facebook

Pilih halaman bisnis yang akan dikaitkan dengan domain Anda, kemudian klik Tambahkan.

memilih halaman bisnis

Selamat! Sampai sini, Anda sudah berhasil memverifikasi domain dan menghubungkan domain dengan halaman bisnis pada Facebook Anda.

halaman bisnis berhasil ditambahkan

Baca juga: Mengenal Meta, Nama Baru Facebook yang Fokus ke Metaverse

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap cara verifikasi domain Facebook untuk halaman bisnis Anda. Sekarang, Anda bisa share konten website Anda ke halaman Facebook tanpa khawatir postingan berisi URL website akan diblokir oleh Facebook.

Ada tiga metode untuk melakukan verifikasi domain Facebook, yaitu:

  1. Menambahkan meta-tag
  2. Mengunggah file HTML 
  3. Menambahkan DNS TXT

Kalau Anda tidak mahir koding, melakukan verifikasi domain dengan DNS adalah pilihan yang tepat, dibandingkan harus menambahkan kode HTML di file website.

Bahkan, kalau menggunakan layanan Unlimited Hosting Murah Niagahoster, Anda bisa melakukan konfigurasi DNS mudah melalui menu DNS Management di Member Area.

Selain kemudahan di atas, layanan pelanggan 24 jam Niagahoster siap membantu Anda jika mengalami kesulitan. Menariknya, layanan tersebut bisa Anda nikmati mulai dari Rp27rb/bulan saja. 

Masih ragu? Tenang. Kami juga menawarkan Garansi 30 Hari Uang Kembali untuk menjamin kepuasan Anda dalam menggunakan layanan hosting Niagahoster.

Yuk, mulai berlangganan paket Unlimited Hosting Niagahoster sekarang!

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *