Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Update WordPress 5.0: Gutenberg Editor dan Tema Baru

3 min read

update wordpress terbaru 5.0

Update WordPress Terbaru 5.0

WordPress, CMS paling populer di dunia, rajin merilis update softwarenya untuk memberikan pengalaman terbaik dalam mengelola website. Setelah merilis update 4.8 pada tahun 2000 dan 4.9 pada tahun 2000, kini WordPress merilis WordPress 5.0.

WordPress sendiri sudah melakukan percobaan dengan merilis WordPress 5.0 Beta 1 sampai Beta 3 sejak 24 Oktober hingga 5 November 2018. Jika Anda ingin mencoba versi beta ini, WordPress merekomendasikan untuk menginstall di website percobaan, bukan website yang sudah aktif.

Jika Anda tidak ingin membuat website percobaan, Anda bisa menunggu WordPress 5.0 resmi dirilis. Menurut keterangan dari laman resmi WordPress.org, WordPress 5.0 baru akan resmi dirilis pada 19 November 2018. Namun, tanggal ini masih tentatif yanga artinya masih bisa berubah-ubah. 

Jika pada tanggal 19 November 2018, WordPress belum merilis versi terbarunya, ada dua tanggal lain yang kemungkinan menjadi hari peluncuran WordPress 5.0. Dari laman resminya, WordPress mengumumkan dua tanggal alternatif lainnya, yaitu pada tanggal 27 November 2018 dan 22 Januari 2019.

Apa yang berbeda dari versi WordPress sebelumnya? Selama beberapa tahun terakhir WordPress hanya memberikan update minor dengan perubahan-perubahan kecil. Berbeda dengan update sebelumnya, update WordPress kali ini fokus kepada dua fitur utama.

Ada dua fitur utama yang diperbarui di WordPress 5.0. Pertama, update post editor. WordPress 5.0 akan merilis post editor baru dengan nama Gutenberg. Highlight update WordPress kali ini terletak pada Gutenberg karena akan mengubah secara total pengalaman mengedit postingan di WordPress.

Fitur kedua yang akan diupdate secara besar-besaran adalah tema default. Tema default di WordPress 5.0 adalah Twenty Ninteen yang sudah kompatibel dengan post editor Gutenberg.

Guttenberg Editor

Apa itu Gutenberg editor? Gutenberg editor digadang-gadang akan mengubah pengalaman membuat postingan di WordPress secara total. Gutenberg adalah editor WordPress dengan interface baru yang berdasarkan Block Based User Interface (UI). Artinya semua komponen halaman website ditampilkan dalam bentuk kotak-kotak modular. Dengan begitu setiap komponen halaman dapat dipindahkan di mana saja dalam halaman dengan mengklik kotak tertentu.

Dengan update ke WordPress 5.0 Anda juga harus siap-siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada editor lama yang sudah lama Anda gunakan. Tampilan Gutenberg Editor terlihat seperti di bawah ini:

update wordpress terbaru 5.0 gutenberg

Beberapa pengguna WordPress mungkin sudah ada yang menggunakan Gutenberg editor karena WordPress dalam beberapa bulan terakhir ini mengajak penggunanya untuk mencoba Gutenberg editor melalui notifikasi dasbor WordPress. Saya juga sudah sempat menggunakan Gutenberg editor dan semuanya terasa baru dan benar-benar berbeda dari editor WordPress sebelumnya.

Mengapa Gutenberg Editor?

Bagi Anda yang ingin mencoba Gutenberg editor, tetapi tidak mendapatkan notifikasi dari WordPress melalui dasbor, Anda bisa mengunduh pluginnya. WordPress juga menyediakan plugin Gutenberg agar bisa digunakan oleh banyak orang selama masa penyempurnaan WordPress 5.0 untuk bisa memperoleh masukan dari para pengguna.

Meskipun Anda mengaktifkan plugin Gutenberg editor bukan berarti editor lama Anda hilang. Anda bisa menonaktifkan plugin Gutenberg editor dan editor lama akan kembali seperti semula.

Setidaknya untuk sementara ini Anda masih bisa mengaktifkan dan menonaktifkan plugin Gutenberg. Jika WordPress 5.0 sudah resmi dirilis diprediksi WordPress akan menjadikan Gutenberg sebagai default editor. Jadi sebaiknya Anda mulai bersiap-siap untuk menggunakan Gutenberg editor dari sekarang.

Update ke Gutenberg editor ini bukan tanpa alasan. Gutenberg adalah strategi WordPress untuk bersaing dengan kompetitor lain seperti Wix dan Squarespace. Walaupun WordPress masih memimpin pasar CMS, mereka tetap harus waspada dengan segala kemungkinan. Dari tahun 2017 sampai 2018 saja, pangsa pasar Squarespace dan Wix masing-masing tumbuh pesat sebesar 180 persen dan 233 persen. Untuk bisa mempertahankan pangsa pasar CMS, WordPress harus selalu aktif melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna.

Reaksi Pengguna terhadap Gutenberg Editor

Lalu, bagaimana reaksi para pengguna WordPress terhadap editor baru WordPress? Reaksinya beragam tentunya. Ada yang sudah puas, ada juga yang berpendapat editor baru tersebut masih butuh banyak perbaikan.

update wordpress terbaru 5.0 rating

Dilihat dari rating plugin Gutenberg editor di situs resmi WordPress dapat dilihat plugin tersebut sudah dipasang oleh lebih dari 600 ribu pengguna. Rata-rata nilai plugin Gutenberg adalah 2.3 dari 5 bintang. Sebanyak 357 pengguna memberikan 5 bintang dan 844 pengguna memberikan 1 bintang.

Beberapa pengguna mengatakan Gutenberg editor masih membingungkan dan masih belum familiar. Banyak juga pengguna yang mengatakan editor ini masih memerlukan berbagai perbaikan dan meyakini bisa menggantikan editor lama. Tentu, tidak ada software yang langsung sempurna dari awal pembuatan, bukan?

Tema Twenty Nineteen

Selain Gutenberg editor, WordPress juga menyiapkan fitur baru lainnya, yaitu tema default baru Twenty Nineteen. Selama beberapa tahun terakhir WordPress mengandalkan tema Twenty Seventeen untuk tema defaultnya. Sekarang saatnya WordPress memberikan wajah baru untuk tema defaultnya. Anda bisa melihat tema default baru WordPress di bawah ini:

update wordpress terbaru 5.0 tema
Sumber Gambar: Kinsta

Siap-Siap Update WordPress Terbaru 5.0

Apa yang perlu disiapkan menghadapi update WordPress terbaru ini? Menurut kami update WordPress ke versi terbaru adalah langkah penting untuk menjaga keamanan website dan  pemeliharaan website.

WordPress terbaru selalu membawa perbaikan dan lebih sedikit bug, tidak terkecuali WordPress 5.0. Selain itu, WordPress versi terbaru juga memungkinkan website Anda untuk loading lebih cepat karena hilangnya bug dan penambahan fitur-fitur baru.

Mungkin Anda masih merasa kurang familiar dengan Gutenberg editor dan belum siap untuk meninggalkan editor lama yang sudah Anda gunakan bertahun-tahun. Namun, mau tidak mau, siap tidak siap, Gutenberg editor adalah editor default WordPress di masa depan. Jadi, sebaiknya Anda bersiap-siap sejak dini.

Apa yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi update WordPress terbaru? Berikut adalah langkah-langkah penting dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi update WordPress 5.0:

1. Install Gutenberg editor

Anda bisa mengunduh plugin Gutenberg editor dan mencobanya. Walaupun masih memiliki banyak kekurangan, sebaiknya Anda tetap mencoba menginstall plugin Gutenberg agar lebih cepat terbiasa dengan editor baru tersebut.

Meskipun Anda memasang plugin Gutenberg, Anda juga masih bisa menggunakan editor lama. Ketika Anda akan mengedit konten, Anda bisa memilih untuk mengedit menggunakan editor lama atau editor Gutenberg.

update wordpress terbaru 5.0 edit

2. Backup WordPress

Jangan lupa untuk melakukan backup data-data website Anda. Update WordPress kali ini adalah update major sehingga akan mengubah banyak hal. Karena itu sebaiknya Anda sudah mulai menyiapkan backup website Anda sejak saat ini juga. Anda bisa mengikuti cara backup WordPress di artikel ini.

3. Cek Plugin dan Tema

Jika Anda sudah memasang plugin Gutenberg, bisa jadi akan berpengaruh pada plugin lainnya dan tema yang Anda gunakan. Beberapa developer plugin dan tema sudah mulai merilis update kompatibilitas dengan Gutenberg editor.

4. Update WordPress

Hari perilisan WordPress 5.0 semakin dekat. Biasanya WordPress akan memberikan notifikasi kepada pengguna melalui dasbor WordPress. Jadi selalu cek dasbor WordPress Anda. Anda bisa mengikuti cara-cara update WordPress lainnya di artikel ini.

Kesimpulan

Update ke WordPress versi terbaru merupakan hal penting untuk website Anda. WordPress 5.0 hadir dengan Gutenberg editor yang mungkin masih belum familiar bagi kebanyakan pengguna. Namun, bukan berarti Anda bisa menghindarinya.

Anda bisa mencobanya dengan memasang plugin Gutenberg. Atau Anda juga bisa menginstall WordPress 5.0 versi Beta 3, tetapi perlu diingat sebaiknya Anda menginstall versi beta di website percobaan. Selamat mencoba!

 

0
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + ten =