Digital Marketing

Tips Update Informasi di Google Bisnisku saat Corona

Pandemi Corona berdampak pada seluruh industri. Tidak ada satu jenis bisnis yang tidak terpengaruh. Apalagi setelah pemerintah menerapkan kebijakan physical distancing.

Apabila Anda pengguna Google Bisnisku, Anda perlu segera memperbarui informasi seperti jam buka dan informasi lainnya agar pelanggan tahu.

Namun, barangkali update informasi Anda memakan waktu sangat lama. Sebenarnya, apa yang terjadi? Bagaimana cara mengakali kendala ini agar pelanggan tidak salah informasi?

Jangan khawatir. Anda akan mempelajari tips update informasi Google Bisnisku saat Corona di artikel ini.

Baca juga: Tips dan Manfaat Google Bisnisku untuk UMKM

Perubahan pada Google Bisnisku selama Wabah Corona

Pada dasarnya,  Google perlu memverifikasi semua bisnis yang didaftarkan di Google Bisnisku. Ini juga terjadi ketika Anda memperbarui atau menambahkan informasi baru di halaman bisnis Anda.

Namun, seperti perusahaan lainnya, Google juga terpaksa mengubah cara beroperasinya selama pandemi Corona berlangsung. Tim yang berada di balik Google Bisnisku tidak terkecuali.

Oleh karena itu, Google telah mengeluarkan pemberitahuan bahwa dukungan teknis untuk pengguna Google Bisnisku akan terbatas untuk sementara waktu.

Selain itu, tim Google Bisnisku saat ini juga memprioritaskan institusi kesehatan. Dengan kata lain, verifikasi update informasi bisnis Anda akan terlambat.

Untungnya, Anda tetap dapat meng-update Google Bisnisku tanpa harus menunggu terlalu lama. Penasaran dengan caranya? Mari bahas lebih lanjut!

Cara Cepat Update Informasi Google Bisnisku saat Corona

Saat ini Google Bisnisku memiliki fitur COVID-19 update. Dengannya, Anda tetap dapat memperbarui informasi-informasi penting mengenai bisnis Anda tanpa harus menunggu antrian verifikasi yang panjang.

COVID-19 update juga memudahkan pelanggan melihat informasi Anda karena diletakkan pada bagian atas halaman bisnis Anda di listing Google Bisnisku.

Caranya pun tidak rumit. Hanya saja, Anda perlu melakukannya terhadap masing-masing cabang bisnis jika Anda memilikinya. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya:

1. Login ke Google Bisnisku di Browser Desktop

Pastikan Anda login ke akun Google Bisnisku melalui browser PC atau laptop. Ini dikarenakan fitur COVID-19 update tidak tersedia di aplikasi mobile.

2. Buat Update Anda

Klik menu Posts pada akun Google Bisnisku milik Anda.

Kemudian, pilih tab COVID-19 update. Di sini Anda dapat memilih jenis informasi yang ingin Anda perbarui, seperti:

  • Perubahan pada jam operasional.
  • Penutupan sementara gerai atau tempat bisnis.
  • Perubahan bentuk pelayanan, misalnya hanya melayani pesan antar atau bawa pulang.
  • Informasi mengenai kebersihan tempat bisnis.
  • Jenis layanan atau produk yang Anda tawarkan selama pandemi berlangsung.

3. Melihat Preview Update Anda

Sebelum update Anda di-publish, Anda dapat memeriksa tampilannya terlebih dahulu dengan klik Preview.

Jika belum sesuai dengan yang diinginkan, Anda dapat kembali ke halaman sebelumnya.

Di samping itu, Anda juga dapat menentukan durasi update yang dibuat. Untuk melakukannya, klik tombol menu pada draft update Anda.

Kemudian, pilih menu schedule dan klik change. Di sini Anda dapat menentukan sampai kapan update akan ditampilkan. Anda dapat memasangnya hingga 14 hari.

4. Simpan Update Anda

Jika sudah selesai dan ingin menerbitkan update Anda, klik Publish. Sebagai tambahan, ingatkan diri Anda untuk membuat update lagi setelah masa 14 hari tersebut berakhir. Ini perlu Anda lakukan selama kebijakan pemerintah belum berubah.

Tips Lainnya untuk Update Informasi Google Bisnisku saat Corona

Memperbarui informasi Anda dengan membuat COVID-19 update bukan satu-satunya siasat yang dapat Anda lakukan semapa wabah Corona berlangsung.

Ada dua tips Google Bisnisku lainnya yang dapat Anda manfaatkan, yaitu menampilkan daftar menu dan mengaktifkan fitur messaging.

Cara Menampilkan Daftar Menu (Untuk Bisnis Kuliner)

Bagi para pemilik bisnis kuliner, Anda dapat mencantumkan menu di listing Google Bisnisku. Untuk melakukannya, klik menu info pada halaman akun Google Bisnisku Anda.

Selanjutnya, klik menu URL. Nah, Anda tinggal mengetikkan daftar menu Anda di pengaturan ini. Jika sudah selesai, klik apply.

Mengaktifkan Fitur Messaging

Ada satu lagi fitur Google Bisnisku yang sangat bermanfaat di situasi ini, yaitu messaging. Berkat adanya fitur ini, pelanggan dapat menghubungi Anda langsung dari halaman listing bisnis Anda.

Hanya saja, Anda perlu menggunakan aplikasi Google Bisnisku di perangkat mobile untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur messaging.

Caranya mudah. Klik menu Customers, pilih tab Messages, lalu sentuh tombol Turn On. Pelanggan dapat langsung mengirim pesan kepada Anda.

Yuk, Update Informasi Bisnis Anda di Google Bisnisku Sekarang!

Sekarang Anda dapat mengubah informasi di akun Google Bisnisku tanpa harus menunggu lama. Caranya pun mudah, seperti yang telah Anda pelajari di artikel ini.

Di samping itu, Anda juga dapat mempelajari tips-tips mempertahankan bisnis saat wabah Corona agar pendapatan tidak lesu.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah.

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan

Recent Posts

10 Website Buat CV Online Gratis, Bikin HR Jatuh Hati! [Bonus Tips]

Sudah sebar Curriculum Vitae (CV) ke banyak perusahaan, tapi tak pernah lolos? Jangan minder dulu. Belum tentu karena pengalaman Anda…

2 days ago

Cara Upload File Nuxt.js di Hosting

Nuxt.js adalah framework yang kian populer untuk membuat aplikasi website. Salah satu kelebihan framework ini adalah SEO Friendly.  Anda sedang…

3 days ago

Produk & Fitur Update September 2021

Setiap harinya kami terus melakukan perbaikan kualitas produk & layanan demi kemudahan para pelanggan Niagahoster. Nah, apa saja update selama…

4 days ago

Cara Membuat Website dengan PHP

Anda ingin membuat website sendiri, tapi bingung mulai dari mana? Tenang, ada cara membuat website dengan PHP dari awal yang…

4 days ago

Denny Triana: A Day in the Life of Engineering Manager

Belum banyak orang tahu kalau di balik website yang hebat, ada peran web engineer.  Web engineer lah yang bertanggungjawab atas…

5 days ago

Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian dan Cara Mengukurnya

Kepuasan pelanggan bukan hanya dari produk, lho! Total ada enam indikator kepuasan pelanggan yang harus Anda ketahui. Yuk, simak selengkapnya.

6 days ago