Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Ini 21+ Trik Google Search yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

6 min read

Trik Google Search

Tahukah Anda kalau rata-rata sesi Googling itu perlu waktu sampai 10 menit? Bahkan, bisa lebih lama lagi kalau hasil yang didapat kurang relevan. Misal, mau cari info Facebook Ads, eh malah munculnya TikTok Ads. 

Sebenarnya, ada lho cara lebih cepat buat googling pakai trik Google Search. Cara ini selain bisa mempersingkat waktu pencarian, juga bisa buat melakukan analisis (SEO), ataupun sekadar iseng menghibur diri.

Penasaran kan? Yuk temukan trik rahasia Google Search yang paling cocok untuk kebutuhan Anda!

21+ Trik Google Search yang Perlu Anda Tahu

Ingin mempercepat proses pencarian? Lakukan trik menggunakan Google Search berikut.

1. Menampilkan Informasi Spesifik

Ingin menemukan informasi spesifik tanpa buang-buang waktu? Lakukan saja trik rahasia Google Search ini!

Bungkus keyword dengan tanda petik (“…”). Nantinya, Google hanya menampilkan daftar konten dengan urutan kata yang persis. 

Misalnya, Anda melakukan pencarian dengan “template WordPress website sekolah”.

Perbandingan hasil pencarian dengan dan tanpa Trik Google Search

Dengan memakai tanda petik, hasil yang dimunculkan hanya artikel yang mengandung “template WordPress website sekolah” saja. Cepat dan mudah, bukan?

2. Menemukan Beberapa Topik Konten Sekaligus

Trik search Google selanjutnya adalah menemukan beberapa topik sekaligus dengan mudah. Berbeda dari dugaan Anda, Google sebenarnya mengizinkan Anda melakukan pencarian dengan lebih dari satu kata kunci, lho.

Caranya, sematkan OR di antara keyword yang digunakan. Setelah itu, Google pun akan menampilkan konten yang memuat kedua informasi tersebut.

Mencari beberapa keyword di Google

Sekarang, Anda mendapatkan konten dengan dua topik sekaligus hanya dalam sekali pencarian. Tentunya, ini akan jauh menghemat waktu pencarian Anda.

3. Mencari Informasi dengan Pengecualian

Ingin menyaring hasil pencarian tanpa boros waktu? Gunakan saja trik Google Search ini!

Misal, Anda ingin mencari tips iklan dengan Google Ads sebagai pengecualian. Bubuhkan saja tanda hubung (-) di depan keyword yang ingin Anda sisihkan. Ingat, tanpa spasi ya.

Trik rahasia menggunakan Google Search dengan mengecualikan informasi tertentu

Sebagai contoh, dengan menuliskan “tips ads -google ads”, Anda mendapat deretan konten berisi tips iklan untuk berbagai platform, kecuali untuk Google Ads. Mudah, bukan?

4. Menemukan Konten dengan Rentang Tertentu

Katakanlah Anda mencari rekomendasi tema WordPress yang banyak. Tapi hasil Google hanya menampilkan 10 saja. Solusinya, gunakan trik rahasia Google Search ini.

Berikan dua titik (..) dan diakhiri angka/jumlah yang Anda mau.

Menemukan konten dengan rentang tertentu

Dengan cara tersebut, Google akan lebih mengutamakan artikel yang paling mendekati keinginan Anda.

5. Menemukan Informasi dengan Kalimat yang Terpotong

Pernahkah Anda penasaran dengan lagu yang tak sengaja Anda dengar di kafe? Sayangnya, Anda tidak tahu judulnya dan hanya mengingat potongan liriknya.

Nah untungnya, Google memungkinkan Anda menemukan informasi dengan kalimat yang terpotong. Lakukan dengan trik search di Google ini: sematkan tanda bintang (*) sebagai pengganti kata yang tidak Anda tahu.

Menemukan informasi terpotong dengan trik rahasia Google Search

Sedetik kemudian, Anda akan mengetahui judul lagu tersebut, penyanyi dan liriknya. Bahkan Anda bisa langsung tahu videonya dari tautan YouTube yang ditampilkan.

6. Menemukan Jenis File Tertentu

Saat mencari referensi di internet, ada kalanya Anda mencari e-book alih-alih artikel blog. Sayangnya, informasi di hasil pencarian malah campur aduk.

Cara mengatasinya, gunakan trik Google Search ini. Ketikkan filetype: jenis file yang diinginkan di depan atau di belakang kata kunci.

Menemukan jenis file tertentu di Gogle

Setelah itu, Google pun menampilkan deretan halaman website yang menyediakan file yang Anda inginkan. Tak tanggung-tanggung, Google mendukung berbagai jenis file ini:

  • Adobe Flash (.swf)
  • Adobe Portable Document Format (.pdf)
  • Adobe PostScript (.ps)
  • Autodesk Design Web Format (.dwf)
  • Google Earth (.kml, .kmz)
  • GPS eXchange Format (.gpx)
  • Hancom Hanword (.hwp)
  • HTML (.htm, .html, other file extensions)
  • Microsoft Excel (.xls, .xlsx)
  • Microsoft PowerPoint (.ppt, .pptx)
  • Microsoft Word (.doc, .docx)
  • OpenOffice presentation (.odp)
  • OpenOffice spreadsheet (.ods)
  • OpenOffice text (.odt)
  • Rich Text Format (.rtf)
  • Scalable Vector Graphics (.svg)
  • TeX/LaTeX (.tex)
  • Text (.txt, .text, other file extensions)
  • Basic source code (.bas)
  • C/C++ source code (.c, .cc, .cpp, .cxx, .h, .hpp)
  • C# source code (.cs)
  • Java source code (.java)
  • Perl source code (.pl)
  • Python source code (.py)
  • Wireless Markup Language (.wml, .wap)
  • XML (.xml)

7. Mengonversikan Mata Uang dan Unit Pengukuran

Ingin mengetahui nilai mata uang ataupun unit pengukuran tertentu? Pakai saja trik rahasia Google Search ini! Tuliskan mata uang atau unit pengukuran apa yang ingin Anda konversikan. Contohnya: Rp to USD, inch to cm, dll.

Mengonversikan mata uang dengan Google
Trik Google Search untuk mengonversikan unit pengukuran

Nantinya, Google akan langsung memunculkan hasil konversinya dan  memungkinkan Anda melakukan konversi nilai yang lain.

8. Mengetahui Waktu di Lokasi Manapun

Ingin menelepon kerabat yang berada di daerah dengan zona waktu berbeda? Sebelum melakukannya, pastikan Anda menghubungi mereka di waktu yang tepat.

Silakan periksa waktu lokasi yang Anda inginkan dengan trik Google Search. Ketik: Waktu di depan lokasi yang diinginkan.

Mencari waktu di berbagai lokasi dengan Google

Dengan trik Google Search ini, Anda pun bisa ‘menengok’ jam dinding dari tempat manapun di dunia ini. Menyenangkan, bukan?

9. Menggunakan Google Sebagai Kalkulator

Seperti judulnya, trik Google Search ini memungkinkan Anda memecahkan persoalan Matematika sederhana langsung dari search bar.

Trik search Google sebagai kalkulator

Masukkan perhitungan yang Anda inginkan, Google akan menampilkan hasilnya lengkap dengan kalkulator yang siap untuk perhitungan lain.Dengan trik menggunakan Google Search ini, tak perlu waktu lama untuk hitung menghitung!

10. Mencari Nilai Saham

Bagi Anda yang menjadi investor saham, trik search di Google ini pasti sangat membantu.

Yap, Anda bisa mengetahui nilai indeks pasar saham hanya dengan mengetik Stocks: pasar saham yang diinginkan.

Mencari nilai saham dengan trik search Google

Sesaat kemudian, Google akan menampilkan grafik pergerakan nilai saham yang Anda inginkan. Supaya tidak ketinggalan informasi, Anda juga bisa lho mengklik tombol Follow di dekat grafik!

11. Mengetahui Cuaca di Berbagai Lokasi

Penasaran dengan cuaca di tempat yang jauh seperti Prancis? Kalau begitu, coba saja cek melalui trik menggunakan Google Search ini.

Menemukan ramalah cuaca dengan trik menggunakan Google Search

Ketikkan Weather: lokasi yang diinginkan. Informasi cuaca pun akan dimunculkan. Tidak untuk hari ini saja, tapi juga seminggu ke depan.

Nah, itu tadi trik search di Google untuk membantu pencarian umum. Sekarang, kami akan membagi trik rahasia lainnya yang cukup berguna bagi para pelaku SEO. Sehingga tanpa tools SEO berbayar pun, Anda tetap bisa menggenjot ranking website. Apa saja ya triknya?

Baca Juga: Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Google Ranking?

Interlink adalah link pada text yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain pada domain yang sama. Fungsinya untuk meningkatkan SEO karena bisa mengurangi bounce rate.

Saat mengelola blog, terkadang sulit menentukan interlink  yang tepat saking banyaknya artikel di blog Anda. Nah, trik Google Search ini bisa mengatasinya.

Caranya, ketik site: nama website di depan keyword yang dibutuhkan.

Mencari halaman website untuk interlink dengan trik Google Search

Hasil yang dimunculkan adalah semua artikel di blog Anda dengan topik yang Anda cari. Nantinya, Anda bisa lebih mudah memilih artikel mana yang akan digunakan sebagai interlink. Praktis, kan?

13. Mencari Konten dengan Keyword Tertentu di URL

Ranking website Anda di mesin pencari masih tenggelam? Cara mengatasinya bisa dengan strategi backlink alias memasang link rujukan di website orang lain (guest blog). Sayangnya, mencari guest blog yang relevan itu lumayan sulit.

Nah, Anda bisa mengakalinya dengan trik menggunakan Google Search ini. Cukup ketikkan inurl: *keyword* dan Google nantinya menampilkan daftar blog yang menyematkan kata kunci tersebut dalam URL-nya.

Trik menggunakan Google Search untuk mencari guest blog

Sekarang, Anda akan menemukan deretan website yang berpotensi menjadi guest blog dan tentunya sesuai niche. Tinggal pilih yang sesuai kebutuhan.

14. Menemukan Judul dengan Kata Kunci Tertentu

Ingin rutin upload konten, tapi macet gara-gara kehabisan ide. Padahal, konsistensi mem-publish konten cukup berperan untuk menggenjot SEO website.

Nah daripada bingung, coba saja riset dengan trik Google Search intitle! Intitle memungkinkan Anda mendapat deretan konten dengan judul yang memasang keyword tertentu.

Trik rahasia Google Search untuk menemukan keyword tertentu di judul

Dengan mengantongi berbagai inspirasi ide konten, Anda bisa membuat artikel yang unik dan lebih lengkap daripada kompetitor. Jadi, website Anda tidak akan kalah deh!

15. Menemukan Konten dengan Keyword Tertentu dalam Halaman Teks

Kira-kira, bagaimana ya mengatur keyword pada artikel SEO agar terkesan natural? Salah satu cara mempelajarinya yaitu dengan menengok artikel lain yang memiliki peringkat baik di Google. 

Nah mirip seperti trik Google Search sebelumnya, Anda bisa menemukan konten dengan keyword tertentu dalam halaman teksnya. Cukup ketik intext di depan keyword yang ingin Anda cari.

Mencari artikel dengan keyword tertentu di text dengan trik rahasia Google Search

Setelahnya, Anda akan mengetahui bagaimana website tetangga mengatur sebaran keyword-nya. Harapannya, Anda mendapat inspirasi agar artikel SEO tidak melakukan praktik keyword stuffing.

16. Mencari Konten yang Mirip Agar Traffic dan SEO Website Terjaga

Konten website yang mirip akan bersaing ketat di mesin pencari. Jika berada di dalam sebuah website yang sama, akan memunculkan kanibal konten. Artinya, satu konten mematikan konten lainnya dari sisi traffic. 

Nah, jika konten mirip terjadi pada website yang berbeda, maka bisa mengindikasikan adanya konten plagiat. Jika website Anda menjadi korban, Anda akan mengalami kerugian dari sisi traffic dan kredibilitas. 

Lalu, bagaimanakah cara memeriksa konten kembar di antara jutaan konten yang ada di mesin pencari?

Caranya, silakan terapkan trik menggunakan Google Search ini. Masukkan keyword ke dalam tanda kurung siku “[…]”.

Mencari konten yang mirip dengan Google Search

Sejurus kemudian, Anda akan mendapatkan deretan konten yang memiliki kemiripan judul ataupun isi. 

Jika konten yang ditemukan berasal dari website Anda sehingga berpotensi kanibal, pilihlah artikel mana yang lebih menguntungkan dan ingin digunakan. 

Sebaliknya, jika menemukan konten Anda diplagiat, Anda bisa report konten tersebut ataupun memperketat proteksi konten Anda.

17. Melacak Frekuensi Kompetitor dalam Publish Konten

Katakanlah Anda melakukan publish konten seminggu sekali. Nah, kompetitor berapa kali ya? Jangan sampai kalah lho. Coba cek dulu dengan trik rahasia Google Search ini!

Pertama, tuliskan site:(sub-website) atau (sub-domain). Setelah itu klik tombol Tools di bawah search box. Berikutnya, filter hasil pencarian sesuai waktu yang Anda mau.

Mengetahui frekuensi publish konten dengan Google

Dari sana, Anda akan mengetahui frekuensi publish konten kompetitor. Jika frekuensinya sama, tugas Anda adalah meningkatkan kualitas konten. Namun kalau kalah frekuensi, Anda perlu semakin aktif lagi upload konten baru. 

Oh ya, selain untuk pencarian umum dan membantu meningkatkan SEO, ada juga lho trik rahasia Google Search untuk hiburan. Silakan coba trik di bawah ini!

18. Kembali ke Tahun 1998

Siapa bilang kembali ke masa lalu itu mustahil? Anda bisa kok melakukannya di Google!

Caranya, tulis “Google in 1998” di Google Chrome yang Anda gunakan dan boom! Anda akan melihat tampilan browser Google ala tahun 1998 silam.

Kembali ke tahun 1998 dengan trik rahasia Google Search

Bagaimana? Tertarik nostalgia ataupun mengintip masa lalu dengan trik Google Search ini? 🙂

19. Memunculkan Hasil Pencarian berkedip

Apakah hasil pencarian di Google bisa berkedip layaknya lampu hias ataupun bintang?

Trik Blink HTML di Google

Tentu saja bisa! Anda hanya perlu mengetikkan  “Blink HTML” dan Google pun akan mengedipkan seluruh kata ‘blink’ dan ‘HTML’ yang terlihat.

20. Membuat Hasil Pencarian Berputar

Trik search Google berikutnya mungkin sedikit membuat kepala pusing karena akan membuat Google berputar layaknya menggelindingkan tong.

Cobalah ketikkan “Do a Barrel Roll” pada kolom pencarian Google. 

Do a Barrel Roll

Selanjutnya, Anda akan melihat layar berputar-putar seolah baru saja digelindingkan. Agak memusingkan, memang, tapi seru bukan?

21. Memiringkan Tampilan Hasil Pencarian

Tahukah Anda bahwa Google bisa menampakkan hasil pencarian sesuai kata yang diketikkan? Seperti askew yang artinya miring.

Trik Google Search Askew

Nantinya, browser Anda akan terlihat miring seolah monitor rusak. Keren, bukan? Sayangnya, untuk saat ini trik Google Search ini hanya berlaku untuk kata askew saja.

22. Menampilkan Animasi Gravitasi

Google punya cara untuk menunjukkan bagaimana gravitasi bekerja di trik Google search ini!

Google Gravity

Masukkan keyword “Google Gravity”, lalu klik tombol “Saya Lagi Beruntung”. Kini, halaman Google Anda terlihat berantakan dengan berbagai benda yang berjatuhan.

Gunakan Trik Rahasia Google Search untuk Hasil Pencarian yang Lebih Cepat dan Optimal!

Sekarang, Anda sudah mengantongi 21+ trik search di Google. Tentunya, trik tersebut akan membantu Anda mendapat hasil pencarian sesuai harapan.

Nah, untuk memudahkan Anda mencobanya kembali satu persatu, kami sudah membuat rangkumannya sebagai berikut:

FormatTujuan
“keyword”Menampilkan informasi spesifik
(keyword 1) OR (keyword 2)Menemukan beberapa topik konten
Keyword -pengecualianMencari informasi dengan pengecualian
Keyword ..angkaMenemukan konten dengan range tertentu
Keyword 1*keyword 2Menemukan informasi dengan kalimat terpotong
Filetype: (jenis file)(keyword)Menemukan jenis file tertentu
… to …Mengonversikan mata uang dan unit pengukuran
Waktu (lokasi)Mengetahui waktu di lokasi manapun
Langsung masukkan soal perhitunganMenggunakan Google sebagai kalkulator
Stocks: (pasar saham)Mencari nilai saham
Weather: (lokasi)Mengetahui cuaca di berbagai lokasi
Site: (website) (keyword)Menemukan halaman website untuk interlink
Inurl: (keyword)Mencari konten dengan keyword tertentu di URL
Intitle: (keyword)Menemukan judul dengan kata kunci tertentu
Intext: (keyword)Menemukan konten dengan kata kunci tertentu di halaman teks
“[keyword]”Mencari konten yang mirip agar traffic dan SEO website terjaga
site:(sub-website) atau (sub-domain) → Tools → filter waktuMelacak frekuensi kompetitor dalam publish konten
Google in 1998Kembali ke tahun 1998
Blink HTMLMemunculkan hasil pencarian berkedip
Do a Barrel RollMembuat hasil pencarian berputar
AskewMemiringkan tampilan hasil pencarian
Google Gravity → Saya Lagi BeruntungMenampilkan animasi gravitasi

Nah, sampai sini dulu artikel trik rahasia Google Search ini. Sekarang, saatnya Anda “berbicara” dengan Google menggunakan trik-trik di atas. Akhir kata, sampai jumpa di artikel menarik lainnya, ya!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!